Berikut Perbedaan OEM, KW, KW Super Dan Original

Apa itu oem

Saat ini berbagai macam produk seperti tas, sepatu bahkan jam tangan yang dijual di pasaran, khususnya toko online, diberi keterangan OEM, KW, KW super, hingga original. Masing-masing istilah tersebut tentu memiliki kepanjangan dan arti yang berbeda-beda. Mau tahu apa itu OEM, KW, KW super dan original? Yuk, langsung kita simak penjelasan tentang perbedaan OEM, KW, KW super dan original dalam artikel berikut ini!

Perbedaan OEM, KW, KW Super dan Original

1. OEM

Apa itu oem

OEM yang merupakan singkatan dari Original Equipment Manufacturer ini adalah tanda untuk sebuah barang atau produk yang diproduksi dari suatu perusahaan yang kemudian dibeli, diolah, dan dijual kembali oleh perusahaan dengan menggunakan nama atau brand mereka sendiri. Biasanya, barang yang menggunakan label OEM dibuat berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. 

Namun begitu, masih banyak orang yang salah paham tentang arti dari label oem pada produk yang beredar di pasaran. Produk OEM sering kali disamakan dengan produk berlabel KW. Padahal kedua label ini memiliki perbedaan yang signifikan. Perlu diketahui,  produksi OEM ini biasanya dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kapasitas produksi untuk mencukupi jumlah permintaan pasar dan efisiensi biaya distribusi.

2. KW

Apa itu oem

Barang dengan label KW tentu sudah sering kita dengar. Produk dengan label KW merupakan singkatan dari kata “kwalitas” atau “kualitas”. Label KW pada barang yang dijual di pasaran biasanya memiliki tingkatan kualitas, mulai dari kualitas 1, kualitas 2 dan seterusnya. Maka dari itu, produk dengan label KW biasanya memiliki bentuk yang sekilas mirip namun dengan kualitas yang jauh berbeda dibanding dengan barang asli atau original. 

Jangan khawatir, untuk membedakan mana barang original dan KW tidaklah sulit. Kamu dapat membedakan dari kerapian jahitan pada produk dan peletakan brand yang ada pada produk. Hal ini sangat mudah diidentifikasi karena biasanya produk KW tidak dibuat secara detail bahkan dengan bentuk yang tidak proporsional. Tak hanya itu, kamu juga dapat membedakannya dari segi harga barang yang jauh lebih rendah dibanding dengan produk originalnya. 

3. KW Super 

Apa itu oem

Produk KW super atau yang juga biasa disebut dengan produk premium ini merupakan bentuk imitasi atau tiruan dari produk aslinya. Produk dengan label KW super yang berarti kualitas super biasanya dibuat dengan menggunakan bahan yang lebih murah namun dengan warna yang sama. Kamu juga bisa membedakan mana produk KW super dengan produk original dengan cara mengecek kualitas material penyusun produk. Misalnya kamu ingin mengecek kualitas tas original dengan KW super, kamu bisa coba melihat ritsleting yang digunakannya apakah bisa digunakan atau tidak. Selain kualitasnya yang berbeda, produk KW super atau premium dibanderol dengan harga yang lebih murah dibanding produk originalnya. 

4. Original

Apa itu oem

Produk original adalah produk resmi yang dibuat langsung dari pihak pemilik brand pembuatnya. Barang original murni diproduksi, diseleksi, distandarisasi langsung oleh pihak produsen sehingga kualitas barang dibuat sesuai dengan standar dan kualitas yang sudah ditentukan. Maka dari itu tak heran jika produk original dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal dibanding produk dengan label OEM, KW atau bahkan KW super. Selain kualitas dan standar kesempurnaan produk, biasanya produk original lebih tahan lama dibanding produk dengan kualitas lainnya. Di samping itu, membeli produk original bahkan menjadi kebanggaan tersendiri bagi pembeli, terlebih brand produk yang dibeli telah dikenal seluruh dunia. 

Itu dia penjelasan lengkap perbedaan OEM, KW, KW super dan original yang bisa kamu pelajari agar tidak salah pilih barang saat belanja online maupun berkunjung langsung ke storenya. Tenang saja, saat ini marketplace yang banyak digunakan masyarakat Indonesia memiliki official store khusus yang menjual produk original. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir terjebak atau salah pilih barang lagi.

Agar produk yang kamu pesan sampai dengan selamat di alamat tujuan, jangan lupa pilih Anteraja sebagai jasa layanan antar barang yang dijamin aman dan terpercaya. Kamu bahkan bisa mengirim barang tanpa perlu menunggu berhari-hari dengan layanan Same Day yang hanya tersedia di Anteraja. Selalu percayakan Anteraja, ya!