Apakah Sistem Pembayaran COD Sudah Tersedia di Anteraja? Ini Jawabannya

Dalam kegiatan transaksi jual beli online, biasanya pembayaran akan dilakukan melalui transaksi digital, seperti m-banking. Saldo pada akun m-banking akan otomatis terpotong sesuai dengan kesepakatan jual beli. Akan tetapi, sistem pembayaran digital ini, tidak bisa dilaksanakan bagi yang tidak memiliki akun m-banking atau sedang tidak ada saldo di rekeningnya.

Selain itu, ada juga metode pembayaran tunai yang dilakukan saat pembeli sudah menerima barang. Sistem pembayaran ini, dinamakan dengan COD. Apakah sistem pembayaran COD sudah ada di Anteraja? Yuk, cari tahu jawabannya pada uraian-uraian di bawah ini !

Apa yang Dimaksud dengan COD?

COD adalah salah satu sistem pembayaran yang ada pada kegiatan pembelian barang secara online. Melalui layanan COD, para pembeli tidak perlu repot-repot untuk ke ATM untuk melakukan pembayaran. Selain itu, COD juga digunakan oleh seseorang yang tidak menggunakan aplikasi m-banking.

Apabila menggunakan fitur COD ada aturan yang harus dimengerti terlebih dahulu. Saat menggunakan layanan ini, pembeli tidak diperbolehkan untuk membuka paket sebelum menyerahkan uang pembelian ke kurir pengiriman barang.

Apabila kamu sudah membuka paket, itu artinya kamu sudah wajib untuk membayar paket tersebut meskipun isi di dalam paket tidak sesuai pesanan. Akan tetapi, masih ada pembeli yang tidak mengerti aturan ini. Pembeli langsung membuka paket dan ketika melihat barang yang dipesan tidak sesuai keinginan, lalu mengembalikannya ke kurir dan tidak mau membayar.

Jadi, sebelum membuka paket, pastikan dahulu agar kondisi paket sudah sesuai dan dalam kondisi baik atau kamu bisa membuat video ketika membuka barang sehingga kamu bisa menolak paket jika tidak seperti yang diharapkan.

Arti dari COD

COD merupakan kepanjangan dari Cash on Delivery. Artinya, pembayaran tunai yang dilakukan ketika penjual dan pembeli bertemu langsung bersamaan dengan penyerahan barang yang dibeli. Dalam hal ini, penjual barang akan diwakilkan oleh kurir pengirim barang. Uang pembelian barang akan diserahkan langsung ke kurir dan kurir akan memberikan barang pesanan kepada pembeli.

Setelah itu, kurir akan memberikan dana dari pembeli ke pihak kantor ekspedisi untuk diserahkan kepada marketplace. Bagi seller di marketplace, tidak perlu menunggu dana dari ekspedisi karena ketika pembeli menyatakan pesanan selesai maka uang hasil penjualan barang akan langsung masuk ke saldo seller.

Apakah Anteraja Menyediakan COD ?

Bagi kamu yang hobi belanja online, Anteraja sudah menyediakan layanan COD di beberapa marketplace, yaitu Tokopedia dan Shopee. Selain itu, seller yang tergabung di Sobat Bisnis Anteraja dan menggunakan dashboard bisnisaja juga bisa menawarkan layanan COD kepada pembeli. 

Pembayaran COD Anteraja Menggunakan Apa ?

Selain menggunakan uang tunai, COD Anteraja bisa dibayarkan melalui scan QRIS. Bagi yang belum tau, QRIS adalah kepanjangan dari Quick Response Code Indonesian Standard. Agar proses transaksi lebih aman, kamu hanya perlu scan QR Code untuk menyelesaikan proses transaksi.

Kira-kira itulah penjelasan singkat tentang Cash On Delivery (COD). Bagi yang masih penasaran dengan pertanyaan, apakah Anteraja bisa COD? Jawabannya adalah bisa. Layanan COD sudah tersedia di marketplace atau di Sobat Bisnis Anteraja.

Apabila kamu sering berbelanja di e-commerce, seperti Tokopedia atau Shopee. Jangan lupa gunakan fitur COD dari Anteraja. Selain itu, pengiriman barang yang cepat dan aman sudah pasti melalui ekspedisi Anteraja. 

Selalu percayakan pengiriman barang kemanapun lewat Anteraja, ya !