Tips Memilih Kompor Gas dan Merawat Kompor Gas di Rumah

cara memilih kompor gas

Kompor merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap rumah tangga. Kompor berfungsi untuk  berbagai keperluan di dapur yaitu memasak maupun menghangatkan makanan. Dengan demikian bisa dibilang kompor dapat disebut sebagai kebutuhan primer.

Namun, dengan intensitas penggunaan yang cukup tinggi, yakni setiap hari dan bisa digunakan selama berjam-jam selama satu hari. Tak jarang kompor mengalami kerusakan akibat pemakaian dan kurangnya perawatan.

Tips Memilih Kompor Gas

Berikut kami akan coba memberikan tips dalam memilih kompor gas maupun membersihkan kompor gas bagi para hepizen.

Pilih Material Kompor Yang Kokoh

Ini adalah tips pertama dan yang paling penting dalam memilih kompor gas, karena menggunakan bahan bakar LPG (Liquid Petroleum Gas) yang sangat cepat terbakar. Sebaiknya kamu memilih kompor yang memiliki material kompor yang sudah kokoh dan usahan untuk memiliki jaminan SNI (Standar Nasional Indonesia) ataupun standar internasional.

Karena dengan jaminan mutu tersebut, kita dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Umumnya kompor gas terbuat dari bahan stainless steel sehingga memiliki material yang tahan panas dan awet digunakan untuk jangka waktu.

Pilih Sesuai Kebutuhan

Kompor gas memiliki banyak tungku. Ada banyak kompor dengan berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari satu tungku, dua tungku hingga 4 tungku. Banyaknya tungku sebuah kompor dapat menentukan kebutuhan kamu. Jika kamu dalam rumah tidak terlalu banyak orang seperti 4-5 orang maka, rasanya cukup hanya dengan menggunakan kompor 2 tungku. 

Namun jika kamu memiliki usaha rumahan yang bidang kuliner, maka dapat menggunakan tungku yang lebih banyak yakni 4 tungku sekaligus dalam satu kompor. Ini sangat membantu untuk dapat memasak dalam jumlah yang terlalu banyak.

Pilih Selang Gas Yang Berkualitas

Salah satu penyebab utama terjadinya kebakaran akibat kompor adalah kebocoran selang gas. Karena LPG bersifat liquid gas, ketika terjadi kebocoran akan sangat sulit melacak dimana terjadinya kebocoran gas. Jika tersulut sedikit api atau percikan maka efeknya adalah selang gas akan meledak dan akhirnya terbakar. Inilah yang menjadi pemicunya.

Usahakan untuk memilih selang gas yang berkualitas dan berstandar nasional untuk menjamin mutu. Jangan mudah untuk tergiur membeli selang gas yang murah, karena biasanya harga mencerminkan kualitas yang diberikan. Jangan sampai menggadaikan keselamatan diri kamu dan keluarga hanya karena harga yang murah. 

Pilih Kompor Yang Hemat Gas

Setelah pemerintah mengkonversi kompor minyak menjadi kompor gas, ini karena penggunaan LPG lebih efisien dan ramah lingkungan. Jadi sangat penting untuk memilih kompor yang hemat penggunaan gasnya. Karena dengan menghemat penggunaan gas dapat membuat pengeluaran biaya bulanan, jadi kamu bisa nabung untuk hal yang lebih penting. 

Pilih Kompor Tahan Panas

Karena kompor sangat identik dengan api dan hawa panas. Sebaiknya pilih kompor yang menggunakan material yang tahan panas. Kompor yang baik biasanya dapat menahan suhu panas hingga lebih dari 100 derajat celcius. Karena jika tidak tahan panas, sebuah kompor akan sangat rentan terbakar dan menyebabkan bencana.

Pilih Brand Yang Sudah Dipercaya

Tips terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan memilih kompor gas yang sudah memiliki reputasi serta brand yang cukup kuat dimata konsumen. Dengan begitu mutu yang diberikan juga terjamin. Sehingga membantu mengurangi risiko kejadian yang tidak diinginkan.

Cara Membersihkan Kompor Gas

membersihkan kompor gas

Setelah memilih kompor gas yang memilih yang terbaik. Selanjutnya adalah tips tentang cara membersihkan dan merawat kompor gas agar dapat awet digunakan untuk waktu yang cukup lama. Berikut adalah cara membersihkan kompor gas yang telah kami rangkum.

Gunakan Baking Soda

Ketika menggunakan kompor untuk memasak makanan yang memakai banyak bumbu maupun santan pasti meninggalkan banyak noda. Noda-noda tersebut akan menjadi kerak jika didiamkan dalam waktu yang cukup lama. Ada baiknya jika rutin membersihkan body kompor secara rutin agar tetap bersih dan dapat digunakan. 

Namun, jika noda membandel dan tidak mau hilang. Maka kamu bisa menggunakan baking soda yang sudah dikenal ampuh menghilangkan kerak noda pada lantai maupun pakaian. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menuangkan sekitar 250 milimeter cuka, lalu tuangkan sekitar 2 sendok makan. Diamkan selama 3-5 menit agar baking soda merontokkan noda membandel tersebut. Setelah itu tinggal dibersihkan dibilas dengan menggunakan kain lap kasar ataupun sikat gigi bekas. 

Jangan Gunakan Sabun Pada Tungku

Jika ingin membersihkan tungku kompor sebaiknya hindari menggunakan menggunakan cairan berbahan dasar sabun. Karena dapat membuat tungku menjadi tidak dapat menyalurkan api dan membuatnya tersumbat. Solusinya kamu bisa menggunakan air hangat ataupun krim khusus untuk menghilangkan karat atau kerak noda membandel.

Bersihkan Saluran Gas

Ini adalah bagian paling penting dari sebuah kompor karena dapat mengganggu kinerja kompor. Dengan demikian, jika saluran gas tersumbat maka otomatis api tidak menyala pada tungku. Maka sebaiknya ketika selesai menggunakan kompor setelah memasak selalu bersihkan katup pada saluran gas jangan sampai tersumbat. 

Setelah mengetahui tips memilih dan merawat kompor dengan baik. Semoga dapat membantu para hepizen untuk dapat memilih kompor yang tepat digunakan di rumah kamu. Selamat mencoba!