Cara Membuat Kardus Untuk Packing Yang Baik dan Benar
Update Aja

Cara Membuat Kardus Untuk Packing Yang Baik dan Benar

Siapa sih hari gini yang nggak pernah berbelanja online? Pasti hampir semua orang sudah pernah berbelanja online. Mungkin ada beberapa orang yang belum mempertimbangkan untuk berbelanja online, dengan alasan karena takut barang tidak sesuai dengan foto atau takut barang sampai dalam keadaan rusak. Memang packing adalah hal yang sering dipertimbangkan pada belanja online, bahkan kualitas packing selalu menjadi penilaian utama para pelanggan setelah berbelanja online dimanapun.

Nah bagi kamu yang sering mengirim barang melalui ekspedisi, jangan kecewakan ekspektasi penerima dengan memberikan kualitas packing terbaik. Apalagi jika kamu seorang penjual yang memiliki banyak pelanggan. Pada artikel kali ini, Anteraja sudah menyiapkan beberapa tips dan cara untuk membuat kardus packing yang baik. Supaya barang yang kamu kirim tetap aman tanpa takut mengalami kerusakan ketika proses pengiriman. Yuk simak aja di bawah ini, karena caranya sangat mudah dan dijamin dapat meningkatkan kualitas penjualan kamu!

Tips dan Cara Membuat Kardus Untuk Packing

1. Sesuaikan Kardus dengan Ukuran Barang Anda

Cara Membuat Kardus Untuk Packing Yang Baik dan Benar - Sesuaikan Kardus dengan Ukuran Barang Anda

Pertama-tama kamu harus menyiapkan kardus yang bisa didapatkan dari distributor kardus, sehingga kamu bisa mendapatkan harga yang murah dan tidak membebani biaya operasional. Siapkan juga beberapa ukuran kardus untuk disesuaikan dengan barang yang ingin di-packing, karena kardus harus bisa melindungi barang dengan baik agar tidak rusak ketika pengiriman.

Jika kamu adalah penjual barang, kamu harus menyediakan kardus dengan banyak pilihan ukuran. Dengan itu kamu bisa mendapatkan harga lebih murah dari distributor karena membeli dalam jumlah yang banyak.

2. Beri Bubble Wrap Agar Lebih Aman

Cara Membuat Kardus Untuk Packing Yang Baik dan Benar - Beri Bubble Wrap Agar Lebih Aman

Bubble wrap adalah proteksi pertama yang harus digunakan untuk melindungi barang. Kamu bisa menggunakan bubble wrap untuk membungkus barangnya dan juga untuk membungkus kardus pembungkusnya. Harga bubble wrap sangatlah murah dan dapat memberikan proteksi yang baik. Jika kamu menghemat dengan memberikan bubble wrap yang tipis, maka kamu malah lebih merugi jika barang mengalami kerusakan ketika pengiriman. 

3. Beri Packing Plastik Angin

Cara Membuat Kardus Untuk Packing Yang Baik dan Benar - Beri Packing Plastik Angin

Ruang kosong pada kardus packing dapat berpotensi merusak barang yang ada di dalamnya. Kita tidak akan tau situasi apa yang akan terjadi pada proses pengiriman, mungkin saja paket barang akan tertiban dan terbentur hingga membuat barang menjadi rusak. Untuk menghindari hal itu, memberikan plastik angin dapat mengisi ruang kosong yang ada di dalam kardus. Plastik angin juga bisa kamu dapatkan dengan mudah dari distributor atau kamu juga bisa membuatnya buat sendiri.

4. Pilih Kardus yang Sesuai Agar Terhindar dari Volume

Cara Membuat Kardus Untuk Packing Yang Baik dan Benar - Pilih Kardus yang Sesuai Agar Terhindar dari Volume

Selain untuk menghindari banyaknya ruang kosong di dalam kardus, pemilihan kardus yang sesuai juga untuk mengurangi volume dan bobot. Ekspedisi pengiriman biasanya akan membebankan biaya lebih banyak untuk paket barang bervolume besar walaupun bobotnya tidak berat, karena paket barang dengan volume besar akan memakan banyak tempat ketika pengiriman. Maka itu kamu juga harus menghitung volume dan bobotnya sehingga bisa seimbang dan tidak memakan banyak ongkos kirim. Namun nggak usah khawatir, dengan Anteraja kamu nggak perlu takut terkena beban ongkir yang mahal. Soalnya Anteraja selalu memberikan harga terbaik dengan kualitas pengiriman terjamin.

5. Beri Brand Pada Kardus Anda

Cara Membuat Kardus Untuk Packing Yang Baik dan Benar - Beri Brand pada Kardus Anda

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa packing adalah hal yang paling pertama dinilai oleh si penerima barang. Untuk itu kamu harus membuat kardus pembungkus terlihat menarik dan tidak membosankan. Nah kamu bisa mencantumkan logo dan nama brand kamu yang bagus dan menarik pada kardus pembungkus barang. Apalagi jika kamu adalah penjual, branding adalah hal terpenting yang harus kamu lakukan untuk mengenalkannya kepada masyarakat luas. Mencantumkan brand pada kardus juga dapat membuat pelanggan menilai bahwa kamu memiliki niat tinggi untuk berjualan, sehingga mereka mungkin saja akan merekomendasikan barang jualan kamu kepada orang lain.

6. Jangan Lupa Cek Kembali Apakah Kardus Sudah Tersegel dengan Benar

Cara Membuat Kardus Untuk Packing Yang Baik dan Benar - Jangan Lupa Cek Kembali Apakah Kardus SUdah Tersegel dengan Benar

Lakukan pengecekan kembali apakah kardus sudah tersegel dan memproteksi barang dengan baik. Kamu juga bisa melakukan pengetesan dengan membanting atau menjatuhkan paket untuk membuktikan bahwa packing sudah aman, tentu dengan batas yang normal dan penuh pertimbangan. Quality control tidak hanya dilakukan pada barang yang ingin dikirim, namun kamu juga harus melakukannya pada paket barang sebelum dikirim. Apalagi jika pengerjaan packing dilakukan oleh orang lain, maka harus ada standar yang ditetapkan supaya tidak ada kualitas packing yang kurang baik dan membahayakan barang di dalamnya. 

Wah ternyata nggak sulit kan untuk membuat kardus packing yang baik? Dijamin upayanya jauh lebih mudah dibanding kamu harus pusing karena barang yang dikirim rusak ketika pengiriman. Jangan sampai masalah barang rusak ketika pengiriman masih menghantui usaha kamu, karena masalah itu bisa dihilangkan dengan cara yang mudah! 


Kalau mau lebih mudah lagi, kamu harus download aplikasi Anteraja sekarang juga! Di sana kamu bisa langsung melakukan cek ongkir untuk informasi lengkap soal harga ongkir ke wilayah yang kamu tuju. Apalagi jika kamu sering mengirim banyak paket barang setiap hari, kamu juga bisa cek resi untuk melacak setiap paket barang yang sedang dikirim. Jadi makin aman deh karena bisa mengetahui status paket barang hingga sampai ke tangan pelanggan. Nggak ada yang perlu diragukan lagi kan? Pakai Anteraja terus supaya kamu bisa dapat kemudahannya!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *