Cara Mengukur Lingkar Baju Ketika Membeli di Online Shop
InTips Aja

Pahami Cara Mengukur Baju, Agar tidak “Zonk” Saat Beli Pakaian Online

Halo hepizen, pasti kamu pernah belanja pakaian di online shop atau e-commerce kan? Mungkin sebagian dari kita ada yang sukses mendapatkan pakaian impian yang sudah lama di idam-idamkan. Namiun tak sedikit juga yang gagal dalam melakukan pembelian pakaian secara online. Padahal cara mengukur baju tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Untuk mencegah kegalauan akibat baju yang datang kekecilan atau kebesaran. Sebaiknya Anda mengetahui beberapa hal yang diperlukan untuk mengukur baju sebelum beli di online shop. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda agar tidak mengalami hal tersebut

Beda Merk, Beda Ukuran

Memahami ukuran tiap merk adalah hal yang paling penting dalam cara mengukur baju. Karena setiap merk biasanya memiliki ukuran dan pola baju yang berbeda. 

Misalnya sebagai contoh meskipun memiliki nomor baju yang sama, namun di beberapa merk perbedaan ukuran dapat terjadi. Hal ini mengingat banyak merk pakaian memiliki potongan atau jahitan khas yang menandakan ciri khas masing-masing brand tersebut.

Ketahui Size Chart Tiap Produsen Pakaian

Kalian pasti pernah mengalami pengalaman ketika beli pakaian online yang dirasa cocok dan hanya memperkirakan dengan ukuran baju yang biasa kita gunakan. Ketika sampai dirumah baju yang dipesan ternyata kebesaran atau kesempitan. 

Mungkin salah satu penyebabnya adalah brand yang Anda pesan memakai standar size chart yang berbeda. Sebagai contoh brand yang kamu beli di produksi di Amerika Serikat tentu memiliki size chart yang berbeda dengan brand asal Indonesia.

Ketahui Cutting Style Baju Yang Akan Dibeli

Pada ukuran baju pria khususnya kemeja terdapat beberapa jenis cutting style yang berbeda. Ada cut style slim fit dan regular fit

Umumnya regular fit adalah cutting style yang biasa dipakai untuk acara formal seperti bekerja dan acara resmi seperti undangan pernikahan, meeting dan acara formal lainnya. Karena model regular fit tidak terlalu pas dan lebih sopan untuk dikenakan di acara formal.

Sedangkan pakaian slim fit memberikan kesan casual bagi pemakainya. Ukuran pas yang mengikuti lekuk baju juga sangat nyaman di badan. Biasanya digunakan untuk acara-acara casual dan semi formal seperti berkumpul bersama teman atau keluarga.

Pahami Cara Mengukur Lingkar Baju

Sebenarnya cara mengukur baju tidaklah rumit. Anda hanya membutuhkan alat bantu berupa meteran. Selanjutnya ada hal yang perlu diperhatikan adalah ketelitian dalam cara mengukur baju pakaian Anda, karena salah menentukan ukuran pasti akan berakibat fatal terhadap baju pesanan Anda.

Ada dua metode yang dapat digunakan :

Langsung mengukur di badan

Ini adalah metode yang membutuhkan asistensi orang lain dalam mengukur badan Anda. Ukuran yang diperlukan adalah : lingkar leher,lingkar bahu, lingkar pinggang, lingkar dada, rentang bahu dengan badan dan yang paling penting adalah panjang baju dari leher sampai bawah badan. 

Cara Mengukur Baju

Mengukur dengan baju yang pas

Dengan cara mengukur baju ini, Anda dapat melakukan pengukuran dengan seorang diri. Yaitu dengan menggunakan baju atau pakaian yang pas dan sudah bisa Anda gunakan. Sehingga mengetahui ukuran yang paling pas untuk badan Anda.

Melihat Contoh Model Yang mengenakan

Ada beberapa penjual pakaian online hanya mencantumkan ukuran yang tersedia, tanpa memberikan size chart pakaian yang akan dijual. Namun, ada beberapa online shop yang mencantumkan tinggi dan berat badan model yang mengenakan produk brand tersebut.

Cara ini adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk melihat apakah model yang menggunakan baju tersebut memiliki postur yang sama dengan tubuh Anda.

Ini dapat menjadi referensi Anda ketika mengetahui informasi tersebut dan menjadi gambaran Anda dalam memilih pakaian yang kira-kira pas.

Mencatat Ukuran Baju Anda

Setelah melakukan semua tips-tips diatas, Ini adalah tips terakhir yang dapat Anda lakukan. Yaitu dengan mencatat ukuran baju yang pas dengan ukuran badan Anda. Dengan begitu Anda memiliki pedoman dalam berbelanja baju secara online.

Sehingga tidak ada lagi pengalaman “zonk” kekecilan atau kebesaran ketika membeli baju di online shop kesayangan Anda. Untuk layanan pengiriman baju atau pakaian online dapat menggunakan Anteraja sebagai layanan pengiriman barang Anteraja sebagai jasa pengiriman Kamu. Pakai Anteraja #pastibawahepi

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *