isnis Sampingan Mahasiswa Untuk Menambah Uang Jajan
Update Aja

13 Bisnis Sampingan Mahasiswa Untuk Menambah Uang Jajan

Pengen nggak sih kamu memiliki uang jajan tambahan untuk membeli barang-barang yang diinginkan? Soalnya belum tentu cukup untuk membelinya kalau hanya mengandalkan uang saku. Ingin mencari pekerjaan untuk mendapatkan uang, namun tidak memiliki waktu banyak untuk bekerja. Apalagi kalau masih menjadi mahasiswa, sehingga masih ada tanggung jawab utama untuk menuntut ilmu. Harus mencari usaha sampingan yang tidak mengganggu waktu kuliah namun dapat menghasilkan uang yang banyak.

Walaupun kamu masih kuliah, pasti ada waktu kosong yang bisa kamu lakukan untuk menjalankan usaha sampingan. Siapa tau keuntungan dari usaha yang kamu lakukan bisa membeli barang-barang yang kamu inginkan. Kalau kamu masih bingung bisnis sampingan apa yang bisa kamu lakukan, kamu harus simak di bawah ini, karena ada 13 bisnis sampingan mahasiswa yang bisa menginspirasi kamu untuk berbisnis. Yuk lanjutin bacanya ya!

Bisnis Sampingan Terbaik untuk Mahasiswa

1. Jasa Les Private

isnis Sampingan Mahasiswa Untuk Menambah Uang Jajan - Jasa Les Private

Membuka jasa les private dapat menjadi pilihan apabila kamu memiliki skill lebih pada sebuah bidang. Misalnya kamu bisa menyediakan jasa les private matematika atau Bahasa Inggris untuk siswa SD dan SMP, yang mana kamu pasti sudah menguasai pelajarannya. Atau les private musik juga bisa jadi pilihan yang menarik, karena banyak sekali orang tua yang ingin mengajarkan musik pada anaknya, sehingga mereka membutuhkan tenaga pengajar handal untuk anaknya.

2. Menjadi Translator

isnis Sampingan Mahasiswa Untuk Menambah Uang Jajan - Menjadi translator

Menguasai bahasa asing ternyata bisa membawa keuntungan yang besar untuk kamu, karena jasa translator sangat dibutuhkan di Indonesia. Kamu bisa menawarkan kemampuan kamu menguasai bahasa asing di internet, sehingga kamu bisa dilirik oleh mereka yang membutuhkan jasa translator. Akan lebih baik jika kamu menguasai bahasa asing selain bahasa Inggris, karena jarang sekali orang yang menguasai bahasa asing selain bahasa Inggris. 

3. Menjadi Reseller Produk Tertentu

isnis Sampingan Mahasiswa Untuk Menambah Uang Jajan - Menjadi Reseller Produk Tertentu

Berjualan produk mungkin sudah ada dipikiran kamu untuk menjalankan bisnis sampingan, karena kegiatan ini mudah untuk dipelajari dan dilakukan. Kamu bisa menjadi reseller sebuah produk yang sedang laku dan ngetren saat ini, supaya produk kamu laku dan tidak sia-sia. Jangan lupa untuk mencari supplier yang terpercaya, supaya dapat menunjang barang-barang yang kamu butuhkan. Pastikan kamu mendapatkan kualitas terbaik dan pertimbangkan juga harga yang kamu peroleh, supaya kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih.

4. Menjadi Dropshipper

isnis Sampingan Mahasiswa Untuk Menambah Uang Jajan - Menjadi Dropshipper

Nggak ingin waktu kamu banyak terbuang untuk berjualan? Kamu bisa jadi dropshipper produk untuk bisnis sampingan kamu. Dengan menjadi dropshipper, kamu nggak perlu repot-repot untuk stock barang, sangat cocok buat kamu yang benar-benar ingin membuka usaha sampingan tanpa mengganggu kegiatan utama kamu. Namun keuntungan menjadi dropshipper tidak sebesar menjadi reseller, maka kamu harus menjual barang yang benar-benar dicari dan dibeli orang. Cari barang-barang yang sedang ngetren seperti pakaian dan masker, atau barang yang selalu dicari orang seperti case handphone dan kabel charger.

5. Menjadi Freelance Writer

isnis Sampingan Mahasiswa Untuk Menambah Uang Jajan - Menjadi Freelance Writer

Menjadi freelance writer sangat cocok untuk kamu yang gemar menulis, karena tulisan kamu akan dibayar oleh perusahaan yang tertarik dengan tulisan kamu. Ada beberapa jenis freelance writer, seperti ghostwriter, technical writer, web content writer, dan copywriter. Tertarik dengan pekerjaan ini? Segera siapkan portofolio tulisan kamu sebanyak-banyaknya dan cari lowongan pekerjaan freelance writer pada platform pencarian pekerjaan di internet.

6. Membuat Jasa Desain Grafis

isnis Sampingan Mahasiswa Untuk Menambah Uang Jajan - Membuat Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis juga dicari oleh perusahaan yang membutuhkan desain untuk usaha mereka. Misalnya seperti perusahaan restoran yang membutuhkan logo dan desain menu makanan yang ingin mereka pakai, nah kamu akan dibayar mahal jika kamu bisa membuat desain yang mereka sukai. Jadi segera promosikan desain-desain yang sudah kamu buat di media sosial dan internet, agar para perusahaan bisa melirik kamu sebagai desainer yang dapat membantu mendapatkan desain yang mereka inginkan.

7. Menjual Langganan Spotify, Netflix, Viu, Youtube Premium

isnis Sampingan Mahasiswa Untuk Menambah Uang Jajan - Menjual Langganan Spotify Netflix Viu Youtube Premium

Berlangganan layanan streaming film atau musik berbayar sudah dilakukan oleh banyak orang, karena platform tersebut merupakan hiburan yang mereka butuhkan. Kamu bisa memanfaatkan paket family yang ditawarkan oleh streaming platform tersebut, karena harga yang ditawarkan pada paket family akan lebih murah dibandingkan paket individual. Yang penting kamu harus berjualan secara legal dengan pembayaran yang diberlakukan oleh streaming platform tersebut, karena kamu berpotensi melanggar hukum jika melakukan pembajakan akibat berjualan secara ilegal

8. Menjadi Barista

isnis Sampingan Mahasiswa Untuk Menambah Uang Jajan - Menjadi Barista

Barista mungkin cocok buat kamu yang ngerti banget soal kopi, karena menjadi barista merupakan pekerjaan yang keren bagi sebagian orang. Menjadi barista juga bisa memamerkan keahlian kamu dalam meracik kopi yang enak, sehingga kamu bisa dikenal apabila kopi buatanmu enak dan disukai orang. Segera cari kedai kopi yang kamu sukai dan tawarkan jasa kamu untuk bekerja di sana sebagai barista.

Bisnis Sampingan Mahasiswa dengan Modal Kecil

Mungkin beberapa dari kamu memiliki modal yang cukup banyak, sehingga bisa menjalankan usaha yang sedikit lebih besar. Nah jika sekiranya modal kamu cukup untuk membuka usaha sampingan yang lebih besar, mungkin beberapa ide bisnis sampingan di bawah ini bisa menjadi pilihan kamu untuk berbisnis.

1. Membuka Toko Online 

isnis Sampingan Mahasiswa Untuk Menambah Uang Jajan - Membuat Toko Online

Jika kamu sudah membulatkan tekad untuk berjualan produk, berarti sekarang saatnya kamu membuka toko online untuk menjajakan produk jualan kamu. Nggak sulit kok untuk membuka toko online di marketplace, kamu bisa memanfaatkan marketplace yang bekerja sama dengan pengiriman Anteraja, seperti Tokopedia, Blibli, dan Bukalapak. Anteraja bakal menjamin barang-barang yang kamu kirim sampai dengan cepat dan akurat, sehingga kamu bisa memuaskan pelanggan kamu dengan layanan pengiriman terbaik. Makanya yuk langsung Cek Ongkir untuk nikmati murahnya pengiriman Antaraja, jangan lupa juga fitur tracking paket dengan Cek Resi yang akan memudahkan kamu untuk melacak paket. Yuk langsung gunakan Anteraja untuk mengantar produk-produk jualan kamu!

2. Thrifting

isnis Sampingan Mahasiswa Untuk Menambah Uang Jajan - Thrifting

Bisnis thrifting merupakan salah satu bisnis berjualan pakaian yang sedang ngetren akhir-akhir ini, karena sebagian orang menyukai thrifting atau mencari baju-baju bekas layak pakai. Kamu bisa membeli lusinan pakaian dari supplier dengan harga yang sangat miring, beruntung jika kamu mendapatkan pakaian bermerk yang disukai orang-orang. Setelah itu kamu bisa menjualnya dengan harga yang menarik, sehingga banyak orang yang ingin membeli pakaian dagangan kamu.

3. Membuka Minuman Kekinian

isnis Sampingan Mahasiswa Untuk Menambah Uang Jajan - Membuka Minuman Kekinian

Minuman kekinian sangat digemari masyarakat Indonesia, sehingga kedai-kedai minuman kekinian sangat merebak di mall maupun di pinggiran jalan kota-kota besar. Jenis minuman kekinian ini sangat beragam, seperti es kopi susu, thai tea dan boba. Nggak ada salahnya untuk kamu mencoba menjalankan bisnis ini, karena pembelinya banyak dari berbagai kalangan, sehingga kamu bisa menargetkan pasar yang berbeda. Misalnya kamu bisa menjual dengan harga yang sangat murah untuk menjangkau kalangan menengah ke bawah, namun kamu juga harus mempertimbangkan bahan yang digunakan supaya kamu tidak merugi.

4. Menjual Aksesoris Handphone

isnis Sampingan Mahasiswa Untuk Menambah Uang Jajan - Menjual Aksesoris Handphone

Aksesoris handphone merupakan salah satu barang yang paling dicari, terbukti aksesoris handphone selalu menjadi barang rekomendasi di marketplace. Barang-barang yang termasuk aksesoris handphone adalah casing, kabel charger, dan tempered glass. Casing handphone termasuk yang paling banyak dicari, apalagi casing warna-warni dengan bentuk yang lucu sehingga banyak disukai oleh wanita. Selain itu tempered glass dengan harga miring juga diburu oleh banyak orang untuk dipakai atau dijual kembali.

5. Membuka Bisnis Makanan Sehat

Membuka Bisnis Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat mulai dipertimbangkan oleh sebagian orang demi menjaga kesehatan tubuh, sehingga penjual makanan sehat sangat dicari akhir-akhir ini. Kamu bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan berjualan makanan sehat, seperti makanan organik, makanan vegetarian, dan snack sehat. Kamu bisa berjualan berupa katering dengan sistem langganan, sehingga kamu bisa memiliki pelanggan tetap yang berlangganan katering makanan sehat kamu. Sediakan juga layanan antar sebagai benefit pelanggan untuk berlangganan katering di kamu

Nah gimana, udah mendapatkan ide untuk menjalankan bisnis sampingan? Namun ingat, jangan sampai usaha sampingan yang kamu lakukan mengganggu waktu kamu untuk menuntut ilmu. Tetap tujuan utama kamu adalah menuntut ilmu hingga menyelesaikan gelar sarjana. Setelah kamu lulus, barulah lanjutkan bisnis sampingan kamu sehingga bisa menjadi penghasilan utama kamu. Enak kan, setelah lulus kamu nggak perlu mencari-cari pekerjaan lagi? Tinggal lanjutkan bisnis sampingan yang sudah kamu lakukan dan kembangkan bisnis tersebut sehingga bisa memenuhi kebutuhan kamu sehari-hari.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *