Apa itu Resi dan AWB Anteraja ? Ini Dia Penjelasannya!

Resi atau AWB Anteraja merupakan hal yang biasa dijumpai bagi pelanggan setia ekspedisi Anteraja. Setelah menyelesaikan pembayaran ketika berbelanja online di marketplace, resi atau AWB menjadi tanda bahwa barang yang kamu beli sedang dalam proses pengiriman. Dokumen ini, juga bisa sebagai tanda terima pembelian dan bisa juga digunakan untuk melacak barang pesanan.

Selain sebagai tanda terima, resi atau AWB juga bisa menjadi bukti bahwa kamu adalah pemilik barang yang dikirim. Apabila ada seseorang yang mengaku menjadi pemilik, tetapi tidak punya resi maka pengakuan orang tersebut bisa ditolak oleh jasa ekspedisi atau kurir sehingga keamanan paket tetap terjaga. 

Nah, bagi kamu yang masih ingin tau lebih dalam tentang resi atau AWB Anteraja. Kamu bisa membaca penjelasan berikut ini. Simak, baik-baik ya !

Penjelasan Resi Anteraja

Resi Anteraja merupakan dokumen yang diberikan ketika barang yang akan dikirim sudah diterima oleh jasa pengiriman Anteraja. Pada dokumen ini, tertera beberapa informasi, seperti nama pengirim, nama penerima, jenis dan berat barang, dan nomor resi pengiriman. 


Nomor resi Anteraja digunakan untuk melacak posisi dari paket yang dikirim. Oleh sebab itu, 

kamu harus mengetahui nomor resi pengiriman saat membeli barang secara online. Umumnya, nomor resi Anteraja terdiri dari deretan 14 angka yang berbeda untuk setiap barang yang dikirimkan.

Penjelasan AWB Anteraja

AWB merupakan kepanjangan Air Way Bill dan secara bahasa bisa diartikan sebagai dokumen pada angkutan transportasi udara dan berisikan informasi barang kiriman. Sama seperti resi, AWB juga bisa digunakan untuk mencari informasi tentang kondisi barang. 

Fungsi dari Resi atau AWB Anteraja

  • Bukti telah melakukan pembayaran jasa ekspedisi 

Dokumen resi atau AWB dapat dikatakan sebagai bukti bahwa kamu telah menyelesaikan pembayaran. Biasanya akan terlihat jumlah biaya yang telah dibayarkan ketika pelanggan menggunakan jasa pengiriman Anteraja.

  • Tanda Pengenal Paket

Fungsi berikutnya adalah sebagai identitas dari barang atau paket yang dikirim. Ketika kurir melakukan tugasnya, kecil kemungkinan terjadi kesalahan kirim paket. Sebab, data yang tercetak pada resi memudahkan kurir untuk mengenali penerima paket.

  •  Melacak Letak Paket

Posisi paket berada bisa diketahui dengan cara memasukkan nomor resi atau AWB. Hal ini tentu bisa kamu lakukan ketika menggunakan ekspedisi Anteraja. Fitur tracking dari Anteraja memudahkan pelanggan untuk mengetahui di mana posisi paket berada saat itu juga.

  • Untuk Mengambil Paket 

Saat kurir datang dengan membawa paket pesanan, bisa saja saat itu kamu sedang berada di luar rumah atau keadaan rumah memang sedang tidak ada penghuni. Jika demikian, kurir akan kembali membawa paket ke kantor. Selain itu, kamu juga bisa datang sendiri ke kantor untuk mengambil paket dengan memperlihatkan resi atau AWB yang kamu miliki.

Demikian penjelasan singkat tentang Resi atau AWB Anteraja. Jadi, resi dan AWB bisa dibilang mempunyai kesamaan. Keduanya tercantum nomor unik yang nantinya digunakan untuk posisi paket. Jasa ekspedisi Anteraja akan selalu memberikan resi kepada pengguna agar bisa diketahui proses pengirimannya.

Jika kamu mencari pengiriman paket yang aman, cepat, dan nyaman. Percayakan kepada Anteraja. Selain itu, Anteraja juga melayani pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia. Yuk, kirim paket kamu sekarang melalui jasa pengiriman Anteraja, ya !