cara memilih modem yang baik
Update Aja

Cara Memilih Modem yang Cepat dan Tidak Lemot

Saat ini, jaringan internet menjadi satu hal yang sangat penting dan harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Pasalnya, hampir setiap kegiatan yang kita lakukan akan bergantung pada koneksi internet. Mulai dari berkomunikasi, bertransaksi hingga melakukan pekerjaan lainnya. Jadi sangat penting peran internet dalam hidup kita ya hepizen! 

Salah satu cara untuk mendapatkan koneksi yang kuat dan stabil adalah dengan menggunakan modem 4G. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika kita harus terkendala masalah internet ketika saat mengerjakan sesuatu yang sangat penting. Tentunya akan sangat menjengkelkan bukan? 

Lalu, bagaimana cara memilih modem yang baik demi koneksi internet yang kuat dan stabil? Simak tips berikut ini ya!

Cara Memilih Modem yang Baik

Sebelum membeli sebuah modem, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan dengan baik agar modem yang dibeli bisa sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dikarenakan, modem yang bagus dapat menjamin kekuatan koneksi yang diberikan. Sehingga, sebelum memutuskan membelinya harus mencari sebuah wifi router terbaik yang bisa didapatkan. Berikut ini merupakan tips memilih modem USB yang bisa dicoba dirumah:

1. Sesuaikan Provider Modem dengan Kekuatan Sinyal Di Daerah Tempat Tinggal

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa daerah tempat tinggal telah mendukung jaringan operator dari modem yang akan dibeli. Hal ini penting karena kekuatan sinyal modem akan sangat bergantung pada tempat tinggal pemiliknya. Selain itu, karakteristik dari penyedia jasa operator yang berbeda-beda membuat kita harus memastikan dahulu kekuatan sinyalnya sebelum memutuskan untuk membeli modem.

2. Pilih Kecepatan Akses yang Baik

akses internet yang cepat

Modem yang dibeli harus memiliki kecepatan akses yang baik. Maka dari itu, akan sangat disarankan untuk membeli sebuah modem 4G LTE. Dengan menggunakan modem 4G, maka akan dapat dipastikan jika kekuatan jaringan yang ada sudah sangat baik dan mendukung aktivitas sehari-hari. Selain itu, pastikan juga menggunakan sim card dengan konektivitas LTE yang memiliki kecepatan internet yang tinggi.

3. Sesuaikan Modem dengan Sistem Operasi

Kompabilitas sistem operasi dengan modem yang dibeli juga memegang peranan yang sangat penting. Apalagi bagi pengguna sistem operasi di luar Windows seperti Linux, Mac OS, dan Unix, maka harus lebih berhati-hati dalam menentukan jenis modem USB apa yang akan dipilih. Pastikan kartu sim juga mendukung jaringan sebelum membeli sebuah modem.

4. Plug and Play

Ketika membeli sebuah modem, hal yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah fitur plug and play. Dengan fitur ini, ketika membeli modem pemilik tidak akan kerepotan lagi untuk melakukan instalasi driver modem tersebut. Pemilik hanya perlu untuk memasukkan modem ke dalam port USB yang tersedia, maka secara otomatis, proses instalasi driver dan software modem akan dilakukan dengan mudah. Oleh karena itu, pastikan bahwa modem yang dibeli telah mendukung fitur plug and play ini.

5. Pilih Modem dengan Cara Pakai dan Proses Instalasi Mudah

Seiring perkembangan zaman, penggunaan modem pun juga menjadi semakin mudah. Saat ini, kebanyakan modem USB sudah dibekali dengan proses instalasi mudah dan cara pakai yang praktis dan tidak ribet. Maksudnya adalah pengguna dapat langsung menggunakan modem tanpa harus menginstall driver atau disc dengan cara terpisah terlebih dahulu. Oleh karena itu, pastikan bahwa modem yang akan dibeli telah memenuhi standar cara pakai yang mudah dan proses instalasi yang mudah. Sehingga, tidak akan merepotkan pemakainya.

Fungsi Repeater untuk Modem

repeater modem

Pada dasarnya, sebuah modem masa kini telah dirancang sedemikian rupa untuk dapat memiliki kekuatan sinyal yang baik dan kuat. Dari segi komponen dan desain modem juga telah mengalami perubahan dan inovasi sehingga lebih memudahkan para pengguna dalam penggunaan sehari-hari.

Namun, ketika dirasa kekuatan sinyal modem yang dihasilkan masih kurang, maka bisa ditambahkan sebuah repeater untuk menunjang kekuatan sinyal modem. Fungsi repeater yang bekerja pada modem hampir sama seperti repeater wifi terbaik pada umumnya. Ketika memasang sebuah repeater, maka kekuatan dan jangkauan sinyal yang dihasilkan juga akan jauh lebih besar dibandingkan ketika tidak menggunakannya.

Penggunaan repeater ini akan sangat cocok digunakan bagi pemilih rumah dan pengguna modem yang memiliki anggota keluarga yang banyak atau memiliki tempat tinggal yang luas. Sehingga jangkauan sinyal yang dipancarkan juga akan dapat lebih kuat dan stabil dengan menggunakan repeater tersebut.

Itulah informasi mengenai cara memilih modem yang baik dan tepat yang bisa dicoba untuk pengguna internet. Hepizen juga bisa dengan mudah menemukan modem atau repeater tersebut di toko offline maupun online. Ada banyak merk yang dijual di pasaran.

Untuk jasa pengirimannya, jangan ragu pilih Anteraja buat antar pesanan kamu sampai kerumah ya. Dan semoga informasinya bisa bermanfaat buat hepizen semuanya!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *