12 Kamera Vlog Terbaik dan Mudah Dipakai di 2022

Banyak orang mencari rekomendasi kamera vlog terbaik di internet karena mulai terjun menjadi YouTuber. Selain itu, vlogger pemula biasanya mencari kamera vlog yang mudah dipakai karena masih awam akan hal-hal teknis dalam kamera.

Meski demikian, memilih kamera vlog tentu tidak boleh sembarangan karena akan dipakai dalam jangka waktu yang lama. Selain itu kamera tersebut juga harus memiliki pengaturan yang mudah dimengerti dan juga terjangkau.

Buat kamu yang sedang mencari kamera vlog terbaik dan mudah dipakai, berikut ini ada beberapa rekomendasi yang bisa dipertimbangkan. Apa saja? Mari kita langsung cek saja!

Rekomendasi Kamera Yang Bagus Buat NgeVlog

1. Sony Alpha A5100

Tokopedia

Kamera merk Sony kini sedang naik daun. Selain memiliki bodi yang nyaman digenggaman, Sony Alpha A5100 juga punya sistem pengaturan yang mudah dimengerti oleh pengguna baru.

Untuk keperluan vlog, kamera ini bisa dibilang punya fitur yang komplit. Sensor gambarnya menggunakan APS-C 24 MP, prosesor BIONZ X, serta AF Hybrid yang sangat cepat.

Selain itu untuk mengambil video sudah dilengkapi microphone stereo, resolusi video hingga 1080/60fps HD, serta layar sentuh yang bisa dibalik. Kamera jenis mirrorless ini juga sudah mendukung NFC dan WiFi untuk transfer data lebih cepat.

2. Canon EOS M10

Selular.id

Masih dari keluarga kamera mirrorless, Canon bisa dibilang merupakan merk kamera sejuta umat. Selain karena kualitas foto dan videonya, pengaturan di kamera Canon juga mudah dimengerti. Kamera mirrorless ini memiliki kemampuan autofocus yang akurat karena Canon menggunakan teknologi CMPS AF II. 

Kamera ini punya sensor 18 MP ditambah layar yang bisa diputar hingga 180 derajat. Untuk konektivitas Canon sudah menyediakan NFC, serta Wi-Fi. Selain itu, kamera ini bisa merekam video full HD 30 fps.

3. Fujifilm X-A5

Merdeka.com

Bagi pemula, Fujifilm X-A5 direkomendasikan untuk dimiliki karena pengaturannya tidak rumit. Bentuknya yang compact dan layarnya yang bisa ditekuk hingga 180 derajat membuat kamera ini bisa memudahkan dalam membuat vlog.

Layarnya juga sudah menggunakan teknologi panel sentuh. Sementara fitur videonya mendukung ‘high-speed movies’ dengan slow-motion playback dan perekaman berkualitas 4K di 15fps. Fujifilm membekali kamera ini dengan sensor CMOS 24,2 MP dengan ISO maksimal 51200.

4. Canon Powershoot G7X

Canon

Buat kamu yang tak ingin ribet membawa kamera berukuran besar, Canon Powershoot G7X bisa jadi pilihannya. Pasalnya kamera vlog ini punya desain yang terbilang ringkas. Namun jangan salah, kemampuannya tak kalah dengan kamera lainnya, kok!

Canon sudah menambahkan kemampuan layar yang bisa dilipat 180 derajat ke atas atau 45 derajat ke bawah. Ada fitur-fitur yang dapat membantu kamu membuat vlog semakin baik di antaranya Auto, Hybrid Auto, Manual, Aperture Priority, hingga Shutter Priority. 

5. Sony DSC-RX100

Pricebook

Sony juga punya kamera mungil dengan kemampuan canggih. Sony DSC-RX100 dapat menghasilkan kualitas video yang baik berkat sensor CMOS Exmore 20 MP berukuran 1 inci. Adapun fitur yang dimiliki kamera ini adalah panorama, HDR, Multi Shot, serta Noise Reduction untuk mengurangi hasil noise pada gambar.

