Tips dan Trik Cara Bungkus Kado Yang Menarik Di Musim Liburan

cara membungkus kad0

Siapa sih yang nggak asing dengan kado? Pasti banyak dari kamu yang selalu menggunakan kado untuk menghadiahi seseorang. Biasanya menjelang akhir tahun, kebiasaan bertukar kado sudah menjadi bagian dari budaya di Indonesia. Mulai dari rumah, sekolah, hingga lingkungan kantor kerap melakukan tradisi ini menjelang natal atau liburan pergantian tahun. Tujuan dari tukar kado adalah untuk merekatkan tali pertemanan ataupun semakin memperhangat situasi antar keluarga maupun sesama rekan kerja. 

Namun, yang tak kalah penting dan sering diabaikan adalah bungkus kado. Karena sifatnya sebagai pelengkap dan pemanis kado. Jarang orang memberikan perhatian tentang cara bungkus kado yang estetik. Padahal paduan kertas kado dan cara membungkus kado merupakan bagian dari semangat untuk memberikan kado kepada keluarga maupun kerabat lainnya.

Cara Bungkus Kado Yang Unik dan Menarik

Pada artikel kali ini, kami aka membahas mengenai tips dan trik cara memilih kertas kado dan teknik membungkus kado dengan indah dan mudah. Simak baik-baik ya hepizen!

Pilih Kertas Kado Yang Menarik

pilihan kertas kado

Ketika selesai memilih kado, maka langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan memilih kertas atau bungkus kado yang cocok untuk dijadikan bungkus hadiah yang diberikan. Untuk dapat memilih kertas mana yang cocok. Jika diperuntukkan sebagai kado hadiah ulang tahun maka kamu bisa memilih kertas kado yang berwarna cerah dan memiliki motif suasana ulang tahun seperti kue ulang tahun, motif kado dan lainnya. Atau kamu juga bisa memilih sesuai dengan karakter dan kepribadian yang berulang tahun. Apakah ada hal tertentu yang disukai juga dapat menjadi pertimbangan kamu. 

Namun, jika untuk kado bingkisan hari raya seperti natal ataupun tahun baru kamu dapat memilih warna-warna dan motif yang identik dengan perayaannya. Misalnya kado natal sangat identik dengan warna merah dan putih. Sedangkan suasana tahun baru bisa dipilih dengan motif terompet ataupun bintang-bintang yang akan semakin menyemarakkan semangat suasana natal dan tahun.

Pilih Ukuran Kotak Kado Yang Sesuai

Untuk membungkus kado, biasanya selain kertas kado kita menggunakan kotak kado untuk membungkusnya. Dengan demikian isi kado tidak terlihat secara kasat mata dan semakin membuat penasaran yang menerimanya. Sebaiknyanya pilihlah kotak kado yang memiliki ukuran sesuai dengan hadiah. Hal Ini agar kado tidak terlihat terlalu kosong ataupun penuh ketika diberikan.

Kamu dapat memilih berbagai jenis kotak kado yang sesuai. Ada banyak bahan kotak kado yang dapat digunakan. Mulai dari bahan seperti kardus, kertas, karton, plastik hingga bahan dari kayu untuk menjamin keamanan isi kado jika dikirimkan melalui jasa pengiriman. Atau kamu juga bisa memanfaatkan kotak kado bekas yang masih layak untuk digunakan. Seperti bekas kotak sepatu, kotak kue, kotak jam ataupun kotak bekas cincin. Semuanya dapat menjadi opsi tergantung ukuran kado yang akan diberikan.

Teknik Membungkus Kado

Meskipun terlihat sepele, membungkus kado merupakan sebuah keahlian yang unik. Seperti seni melipat kertas dari jepang, origami. Membungkus kado juga membutuhkan mengolah rasa imajinatif dari seseorang. Berikut adalah beberapa teknik membungkus kado yang dapat kamu gunakan

Membungkus Kado Berbentuk Kotak

Membungkus kado dengan bentuk kotak merupakan bentuk paling dasar dalam membungkus kado, namun mungkin banyak dari kamu yang belum menguasai teknik pembungkusannya. Sebelumnya kamu harus siapkan kotak atau kardus, kertas kado, isolasi, pita, gunting, dan kado. Tahap pertama, masukkan kado ke dalam kotak yang disiapkan dan letakkan di tengah kertas kado. 

Kemudian kamu harus melipat kedua sisi kertas dan merekatkannya menggunakan isolasi. Pada bagian bawah, lipat sisi kanan dan kiri terlebih dahulu ke dalam, barulah sisi atas dan bawahnya, jangan lupa untuk merekatkannya menggunakan isolasi. 

Kamu bisa menambahkan pita atau tempelan-tempelan berbentuk bunga, supaya kado terlihat lebih cantik.

Membungkus Kado Seperti Bentuk Tas 

Untuk dapat membuat bungkus kado agar mirip bentuk tas cukup mudah. Kamu hanya perlu siapkan kertas kado, isolasi, lem, gunting dan pita untuk mempercantik. Langkah pertama, lipat dua sisi kotak kado dengan lipatan di satu sisi lebih banyak. 

Selanjutnya coba lekatkan kedua ujungnya dengan lem kemudian lipat bagian bawahnya sekitar 1/4 dari bungkus kado. Setelah itu rapikan masing-masing ujung bagian bawah kado. Kemudian coba rekatkan dengan isolasi sehingga membentuk datar seperti paper bag.

Pada bagian atasnya bisa langsung dilipat kemudian tempelkan pita yang sudah disediakan. Atau lipat bagian atasnya. Setelah merekatkannya dengan selotip, buatlah lubang di sisi kanan dan sisi kiri untuk memasang tali. Dan bungkus kado berbentuk tas siap diberikan.

Bungkus Kado Berbentuk Pita

Selanjutnya adalah teknik membungkus kado yang bisa diterapkan jika kado kamu berukuran mini. Salah satunya dengan membentuk bungkus kado seperti pita. Caranya cukup mudah, bahan-bahan yang diperlukan kurang lebih sama dengan teknik sebelumnya. 

cara bungkus kertas kado seperti kupu-kupu

Langkah-langkahnya adalah pertama potong kertas kado menjadi ukuran persegi empat menjadi dua bagian. Letakkan kado pada bagian tengah, kemudian tumpuk dengan lembar kertas kado kedua yang sama ukurannya tadi.

Selanjutnya rekatkan dengan isolasi ataupun lem pada keempat sisinya. Setelah menempel kamu dapat mengisolasi bagian tengah, dari atas kebawah secara simetris. Pada sisi kanan dan kiri yang tidak terdapat kado kamu dapat membentuknya dengan melipat kedua sisi menyerupai pita dasi kupu-kupu. 

Bungkus Kado Berbentuk Permen

Teknik selanjutnya hampir mirip dengan teknik berbentuk pita atau kupu-kupu. Langkah-langkah melakukannya adalah pertama bentuklah kadonya memanjang, lalu tempatkan kado diatas kertas. Setelah itu, gulung kertas kado bersamaan dengan kadonya. Jika sudah membentuk gulungan, rekatkan kertasnya menggunakan solasi yang sudah disediakan.

cara bungkus kertas kado seperti permen

Di sisi bawah dan atas (batas kado yang ada di dalam kertas), rekatkan supaya membentuk permen, kamu bisa melipatnya agar rapi. Tarik pelan – pelan bagian ujungnya supaya lebih mekar. Gunakan pita yang tadi disiapkan pada bagian perekat ujungnya supaya lebih lucu.

Setelah mengetahui cara bungkus kado yang unik dan menggemaskan, kamu harus mempraktikan beberapa teknik diatas ketika musim liburan natal dan tahun baru yang tinggal beberapa bulan lagi. Pertukaran kado dengan bungkus yang unik dan lucu akan semakin menyemarakkan suasana akhir tahun kamu. 

Jangan sedih jika di tahun 2020 ini kamu nggak bisa memberikan kado kepada kerabat atau keluarga tersayang, akibat pandemi Covid-19 ini memaksa kita untuk tidak bisa berkumpul bersama. Namun kamu tetap bisa menghadiahi orang-orang yang kamu cintai dengan mengirim kado-kado kamu menggunakan Anteraja. Soalnya Anteraja ingin kamu tetap bisa mempererat hubungan dengan keluarga atau kerabat kamu, dengan pengiriman yang cepat dan akurat.

 Jangan lupa untuk packing kado kamu dengan baik dan aman, supaya kado dan bungkus kado yang kamu buat tidak rusak ketika pengiriman. Kalau sudah, langsung aja deh kamu cek ongkir, biar kamu bisa cepat-cepat mengirim kado mu! Setelah itu kamu nikmati deh fitur tracking paket yang bakal melacak posisi paket kamu ketika pengiriman, jadi nggak usah khawatir deh paket kamu nyasar kalo kamu selalu cek resi! Dijamin akhir tahun kamu tetap seru walaupun kamu tidak bisa berkumpul dengan orang terdekat.