11 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Sensitif

Kalau kamu punya kulit sensitif, pemakaian sunscreen dapat mencegah terjadinya iritasi akibat paparan sinar matahari yang berlebih. Namun, memilih sunscreen juga tidak sembarangan, loh! Harus disesuaikan dengan kondisi kulit wajah kamu. Memakai sunscreen yang sesuai dengan kondisi kulit dapat memberikan hasil yang optimal, bukan malah menjadi masalah baru.

Saat ini banyak jenis sunscreen yang diformulasikan untuk beberapa jenis kulit. Misalnya saja untuk kulit sensitif dan berminyak, untuk kulit kering, atau untuk kulit yang berjerawat. Maka dari itu, kamu juga mesti tahu tips memilih sunscreen yang cocok untuk kondisi kulit kamu. Simak penjelasan di bawah ini, ya!

Tips Pilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif

Tanpa Bahan Kimia

Kamu yang punya kulit wajah sensitif harus berhati-hati dengan kandungan kimia seperti paraben dan parfum. Kedua bahan tersebut dapat membuat kulit wajah jadi iritasi. Sebaiknya pilih sunscreen yang mengandung mineral seperti titanium dioxide dan zinc oxide. 

Mineral tersebut adalah bahan alami untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV tanpa menimbulkan iritasi pada kulit. Produk yang mengandung kedua mineral tersebut dapat disebut sebagai mineral sunscreen. Kamu juga bisa pilih sunscreen yang punya label hypoallergenic yang aman untuk kulit sensitif karena tidak menyebabkan alergi.

Cek Kandungan SPF dan PA

Apa itu SPF dan PA? SPF adalah Sun Protection Factor, sedangkan PA adalah Protection Grade of UVA. SPF berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVB, yakni sinar matahari yang merusak permukaan kulit, agar tidak teriritasi dan terbakar. Semakin tinggi angka SPF maka perlindungannya semakin kuat.

Sedangkan PA adalah pelindung kulit dari sinar UVA yakni sinar matahari yang dapat menebus lapisan dermis dan merusak kolagen. Bahaya dari sinar UVA adalah dapat mempercepat penuaan sel-sel kulit (photoaging). Kandungan PA pada sunscreen biasanya ditandai dengan tanda +. Di negara tropis seperti Indonesia, kandungan PA++ sampai PA+++ sudah cukup untuk melindungi kulit.

Perlu diketahui, kandungan SPF dan PA untuk kegiatan sehari-hari yakni SPF 15 / PA+, untuk kegiatan berolahraga di luar ruangan yakni SPF 15-30 / PA ++, sementara untuk kegiatan berlibur di pantai kamu perlu menggunakan sunscreen yang mengandung SPF 30-50+/ PA +++.

Pilih Berdasarkan Kondisi Kulit

Kulit wajah kamu mungkin punya permasalahan lain selain sensitif terhadap zat atau bahan tertentu. Maka dari itu, kamu juga perlu cermat dalam memilih produk sunscreen yang cocok untuk segala kondisi kulit kamu. Kalau kulit wajah kamu berminyak, kamu bisa memilih produk yang tanpa mengandung mineral oil.

Sunscreen yang mengandung mineral oil dapat membuat kulit wajah kamu menjadi berminyak. Kalau sudah begitu, pori-pori akan tersumbat dan memicu timbulnya jerawat. Kamu disarankan juga pakai sunscreen yang punya hasil akhir matte dan mengandung bahan karolin. 

Sementara kalau kulit wajah kamu berjerawat, pilihlah sunscreen yang punya kandungan Centella asiatica atau tea tree oil untuk meredakan iritasi dan mencegah jerawat. Selain itu kalau kulit wajah kamu cenderung kering maka disarankan pilih sunscreen yang punya zat pelembap seperti aloe vera.

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Sensitif

Nah, sudah tahu kan bagaimana memilih sunscreen yang cocok buat kulit wajah kamu. Sekarang Anteraja sudah punya daftar rekomendasi produk sunscreen yang khusus digunakan untuk kulit sensitif. Mau tahu apa saja? Yuk, langsung disimak!

1. Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen

Sumber: Kiehls.co.id

Selain untuk melindungi dari paparan sinar matahari, produk sunscreen untuk kulit sensitif ini juga bisa mencerahkan kulit kamu. Selain itu produk ini juga mengandung vitamin A dan E yang kaya akan antioksidan sehingga bisa melindungi kulit kamu dari radikal bebas. Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen bebas paraben dan parfum. Sunscreen ini punya SPF 50/PA+++. Harga Rp520.000.

2. Acnes UV Tint SPF 35 PA+++

Sumber: Shopee

Acnes UV Tint dengan SPF 35 dan PA +++ dapat melindungi kulit sekaligus merawat kulit berjerawat. Mengandung Vitamin E dan B6 yang dapat menutrisi kulit sehingga tetap sehat dan lembut. Sunscreen ini dapat kamu gunakan sehari-hari. Harga mulia Rp30.000.

3. Some by Mi Truecica Mineral 100 Calming Suncream 

Sumber: Shopee

Sunscreen ini cocok buat kamu yang punya masalah kulit sensitif dan berjerawat. Kandungan tea tree oil dalam sunscreen ini membantu mengempiskan sekaligus mencegah timbulnya jerawat. Selain itu kandungan madecassoside dan Centella asiatica extract juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, terutama untuk bekas jerawat. Harga mulai Rp125.000.

4. Aveeno Baby Sunscreen Lotion with Zinc Oxide 

Sumber: Shopee

Aveeno Baby Sunscreen Lotion with Zinc Oxide merupakan sunscreen yang diformulasikan untuk bayi di atas 6 bulan. Sunscreen ini dipakai kalau si buah hati sedang berjemur. Selain aman untuk balita, sunscreen ini juga aman dipakai ibu hamil. Kandungan oat dalam produk ini dapat menutrisi sekaligus mengunci kelembapan pada kulit si kecil. Harga mulai Rp250.000.

5. Cetaphil Sun SPF 50+ Light Gel

Sumber: Cethapil.co.id

Dengan bahan terbuat dari gel membuat sunscreen satu ini cepat meresap ke dalam kulit dan terasa ringan. Selain digunakan di wajah, kamu juga bisa mengoleskan produk ini ke bagian tubuh lainnya. Karena tidak mudah lengket, Galderma Cetaphil Sun SPF 50+ Light Gel cock dipakai sehari-hari. Harga mulai Rp370.000.

6. L’Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh SPF 50|PA++++

Sumber: Blibli

Jika kamu membutuhkan sunscreen yang dapat menghalau tanda-tanda penuaan pada kulit kamu, sunscreen dari produk L’Oreal ini patut dipilih. Pasalnya ia memiliki pelindung UVA terbaik, maka kulit akan tampak lebih cerah dan muda saat kamu menggunakannya secara teratur.

Terdapat juga formula oil control dan detoxyl yang mampu memberikan perlindungan kulit kamu dari partikel debu, dan membuat kulit kamu tampak eksotis. Harga Rp80.000.

7. NIVEA Sun Face Protection Serum SPF 50+ Pa +++

Sumber: Shopee

Datang dengan ukuran yang mini, NIVEA Sun Face Protection Serum SPF 50+ Pa +++ ini punya segudang manfaat buat kulit sensitif kamu, loh! Karena terdapat formula Aura Booster yang menjadikan kulit wajah kamu tampak cerah, dan Vitamin E yang berfungsi melembapkan kulit kamu serta mencegah penuaan dini. Sesuai namanya, sunscreen ini juga melindungi kulit kamu dari paparan sinar UVB/UVA2 serta UVA1. Cocok deh buat kulit kamu. Harga Rp51.000.

8. Laneige Watery Sun Cream SPF50+ PA+++

Sumber: Official Laneige

Diformulasikan khusus kulit sensitif, sunscreen ini dijamin tidak mengandung bahan kimia berbahaya bagi kulit kamu. Teksturnya yang cair dapat meningkatkan kelembapan pada kulit sekaligus menahan paparan sinar UV, berkat Birch Sap dan Skin Moisturizing Factor. Sunscreen Laneige ini dijamin terbebas dari kandungan berbahan dasar hewani, pewarna buatan, talc, triethanolamine dan imidazolidinyl urea. Harga Rp290.000.

9. Innisfree Daily Sensitive Sunscreen SPF 50+ PA++++

Sumber: Lazada

Produk yang mengandung formula ringan dan hypoallergenic ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Karena pada dasarnya produk ini termasuk ke dalam tipe physical sunscreen yang bisa memberikan perlindungan kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Bahkan, aman digunakan untuk anak-anak juga, loh! Harga Rp235.000.

10. Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick SPF 50+/PA++++

Sumber: Shopee

Memiliki tiga keunggulan utama, sunscreen ini diklaim mampu mencerahkan, mencegah penuaan dini dan melindungi kulit kamu dari efek paparan buruk sinar matahari. Selain itu, kamu juga bebas bermain air dan melakukan aktivitas berkeringat saat menggunakan sunscreen ini, karena memiliki kandungan waterproof. Harga Rp225.000.

11. Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen

Sumber: Official Sensatia

Tak cuma sekadar aman untuk kulit sensitif, sunscreen ini juga mampu melindungi kulit kamu dari sinar UVA dan UVB, loh! Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen hanya menggunakan tiga bahan utama meliputi non-nano zinc oxide diperkaya akan mineral, minyak kelapa yang berfungsi melembapkan kulit dan terakhir candelila wax yang bisa menghidrasi kulit kamu. Harga Rp125.000.

Ladies buat kamu yang hobi mantai, dan wisata di alam terbuka, sebaiknya gunakan sunscreen secara teratur ya, agar kamu tetap awet muda. Tahukan bahayanya paparan sinar matahari punya dampak buruk terhadap kulit kamu, maka dari itu jangan lupa yuk beli sunscreen yang sesuai kebutuhan kamu di e-commerce kesayangan kamu, dan pilih Anteraja yang dapat menjangkau pengiriman ke seluruh Indonesia. Dijamin, ongkirnya mudah dan paket sunscreen kamu aman!