Sony juga menambahkan kemampuan steady shot sehingga ketika digunakan untuk merekam video, hasilnya akan tampak stabil. Karena ukurannya yang ringkas kamera ini pun tergolong mudah digunakan dan ringan dibawa ke mana saja.

6. Canon EOS 70D

Blibli

Buat kamu yang nyaman menggunakan DSLR, ada Canon EOS 70D yang menjadi salah satu kamera vlog terbaik saat ini. Kamera ini punya sensor 20,2 MP APS-C.

Canon juga sudah memperkuatnya dengan teknologi ‘Dual Pixel CMOS AF’ yang bisa auto focus tanpa harus mencari atau membenarkan target fokus di sekitar. Dengan kata lain, sistem auto focus pada kamera ini dapat membantu mengambil fokus dengan lebih cepat.

7. Fujifilm X-A3

yangcanggih.com

Kembali ke Fujifilm, ada salah satu fitur yang bakal disukai para vlogger di seri X-A3 ini. Fitur tersebut yakni jendela layar yang bisa dilipat untuk melakukan foto selfie, atau vlog seorang diri.

Soal kemampuan, Fujifilm X-A3 sudah dilengkapi sensor CMOS 24,2 Megapiksel (MP) dan diklaim mampu memotret foto makro dengan baik. Karena tergolong di kelas entry-level Fujifilm, kamera ini pun mudah digunakan sekalipun oleh orang awam.

8. Canon EOS M100

Canon

Punya desain yang minimalis dan sederhana, Canon EOS M100 cocok untuk vlogger yang sering bepergian. Soal spesifikasi, kamera ini termasuk yang terbaik di kelas kamera vlog.

Meski ukurannya tergolong kecil Canon EOS M100 sudah dibekali sensor CMOS APS-C beresolusi 24,2 MP. Prosesornya dipersenjatai DIGIC 7 Image Processor. Untuk video, kamera ini pun sanggup merekam di resolusi Full HD 1080p, serta sudah dilengkapi fitur wifi dan NFC.

9. Nikon 1 J5

Blibli

Dengan layar lebar yang bisa dilipat, kamera ini bisa memudahkan kamu membuat konten. Meski punya ukuran bodi yang mungil, Nikon 1 J5 tak bisa diremehkan. Untuk performanya Nikon mengandalkan sensor 20,8MP dan dapat merekam video 4K di 15 fps. 

Nikon 1 J5 cocok buat kamu yang butuh kamera mungil namun fitur yang mumpuni untuk membuat vlog.

10. Panasonic Lumix DMC-GF8

Blibli

Desain yang agak retro pada kamera ini membuatnya tampil elegan dan keren. Panasonic LumiX DMC-GF8 punya sensor micro four third CMOS 16 MP.

Kemampuan dari sensornya bisa merekam dengan resolusi Full HD hingga 60fps, sehingga menghasilkan video yang baik. Menariknya lagi kamera ini sudah dilengkapi Wi-Fi, NFC, dan flash built-in.

11. Panasonic Lumix DC-GF9K

Fujishop

Masih dengan desain retro, Panasonic Lumix DC-GF9K cocok untuk vlogger pemula karena fitur dan pengaturannya yang mudah digunakan. Kamera ini sudah dilengkapi sensor CMOS 16 MP dan ISO hingga 25600.

Bentuknya yang compact alias ringkas bisa dibawa ke mana saja, sehingga memudahkan kamu yang suka mengambil video ke berbagai tempat.

12. Olympus OM-D E-M10

Plaza Kamera

Kamera ini cocok untuk vlogger karena sudah dibekali mekanisme 3 Axis untuk peredam getaran. Panasonic juga membekalinya dengan video kualitas Full HD 1080p sehingga kualitas vlog akan tampak jelas dan detail. Olympus OM-D E-M10 punya sensor MOS 16 MP dengan ISO maksimal 25600.

Itu dia rekomendasi kamera vlog terbaik dan mudah dipakai. Meski saat ini banyak pilihan kamera canggih, namun pilihannya ada pada fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan konten kamu. Jadi, sudah punya kamera pilihan buat di-check out? Jangan lupa pilihan kurirnya Anteraja!