Aplikasi Alquran Digital
InTips Aja

Aplikasi Alquran Digital Mudahkan Akses Untuk Beribadah Bagi Umat Islam

Aplikasi Alquran Digital semakin banyak beredar di masyarakat. Berkat kemajuan teknologi dan akses internet, kini masyarakat umum mendapatkan kemudahan dalam mengakses kitab suci tanpa perlu memiliki kitab secara fisik. Tentu ini memudahkan dari sisi pembaca yang beragama islam ketika ingin membaca Alquran dimana saja dan kapan saja. 

Kemudahan yang diberikan tidak hanya tersedia di internet, namun kini Alquran juga dapat diakses melalui smartphone. Ada banyak aplikasi yang menyediakan kitab suci Alquran yang dapat dibaca menggunakan smartphone kamu baik yang berplatform Android maupun iOs. Selain berisi tentang kitab Alquran beserta terjemahannya, ada juga beberapa aplikasi yang menyertakan berbagai tuntunan doa untuk para pembacanya. 

Aplikasi Alquran Digital 

Berikut kami akan memberikan aplikasi Alquran digital yang dapat hepizen unduh dan install di dalam smartphone kamu.

Al Quran Indonesia

aplikasi Alquran Indonesia

Ini merupakan salah satu aplikasi Quran digital yang tersedia di playstore dan Ios. sejauh ini aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna dan memiliki rating 4,8 dari 688 ribu ulasan di playstore oleh pengguna Android. Sedangkan pada platforn  iOs memiliki rating sebesar 4,8 dari sekitar kurang lebih dari 500 ulasan oleh pengguna Apple.

Dari sisi fitur, aplikasi ini terbilang cukup lengkap karena dapat dioperasikan secara offline maupun online. Terdapat terjemahan lengkap dan juga audio murottal full sebanyak 114 surat dan 30 juz. Murottal-nya juga dapat dimainkan berdasarkan ayat yang ingin kamu dengar. Kamu juga dapat menandai sampai sejauh mana murottal yang diputar dengan memasukkannya ke dalam kategori bookmark. 

Selain fitur-fitur lain juga dapat menunjang kebutuhan kamu dalam menjalankan ibadah, seperti pengingat waktu solat dan arah kiblat. Fitur ini sangat penting ketika kamu sedang dalam perjalanan jauh dan terpaksa harus melakukan ibadah solat dalam perjalanan. Tentu pengingat solat dan arah kiblat dapat menjadi jawaban untuk ibadah solat yang lebih khusyuk.

Quran Kemenag

Aplikasi Quran Indonesia

Ini merupakan aplikasi Alquran digital yang dirancang oleh kementerian agama Republik Indonesia dengan tujuan untuk mempermudah akses masyarakat terhadap Alquran digital. Quran Kemenag ini menjadi pedoman Lajnah Pentashihan Mushaf Quran (LPMQ). LPMQ memiliki kewenangan untuk bertanggung jawab atas semua terbitan Alquran dan terjemahannya di Indonesia. Jika ada Alquran yang memiliki isi yang berbeda, maka tugas LPMQ untuk merevisi dan mengganti isi kitab tersebut. Dengan demikian tidak ada kerancuan mengenai ke-shahihan isi Alquran satu dengan yang lainnya. Sama dengan Aplikasi Quran digital lainnya, aplikasi yang dibuat oleh Kementerian Agama ini juga dapat diunduh pada platform Android dan iOs maupun untuk versi desktop. 

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini cukup lengkap. Selain Alquran komplit dan terjemahan, aplikasi ini juga dapat memberikan informasi mengenai sejarah asal muasal (asbabun nuzul) dari ayat maupun surat dalam Alquran. Jadi tidak hanya dapat membaca Alquran secara lancar, kamu juga dapat memahami sejarah Quran dengan baik dan benar. Yang spesial adalah murottal yang disediakan adalah rekaman dari Syekh Mahmud Khalil al-Hushary yang merupakan Qari terkenal dari Mesir dan sudah menjadi Ahli penghapal Alquran semenjak berusia 25 tahun hingga akhirnya wafat pada tahun 1980. 

Quran Best

Quran Best

Ini merupakan salah satu aplikasi Quran buatan anak bangsa yang sukses dan mendapat perhatian yang cukup luas dari masyarakat banyak. Aplikasi ini dibuat oleh pengembang asal Bandung dengan tujuan sebagai sarana dakwah di dunia digital. Aplikasi kitab Alquran ini dapat diakses oleh pengguna smartphone berplatform Android maupun iOs. 

Fitur utamanya tentu adalah Alquran full dan terjemahannya, namun yang menarik adalah Quran Best menyajikan tanda baca berupa tajwid yang membantu kamu menyempurnakan bacaan Alquran. Selain itu terdapat fitur untuk mengetahui doa-doa ataupun bacaan sebagai tuntunan dalam mengerjakan solat. Namun, masih terdapat kekurangan pada aplikasi ini. Yaitu untuk murottal-nya hanya bisa dilakukan per ayat dan belum tersedia secara utuh untuk satu surat atau juz.

My Quran Al quran

aplikasi My Quran Al Quran

Merupakan garapan dari wali studio yang sudah diunduh lebih dari 5 juta pengguna pada platform Android dan iOs. Rating yang diberikan netizen juga cukup baik dimana memiliki rating sebesar 4,8 dari 328 ribu ulasan pada google play store. Ini menandakan bahwa aplikasi ini cukup dapat menunjang kebutuhan netizen akan kitab digital yang lengkap.

Dari sisi fitur, My Quran memiliki tampilan user interface yang lebih ramah dan mudah digunakan meskipun digunakan orang yang sudah tua sekalipun. Selain itu, tulisan Arab yang digunakan pada aplikasi ini juga sudah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Kementerian Agama. Fitur lainnya yang terdapat pada My Quran adalah pengingat waktu solat dan bookmark.

Dengan banyaknya aplikasi yang menyediakan fitur Alquran online , maka akses terhadap Alquran Digital membantu para hepizen dalam menjalankan ibadah dengan mudah dan murah.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *