Berikut Cara Packing Barang Elektronik Bagi Para Seller

cara packing barang elektronik

Di era digital seperti sekarang gadget menjadi kebutuhan utama, sehingga peran teknologi menjadi sangat penting. Mulai dari kita bangun tidur sampai terlelap di malam hari, kita nggak pernah terlepas dari barang elektronik. Mulai dari bekerja, bepergian dengan transportasi, hingga memesan makanan dapat dimudahkan dengan adanya teknologi online. Oleh sebab itu, kebutuhan akan barang dengan teknologi digital selalu tinggi. Dengan kemudahan internet, kita dapat menemui berbagai toko online yang menjual barang-barang elektronik. Baik di sosial media ataupun e-commerce dapat dengan mudah kita temukan. 

Nah buat kamu para seller barang elektronik yang banyak menjual barang-barang elektronik melalui toko online, kamu harus mengutamakan keselamatan paket barang kamu. Apalagi barang-barang yang kamu kirim adalah barang pecah belah yang bernilai tinggi, akan sangat disayangkan jika barang yang kamu kirim rusak ketika pengiriman. Kamu perlu memahami bagaimana cara packing barang elektronik yang baik dan benar, dengan menerapkan cara packing barang elektronik bagi para seller yang akan dijelaskan di bawah ini, Yuk langsung simak ya!

Gunakan Alat-Alat Yang Menjamin Keamanan Paket

Hepizen sekalian sebaiknya memahami dulu bagaimana cara packing barang elektronik yang baik dan benar. Mengingat banyak barang elektronik yang sensitif dan membutuhkan perhatian khusus. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakanan sebagai cara packing barang elektronik yang dapat diikuti, diantaranya adalah : 

Gunakan Bubble Wrap

Bubble Wrap mampu melindungi paket barang elektronik sehingga tetap aman selama masa pengiriman

Bubble wrap atau gelembung plastik jamak digunakan pada semua barang elektronik yang menggunakan dus. Ini berfungsi sebagai penahan agar tetap aman walaupun terjadi benturan pada barang yang sedang dikirim. Dengan begitu, konsumen online shop kamu akan tetap menerima barang sesuai dengan kondisi prima 100%

Umumnya barang-barang elektronik yang ringkih seperti smartphone, tablet dan laptop. Barang-barang seperti itu membutuhkan ekstra pengamanan karena sangat gampang rusak dan harganya lumayan mahal. Ini juga perlu menjadi perhatian bagi para seller. Jangan pelit untuk melapisi barang dengan bubble wrap yang tebal, karena bubble wrap tidak memiliki harga yang mahal. Semakin banyak kamu melapisi barang dengan bubble wrap, semakin kecil kemungkinan barang kamu rusak ketika pengiriman.

Sesuaikan Ukuran Paket

Bagi barang elektronik berukuran besar, sebaiknya menggunakan kardus yang besar pula. Namun jika barang tidak terlalu besar, gunakan kardus yang sesuai dengan ukurannya. Jika ukuran kardus tidak sesuai, gunakan kertas koran untuk mengisi ruangan yang kosong. Adanya ruang kosong dalam kardus akan membuat kardus mudah robek ketika terhimpit saat pengiriman. Selain itu, memenuhi ruang kosong di dalam kardus berguna untuk mencegah benturan yang dapat terjadi ketika pengiriman sedang dilakukan. 

Gunakan Styrofoam

Sama fungsinya seperti bubble wrap, styrofoam memiliki ukuran yang lebih besar dengan bentuk yang lebih kokoh. Kamu bisa memilih untuk menggunakan styrofoam sebagai salah satu cara mengirim barang elektronik. Sifat styrofoam yang empuk, dapat mengurangi benturan terhadap gadget atau barang elektronik yang sedang dikirimkan. Kamu dapat memilih salah satu antara menggunakan bubble wrap atau styrofoam, tidak perlu menggunakan keduanya secara bersamaan. Karena kamu bisa menggunakan peti kayu untuk proteksi selanjutnya

Kemas Paket Serapih Mungkin

Setelah mengemas bagian dalam paket barang dengan rapi dan presisi. Langkah selanjutnya kamu perlu mengemas bagian luar paket serapih mungkin. Ini dapat kamu lakukan dengan menggunakan beberapa peralatan seperti dengan menggunakan isolasi. Yaitu dengan mengisolasi seluruh lapisan kardus dengan rapi setelah itu memberikan keterangan mengenai barang yang sedang dikirim. Ini cukup membantu para kurir yang bertugas untuk lebih berhati-hati dalam mengirim barang tersebut. Dengan mengisolasi seluruh permukaan kardus juga meminimalisir kemungkinan paket barang kamu terkena air ketika pengiriman, karena akan sangat bahaya jika barang elektronik kamu terkena air akibat tidak dilapisi isolasi dengan baik.

Menggunakan Peti Kayu

peti kayu dapat digunakan sebagai alat pengiriman barang elektronik berukuran besar

Untuk pengiriman barang elektronik berukuran besar seperti TV, Home Theater, Sound System, laptop dan lainnya dapat menggunakan peti kayu sebagai tempat pengirimannya. Karena peti kayu sangat kuat untuk melindungi barang elektronik dari benturan barang lainnya. Kamu dapat menggunakan peti kayu yang banyak dijual ataupun membuat peti kayu sesuai dengan ukuran kardus barang yang dikirim. Memang akan menambah biaya ongkos kirim jika menggunakan peti kayu, tetapi kemungkinan barang akan rusak sangat kecil jika sudah menggunakan peti kayu, Maka kamu harus diskusikan dengan pelanggan kamu tentang penggunaan peti kayu ini. Peti kayu sangat harus dipertimbangkan untuk packing barang elektronik, karena sifatnya paling kuat dan sudah biasa digunakan sebagai pelindung barang pecah belah.

Memberi Stiker Fragile atau Barang Mudah Pecah

JJika semua langkah cara packing barang elektronik di atas sudah dilakukan, maka langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah untuk memberikan peringatan atau pemberitahuan dengan memasang stiker “fragile”  atau “barang mudah pecah.” Ini merupakan salah satu cara yang ampuh untuk lebih berhati-hati dalam pengiriman barang yang kamu kirim. Layanan pengiriman Anteraja bahkan sudah memberikan layanan stiker seperti ini untuk dapat lebih memberikan pelayanan maksimal terhadap pelanggannya. Untuk berjaga-jaga, kamu juga harus menempelnya sendiri ketika packing, supaya paket barang kamu semakin aman dan diperlakukan dengan halus.

Menggunakan Layanan Pengiriman yang Terpercaya

Setelah mengetahui berbagai cara packing barang elektronik yang aman bagi para pelanggan kamu. Dengan Anteraja, barang yang kamu kirim pasti sampai ditangan konsumen tepat waktu dengan kondisi prima 100%. Soalnya udah banyak banget nih seller barang elektronik yang mempercayakan Anteraja untuk mengirim barang-barang mereka, karena barang selalu selamat sampai tujuan!

Jadi tunggu apalagi? Untuk kamu yang ingin mengetahui Harga Ongkos Kirim kamu bisa Langsung cek ongkir untuk pilih opsi pengiriman yang tepat untuk barang kamu! Anteraja menyediakan harga yang murah untuk Ongkos kirim dan Layanan pengiriman yang cepat. Jangan takut mahal apabila kamu menggunakan packing kayu, soalnya dengan Rp. 10.000 aja kamu udah bisa nikmati layanan Anteraja dengan bobot paket hingga 1 kilogram! Selain itu Anteraja memiliki fitur tracking paket akurat, yang memudahkan kamu dan pelanggan kamu melacak paket yang sedang dikirim. Makanya, jangan lupa cek resi setelah barang dikirim!

Nah itu tadi cara-cara yang harus kamu ikuti ketika kamu mengirim barang elektronik. Jangan sampai barang yang kamu kirim rusak ketika pengiriman, apalagi jika barang tersebut memiliki nilai yang tinggi. Jangan sampai buat kamu pelanggan kecewa, karena kepuasan pelanggan memengaruhi reputasi toko kamu. Jadi selalu berikan pelayanan terbaik dengan packing yang bagus, selamat mencoba!