headset bluetooth
Update Aja

Memilih Headset Bluetooth yang Bagus untuk Kualitas Suara Terbaik

Di era digital, ada banyak perlengkapan gadget yang dapat menunjang kebutuhan kamu. Salah satunya adalah earphone/headset. Alat ini merupakan salah satu media untuk mendengarkan musik yang banyak digemari oleh banyak orang. Alasannya, dengan memakai headset, kualitas suara yang didengar bisa menjadi semakin jernih dan baik. 

Saat ini, muncul tren baru yaitu, menggunakan jenis headset bluetooth saat mendengarkan musik. Model headset wireless membuat pengalaman mendengarkan musik menjadi lebih sederhana dan tidak ribet. Selain itu, juga lebih nyaman digunakan. Berikut ini merupakan beberapa cara memilih headset bluetooth yang bagus demi pengalaman audio yang jernih dan berkualitas.

5 Cara Memilih Headset Bluetooth yang Bagus

cara memilih headset bluetooth

Masalah pada headset bluetooth yang umum terjadi adalah kualitas suara yang dihasilkan tidak jernih dan enak untuk mendengarkan musik. Selain itu, beberapa jenis headset bluetooth juga tidak bisa digunakan untuk menonton video karena tidak bisa sinkron dengan perangkat gadget yang digunakan. Akibatnya, video atau musik yang didengarkan tidak bisa dinikmati dengan baik. Oleh karena itu, sebelum membeli headset bluetooth, ada baiknya untuk menyimak 5 tips memilih headset bluetooth terbaik dan cara menggunakannya berikut ini.

1. Perhatikan Fitur Headset Bluetooth

Sebuah headset bluetooth yang baik akan dikatakan memuaskan apabila memiliki berbagai fitur yang bisa menunjang pengalaman mendengarkan audio penggunanya saat menggunakan headset tersebut. Berbagai fitur seperti noise cancellation, PC integration, stereo audio, hingga voice commands merupakan fitur wajib yang harus ada pada sebuah headset bluetooth. Jadi, sebelum membeli pastikan bahwa headset yang dipilih telah memiliki fitur-fitur yang lengkap.

2. Desain Headset Bluetooth

Selanjutnya, yang tidak kalah harus diperhatikan dari sebuah headset wireless salah satunya  adalah desain headset yang akan dibeli. Beberapa jenis headset memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda dibandingkan headset pada umumnya. Hal ini disesuaikan dengan tujuan penggunaan headset bluetooth untuk kebutuhan seperti apa. Sebagai contoh, ada headset yang didesain fleksibel dan bisa digunakan dengan kacamata. Sehingga jika pengguna ingin memakai kacamata untuk membaca sambil mendengarkan musik melalui headset bluetooth, maka masih dapat merasa nyaman dan tidak terganggu. 

3. Kualitas Suara yang Dihasilkan

Unsur suara menjadi hal kunci dari sebuah headset bluetooth. Tiap headset bluetooth akan memiliki jenis suara yang berbeda-beda. Begitu juga dengan kualitas suaranya. Headset yang baik, pasti memiliki kualitas suara yang jernih, tajam, dan enak untuk didengarkan. Selain itu, juga dapat memastikan kualitas suara tetap bagus walaupun ada berbagai jenis musik yang didengarkan.

4. Daya Tahan dan Kapasitas Baterai

Sebuah headset wireless akan bergantung pada adanya baterai yang ditanamkan di dalamnya. Ketika baterai habis, maka headset tidak akan bisa digunakan. Oleh karena itu, pastikan membeli headset bluetooth yang memiliki kapasitas baterai yang besar. Karena semakin besar kapasitas tersebut, maka jangka waktu pemakaian headset juga akan semakin lama. Selain itu, dengan kapasitas baterai yang besar dan mumpuni, para pengguna tidak perlu repot untuk selalu mengisi daya baterai dari headset yang digunakan.

5. Kualitas dan Fungsi Microphone Baik

Adanya microphone juga sangat berperan penting dalam sebuah headset wireless. Pasalnya, microphone inilah yang akan digunakan ketika pengguna sedang melakukan panggilan telepon. Apabila microphone on ear yang ada pada headset memiliki kualitas yang baik, maka percakapan dengan lawan bicara juga akan semakin mudah untuk dilakukan.

Cara Menggunakan Headset Bluetooth 

cara menggunakan headset

Cara menggunakan headset tanpa kabel atau wireless sebenarnya cukup sederhana dan sangat mudah untuk dilakukan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan atau menyalakan headset bluetooth yang dimiliki. Caranya dengan menekan tombol power yang ada pada bagian headset. Biasanya, setelah headset menyala maka akan mengeluarkan kedipan lampu berwarna merah atau hijau. Ini menandakan bahwa headset telah aktif dan siap untuk digunakan.
  2. Selanjutnya, nyalakan atau aktifkan bluetooth yang ada pada gadget yang digunakan. Misalnya, jika sedang menggunakan smartphone maka nyalakan bluetooth pada smartphone tersebut.
  3. Silahkan tunggu beberapa saat sampai bluetooth selesai melakukan scan. Jika bluetooth headset sudah tertangkap pada smartphone pengguna cukup mengklik pilihan nama bluetooth headset pada layar smartphone. Dan secara otomatis, kedua perangkat tersebut telah tersambung dan siap digunakan.

Itulah 5 cara memilih headset bluetooth yang bagus demi pengalaman audio yang memuaskan. Harus selalu diingat bahwa sebuah headset bluetooth terbaik akan memiliki berbagai kriteria yang telah disebutkan sebelumnya. Mulai dari kualitas suara yang jernih hingga adanya berbagai fitur penunjang yang lengkap. Oleh karena itu, jangan sampai salah membeli headset bluetooth ya para hepizen!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *