Kiat Sukses Jadi Admin Online Shop

admin online shop sukses

Perkembangan era digital saat ini membawa dampak yang cukup signifikan pada tren bisnis online shop. Bahkan tercatat Indonesia mengalami pertumbuhan bisnis online hingga 78% di akhir tahun 2018 silam. Jumlah ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan bisnis online tercepat di Asia, bahkan melampaui Tiongkok, India, dan Filipina. Secara otomatis, kondisi ini juga berimbas pada terbukanya peluang lowongan pekerjaan  baru, sebagai admin online shop, misalnya.

Secara umum, tugas admin online shop adalah memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu bisnis. Hanya berbekal smartphone dan koneksi internet, kamu bisa mengerjakan profesi ini dengan sangat fleksibel. Faktanya, tugas seorang admin  tidak sesederhana itu. Profesi ini bahkan membutuhkan kesiapan mental agar kamu bisa bertahan menghadapi komplain pelanggan atau masalah lainnya.

Memahami keseluruhan tugas admin online shop 

Kamu mungkin bisa menjadikan profesi ini sebagai pekerjaan sampingan, tapi jangan keliru sebab tanggung jawabnya admin cukup besar. Selain bertugas mengelola akun media sosial dan email, kamu juga wajib menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pelanggan. Lebih dari itu, cara kerja admin juga melibatkan konsentrasi dan ketelitian. Pasalnya, kamu juga harus segera memproses orderan yang masuk, melanjutkan pada tahap pengemasan untuk orderan yang sudah dibayarkan, mengirimkan barang orderan, mencatat resi, dan merekap penjualan harian.

Seluruh tugas admin online shop yang sudah dijelaskan tadi harus dilakukan secara tepat. Sekecil apapun kesalahan yang kamu lakukan akan berpengaruh pada proses penjualan. Tidak jarang, beberapa admin online shop juga diminta mengecek barang-barang yang masuk dan keluar sehingga informasi stok barang selalu up-to-date. Dengan memahami keseluruhan tugas yang harus diselesaikan, maka kamu pun bisa bekerja lebih maksimal untuk mencapai sukses.

Mengenal target pasar dengan baik

Nah, setelah kamu bisa memahami keseluruhan tugas admin online shop dengan baik, selanjutnya kamu bisa belajar untuk mengenali target pasar dengan baik. Tujuannya adalah agar kamu bisa bersikap dengan tepat. Apabila produk atau jasa yang ditawarkan adalah untuk remaja atau anak sekolah, kamu bisa menggunakan bahasa yang lebih santai dan terkesan bersahabat. Sebaliknya, jika target pasar adalah orang-orang dewasa di rentang usia tertentu, pastikan kamu berbahasa dengan lugas dan santun.

Ini juga penting untuk menentukan jenis konten yang akan di-upload ke media sosial. Semakin menarik konten tersebut untuk target pasar yang dituju, maka semakin baik pula brand awareness yang dimiliki. Jadi, sebelum terjun langsung menjadi admin online shop, kamu bisa mencari tahu demografi dari target pasar yang akan disasar oleh bisnis tersebut.

Bersikap tanggap dan responsif

Cara kerja admin online shop yang sangat multitasking ini sering kali membuat kamu bingung menentukan apa yang harus dikerjakan lebih dulu. Apalagi untuk bisa menjadi admin online yang sukses, kamu juga harus bisa bersikap tanggap dan responsif. Kemampuan ini sangat dibutuhkan ketika ada pelanggan yang menyampaikan keluhan. Jika tidak segera ditanggapi, maka keluhan pelanggan ini akan menjadi masalah besar. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu membalas pertanyaan, tanggapan, juga order yang masuk dengan cepat.

Jika kesulitan menentukan mana yang harus dijawab terlebih dulu, kamu bisa memilih chat yang berada di urutan paling bawah. Urutan ini menunjukkan bahwa chat tersebut dikirim lebih dulu dibandingkan dengan chat-chat setelahnya. Untuk mempercepat respon, kamu juga bisa membuat format order, format keluhan, juga format konfirmasi pembayaran. Dengan format yang berbeda ini, kamu bisa lebih menghemat waktu untuk mengelompokkan dan menjawab chat yang masuk.

Buat jadwal agar lebih terorganisir

Nah, sama seperti profesi lainnya, seorang admin online juga sebaiknya memiliki jadwal yang rinci agar lebih terorganisir. Artinya, kamu bisa menjadwalkan kapan harus membalas chat, mengecek orderan yang masuk, memeriksa stok barang, hingga posting konten-konten menarik di media sosial. Kamu bisa membuat jadwal sesuai dengan urutan prioritas. Misalnya, meletakkan tugas merekap penjualan harian satu jam sebelum jam kerja berakhir dan mendahulukan pemeriksaan stok barang juga memproses pengiriman order yang sudah dikemas rapi.

Ciptakan sapaan yang unik

Meningkatkan penjualan juga menjadi salah satu tugas admin online shop. Oleh karena itu, kamu harus bisa menciptakan sesuatu yang unik bagi para pelanggan yang ada. Misalnya, bisa dengan menciptakan sapaan yang unik agar terasa kedekatan yang lebih harmonis antara brand dengan pelanggan. Sapaan ini juga bisa kamu cantumkan pada caption konten yang dibagikan di media sosial, lho! Dengan begitu, pelanggan maupun calon pelanggan lebih tertarik untuk melakukan pembelian di online shop yang kamu kelola.

Tidak kalah pentingnya, sebagai admin online shop kamu juga harus bisa memilih perusahaan penyedia jasa pengiriman barang yang terbaik. Tujuannya agar orderan yang ada bisa segera tiba di tangan pelanggan. Semakin cepat proses pengiriman berlangsung, maka semakin puas juga pelanggan dengan layanan yang diberikan.

Bersama layanan pengiriman barang Anteraja, kamu bisa menjalankan seluruh tugas admin online secara maksimal, karena Anteraja menjamin keamanan, keselamatan, dan ketepatan waktu pengiriman barang hingga di tangan pelanggan.