cara memperbaiki koneksi wifi
InTips Aja

Tips Cara Mempercepat Koneksi Wifi Paling Efektif

Kecepatan koneksi internet memang memegang peranan yang penting bagi aktivitas. Pasalnya, koneksi yang cepat akan mempermudah penggunanya untuk mengakses internet. Masalah seperti sinyal wifi yang lemah, tentu menjadi masalah serius yang harus segera diatasi. Lalu, bagaimana cara mempercepat koneksi wifi yang efektif untuk dilakukan?

Cara Mempercepat Koneksi Wifi di HP Android

Sebenarnya, cara mempercepat koneksi wifi di HP bukanlah suatu hal yang sulit. Bahkan, untuk mempercepat koneksi di HP bisa dilakukan tanpa bantuan software atau aplikasi tambahan. Berikut ini merupakan beberapa cara mempercepat koneksi wifi android tanpa bantuan aplikasi:

1. Coba untuk Mengubah Posisi Router Wifi

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah posisi router Wifi. Posisi router yang ada pada wifi memegang peranan penting terhadap kecepatan sinyal wifi. Oleh karena itu, pastikan bahwa posisi dari router ini sudah benar dan tepat sebelum menggunakan wifi. Akan dianjurkan untuk meletakkan router di tempat yang terbuka, kemudian, jauh dari permukaan tanah, dan jauh dari benda elektronik lain.

2. Mengubah Arah Antena Router

Pada umumnya, sebuah wifi akan memiliki antena router. Dan kedua antena ini yang bertugas untuk memancarkan sinyal ke penjuru rumah. Untuk mendapat kekuatan sinyal dari wifi yang maksimal, maka ubah arah dari antena router tersebut sehingga kekuatan sinyal yang dipancarkan juga akan lebih maksimal lagi.

Untuk mengatur arah antena ini juga mudah. Sebagai contoh, jika salah satu arah antena sudah mengarah ke bagian samping kanan, maka arahkan antena lainnya ke arah atas. Jadi, kedua antena memiliki arah yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

3. Menggunakan Kualitas Router Wifi yang Terbaik

Tidak dapat dipungkiri, bahwa cara terbaik untuk mempercepat koneksi internet yang paling efektif dan mudah adalah dengan menggunakan router wifi dengan kualitas yang terbaik. Hindari menggunakan router bawaan dari provider wifi. Sebaiknya, segera beralih menggunakan router yang lebih baik kualitasnya dengan kecepatan koneksi internet yang lebih tinggi. Maka dijamin, kekuatan sinyal wifi yang ada akan selalu stabil dan bisa diandalkan.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi di PC atau Laptop

Selain menggunakan cara di atas, mempercepat koneksi wifi juga bisa dilakukan di PC atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Untuk mempercepat koneksi di PC atau laptop setidaknya bisa dilakukan dengan 2 cara berikut.

1. Dengan Mengubah DNS

mempercepat koneksi wifi dengan merubah dns

Langkah untuk melakukan ubah pengaturan DNS server ini merupakan alternatif mempercepat koneksi internet yang diklaim lebih baik 20% dibandingkan cara lainnya. Cara mengubah DNS servernya juga tidak begitu sulit.

  1. Buka pengaturan “Open Network & Internet Settings” pada PC atau laptop. Ini bisa dilakukan dengan klik kanan pada ikon Network yang berada pada bagian kanan desktop Windows. Setelah itu buka pengaturan Open Network & Internet Settings.
  2. Setelah itu, cari opsi Network and Sharing Center. Kemudian, buka opsi Jaringan Wifi. Selanjutnya, klik pada opsi Wifi Connection.
  3. Setelahnya akan muncul Wifi Status, dan silahkan klik menu Properties.
  4. Silahkan cari dan pilih opsi Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4). Jika sudah dipilih klik Properties lagi.
  5. Setelah itu, masukkan Open DNS alternatif, pada bagian Preferred DNS server silahkan isi 208.67.222.222 sedangkan pada bagian Alternate DNS server silahkan isi: 208.67.222.220.
  6. Jika sudah selesai silahkan klik OK dan mulai untuk melakukan restart pada PC atau laptop.

2. Melakukan Flush DNS

cara melakukan flush dns

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan internet wifi adalah dengan flush DNS. Banyak orang yang telah membuktikan cara ini untuk mempercepat koneksi internet mereka. Untuk melakukan flush DNS cara yang harus ditempuh cukup mudah hanya melalui Command Prompt saja.

  1. Silahkan buka jendela command prompt pada PC atau laptop. Caranya, dengan menekan tombol start pada keyboard dan mengetik “cmd” hingga muncul command prompt.
  2. Kemudian, klik kanan pada bagian command prompt dan pilih Run as Administrator.
  3. Setelah itu akan ditampilkan sebuah jendela command prompt dan masukkan perintah ipconfig/flushdns, kemudian setelah selesai memasukkan klik enter.
  4. Proses ini akan berjalan cepat hingga ada konfirmasi bahwa flush DNS telah selesai dilakukan. Pada tahap ini pengguna sudah bisa menutup jendela command prompt.
  5. Setelah itu silahkan restart PC atau laptop.

Itulah informasi mengenai cara mempercepat koneksi wifi baik di HP android atau PC dan laptop dengan sistem operasi Windows. Semoga setelah ini masalah sinyal wifi yang lemah sudah bukan menjadi masalah. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba! 

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *