Panduan cara belajar memasak untuk para suami
InTips Aja

Wajib Coba, Ini Tips Jitu Cara Belajar Memasak Untuk Suami

Halo Hepizen, sekarang hobi memasak bukan hanya didominasi oleh kaum wanita saja. Namun, banyak pria yang juga tertarik untuk belajar memasak. Hal ini dikarenakan ada berbagai macam informasi yang dapat dijadikan sumber memasak. Para pria yang ingin memperdalam cara belajar memasak dapat mempelajari resep makanan yang akan dimasak melalui blog, tv maupun melalui channel youtube yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Jadi di dalam sebuah keluarga, tanggung jawab makanan bukan hanya merupakan tanggung jawab seorang istri loh. Namun juga dapat dibagi rata dengan suami sesuai dengan beban yang diperlukan. Oleh sebab itu penting untuk suami memahami cara belajar memasak di dalam sebuah keluarga.

Barang Yang Dibutuhkan Untuk Belajar Memasak

Sebelum mulai belajar resep memasak, para suami harus terlebih dulu mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk menunjang proses belajar memasak. Berikut adalah peralatan masak yang dibutuhkan sebelum memulai belajar masak :

1. Buku Catatan

Buku catatan sangat penting untuk menunjang keperluan dalam mempelajari resep yang akan dicoba dalam proses belajar memasak. Meskipun ada banyak media elektronik seperti youtube dan tv yang lebih mudah, namun proses mencatat di buku catatan kecil dapat membantu untuk merekam hal-hal penting selama memasak.

2. Apron atau Celemek

Ini adalah salah satu perlengkapan yang dibutuhkan dalam memasak. Dengan menggunakan apron membuat pakaian yang digunakan tetap bersih setelah selesai memasak. Jadi sebelum memulai memasak, pastikan tersedia apron yang bersih guna melindungi pakaian kamu dari noda membandel setelah memasak

3. Timbangan Digital

timbangan digital merupakan alat yang diperlukan dalam belajar memasak.

Dalam memasak, komposisi bahan baku akan menentukan rasa makanan yang akan dibuat. Oleh sebab itu pastikan timbangan digital yang digunakan sudah diatur dengan ukuran yang sesuai.

4. Peralatan Masak Yang Menunjang

Untuk dapat belajar memasak dengan maksimal, dibutuhkan alat masak penunjang yang memadai untuk memasak. Peralatan dasar seperti penggorengan, panci, pisau, sendok takar, talenan, pengupas buah atau sayur dan kompor adalah peralatan wajib yang mesti dimiliki ketika akan memulai belajar memasak.

5. Buku Resep

Buku resep atau majalah masak akan menjadi informasi yang sangat berharga bagi para pemula sebagai cara belajar memasak bagi para pemula. Namun, sebaiknya jangan memilih buku resep yang terlalu sulit. Mulailah dengan resep-resep dasar yang dapat dibuat dengan bahan-bahannya yang mudah ditemui di sekitar kita. Seperti kombinasi resep nasi goreng ataupun masakan lain yang memiliki tingkat kesulitan rendah.

Makanan-makanan Yang Mudah Dimasak Oleh Pemula

Untuk melatih kemampuan memasak. Para suami dapat memulai dengan resep atau menu yang mudah terlebih dulu. Berbicara tentang resep, ada beberapa jenis makanan yang dapat menjadi referensi bagi para suami yang ingin mencoba belajar memasak. Berikut adalah contoh-contoh makanan yang mudah dibuat dan dijadikan pelajaran awal dalam belajar memasak : 

Nasi Goreng 

Ini merupakan menu yang sangat mudah dibuat serta tidak membutuhkan bahan makanan yang sulit dan dapat menjadi pelajaran pertama dalam cara belajar memasak untuk suami. Bahan yang dibutuhkan adalah nasi sebanyak satu atau dua piring, bawang putih, kecap, bawang merah, cabai, garam, gula dan sayur-sayuran seperti sawi dan kol.

Cara Membuatnya cukup mudah: Proses memasaknya terbagi menjadi dua, yaitu pertama pisahkan bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah, gula, garam, merica untuk digiling sampai halus. Jika sudah maka mulai masukan minyak kedalam penggorengan lalu tumis bumbu yang sudah halus. Perlahan masukkan nasi kedalam penggorengan aduk hingga bumbu tercampur secara merata. Setelah itu tambahkan kecap untuk memberikan rasa yang lebih sedap. Tambahkan suwiran ayam dan potongan sayur ke dalam penggorengan sebagai topping. 

Sambal

Cita rasa Sambal sudah sangat melekat dalam warisan kuliner di Indonesia. Hampir di setiap daerah di Nusantara memiliki khazanah sambalnya sendiri. Selain cara membuatnya mudah, cabai sebagai bahan utamanya dapat ditemukan dengan mudah di semua pasar tradisional maupun modern. 

Dengan begitu, sambal dapat menjadi bahan pembelajaran memasak untuk pemula. Yang dibutuhkan dalam membuat sambal hanya berupa cabai, garam, gula merah ataupun terasi. Cara membuatnya pun hanya memerlukan alat berupa blender atau menggunakan ulekan batu. 

Telur Dadar Atau Telur Mata Sapi

telur dadar dapat menjadi pilihan menu yang mudah bagi para suami yang ingin belajar memasak

Olahan telur dapat menjadi alternatif pilihan dalam belajar membuat masakan. Kamu dapat mengkreasikan telur menjadi beberapa jenis seperti telur dadar, mata sapi ataupun menjadi bahan pelengkap dalam masakan lainnya contohnya omelette dengan menambahkan bahan seperti susu dan keju akan membuat rasa omelette menjadi lebih unik. Cara membuatnya juga cukup mudah, hanya perlu menambahkan campuran susu dan keju pada adonan telur. Setelah tercampur rata. Masukkan ke dalam pan atau penggorengan aduk bolak-balik hingga permukaannya rata kuning keemasan.

Setelah memahami langkah serta cara belajar memasak untuk para suami, sebaiknya tidak ada lagi alasan untuk tidak pandai memasak. Ada banyak tips serta resep memasak yang tersedia bagi para pemula khususnya bagi para kepala rumah tangga bisa didapatkan melalui internet. Untuk peralatan memasak sendiri tersedia di berbagai online shop atau e-commerce. Nah, untuk pengiriman peralatan & bahan masakan kering, dapat mengandalkan Anteraja sebagai jasa pengiriman barang. Jadi untuk para suami, selamat mencoba!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *