7 Hal Penting Yang Perlu Disiapkan Sebelum Belajar Hand Lettering

Hand Lettering pada kertas

Halo Hepizen! Pernahkah kamu mendengar istilah hand lettering? Mungkin banyak yang awam dengan istilah ini. kegiatan ini hampir mirip dengan kaligrafi. Namun terdapa beberapa perbedaan. Perbedaan adalah jika kaligrafi merupakan seni menulis huruf yang sesuai dengan jenis font yang senada dari a sampai z pada satu karya. Maka dari itu, berbeda dengan kaligrafi seni ini adalah sebuah seni yang lebih ekspresif. Setiap huruf yang dibuat merupakan hasil dari imajinasi penulisnya. Ini adalah seni yang cukup unik dan setiap huruf yang dibuat untuk saling melengkapi satu dengan lainnya sehingga menghasilkan sebuah karya yang indah. 

Media Yang Digunakan Untuk Hand Lettering

Biasanya media yang digunakan untuk hand lettering adalah media berupa bidang datar. Sehingga memudahkan sang seniman dalam membentuk barisan huruf yang memanjakan mata yang melihatnya. Berikut adalah media-media yang umum digunakan, diantaranya adalah :

Kanvas

Ini merupakan media yang paling umum digunakan oleh para seniman untuk menuangkan karya seni mereka. Hampir semua disiplin seni rupa dapat menggunakan kanvas sebagai medianya. Selain itu, kanvas juga lebih terbukti tahan lama jika dibandingkan dengan kertas gambar atau buku gambar. Sehingga banyak digunakan oleh seniman.

Tembok/Mural

Pernahkah kamu melihat kafe-kafe, galeri atau museum  menggunakan seni berupa tulisan yang indah dan menarik. Hand lettering berfungsi sebagai pemanis ruangan yang berfungsi untuk menarik orang untuk datang dan menikmati suasana yang diberikan. Kesan seni yang kuat juga memberikan nilai estetika tersendiri bagi orang yang datang.

Baju Pakaian

Dengan memanfaatkan teknik sablon, Kamu dapat menerapkan hand lettering buatanmu menjadi sebuah pakaian. Dapat berisi tentang kutipan ataupun sebuah logo yang menarik.

Sketch Book

Sketchbook dapat digunakan sebagai tempat belajar lettering skill. Yaitu skill dalam membuat huruf dari tangan. Karena dalam kegiatan ini, skill tidak didapat dengan mudah. Melainkan dengan latihan dan pengalaman yang semakin membuat kemampuan penulis menjadi lebih mahir lagi.

Alat-Alat Yang Digunakan

peralatan yang dibutuhkan untuk hand lettering

Ada banyak alat-alat yang digunakan dalam melakukan hand lettering. Diantaranya adalah :

  • Pensil

Untuk para pemula umumnya dapat menggunakan pensil sebagai permulaan. Ini untuk mencegah jika terjadi kesalahan atau koreksi yang diperlukan sehingga tidak melakukan pemborosan terhadap kertas yang digunakan untuk menggambar. Ada berbagai pilihan ketebalan arsir yang digunakan mulai dari HB (Half Back), 2B, 3B, 4B,6B hingga 8B tergantung berapa ketebalan yang dibutuhkan

  • Pulpen Gambar

Jika sudah lebih mahir dan ahli, kamu dapat menggunakan pulpen sebagai variasi dalam mengaplikasikan hand lettering pada sketch book atau kanvas. Pulpen untuk gambar pun memiliki beberapa ketebalan yang dimiliki, menyesuaikan dengan kebutuhan gambar si penulis. 

  • Kapur Berwarna

Kapur juga dapat digunakan untuk membuat sebuah karya hand lettering yang berfungsi sebagai medianya. Contohnya banyak di kafe-kafe yang memanfaatkan kapur dan papan tulis sebagai tempat untuk menuliskan menu pada papan pengumuman atau sekedar untuk menjadi hiasan yang menambahkan nilai estetis pada tempat tersebut. 

Meskipun membutuhkan banyak media dan alat-alat seperti yang disebutkan diatas. Namun semuanya dapat kamu temukan dengan mudah di tempat seperti toko buku besar ataupun tempat yang menjual aksesoris yang dibutuhkan untuk melukis.
Selain dapat menemukannya di toko fisik, kamu juga dapat mengaksesnya di online shop atau e-commerce. Ada banyak ratusan penjual yang tersebar di banyak daerah sehingga kamu tidak perlu repot-repot mencarinya secara langsung. Ditambah lagi kamu dapat mengirimkan barangnya melalui Anteraja yang selalu siap mengantarkan barang sampai ke tujuan kamu. Jadi hepizen, jangan ragu lagi. Pakai Anteraja #pastibawahepi!