7 Tips dan Cara Menjadi Jastip Sukses

Tips dan Cara Menjadi Jastip Sukses

Pernahkah kamu menemui momen ketika ingin membeli suatu barang, tetapi pendistribusian barang tersebut tidak mencakup di wilayah tempat tinggalmu? Jawaban masalah ini adalah menggunakan jasa yang dikenal dengan nama jasa titip atau jastip. Jastip ini banyak ditawarkan oleh seseorang yang memiliki kemampuan untuk mendapatkan barang tertentu yang tidak terjangkau wilayah lain.

Biasanya penyedia jastip ini berasal dari kota-kota besar dimana akses untuk mendapatkan barang dari brand atau event tertentu jauh lebih mudah. Tidak terbatas di dalam negeri saja, jastip juga bisa dilakukan untuk penitipan barang dari luar negri. Bisnis jastip ini juga bisa menghasilkan keuntungan yang besar lewat prosesnya yang praktis lho!

(Baca Juga: Tips Menjadi Reseller)

Penasaran seluk beluk bisnis Jastip? Kenapa bisa menjamur, apakah sebegitu menggiurkan? Coba deh, simak penjelasannya dan kiat-kiat supaya kamu bisa mendadak jadi jastip!

Apa Itu Jastip?

Tips dan Cara Menjadi Jastip Sukses - Apa itu Jastip

Jastip atau jasa titip adalah sebuah model bisnis dimana pelakunya menawarkan berbagai jenis barang dari sebuah lokasi dan event. Jastip bisa dilakukan untuk pembelian barang di dalam negeri maupun luar negri. Jasa ini dibutuhkan bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan akses untuk membeli barang yang mereka inginkan. Biasanya jastip ini ditawarkan secara online melalui media sosial seperti Instagram, Facebook atau WhatsApp. Keuntungan jastip didapatkan dari menaikan harga barang atau memberlakukan tarif untuk jastip itu sendiri.

Cara Menjadi Jastip

1. Mencari Barang yang Sedang Ngetren

Tips dan Cara Menjadi Jastip Sukses - Mencari Barang yang Sedang Ngetren

Langkah awal dalam memulai bisnis jastip adalah mencari barang yang sedang ngetren. Zaman sekarang, banyak sekali pilihan barang barang yang banyak diminati. Seperti salah satunya adalah produk fashion t-shirt dan sneakers, yang dijual dalam jumlah terbatas dan pada saat-saat tertentu. Barang seperti ini sangat cocok kamu tawarkan dalam bisnis jastipmu.

2. Memiliki Modal yang Cukup

Tips dan Cara Menjadi Jastip Sukses - Memiliki Modal yang Cukup

Hal pertama yang kamu butuhkan untuk menjadi jastip adalah dengan memiliki modal. Meski kamu bisa menetapkan aturan untuk membayar terlebih dahulu, tetapi biaya-biaya tambahan seperti ongkos bahan bakar, dan biaya parkir tetap diperlukan. Terlebih,  jika kamu menyediakan jastip luar negri, pastinya perlu biaya ekstra untuk mengurus visa hingga menyiapkan dana tambahan untuk hal tidak terduga seperti muatan yang berlebih dan biaya cukai pajak barang titipanmu.

3. Buat Akun dan Aktif di Media Sosial

Tips dan Cara Menjadi Jastip Sukses - Buat Akun  dan Aktif di Media Sosial

Buatlah akun media sosial untuk menawarkan bisnis jastipmu. Media sosial yang sangat cocok untuk bisnis jastip adalah Instagram, karena kamu bisa memanfaatkan feed sebagai katalog produk dan Instagram stories untuk update produk terbaru. Jangan lupa juga untuk selalu aktif mempromosikan bisnis di media sosial baik dengan cara memperkenalkan kepada teman, hingga menggunakan jasa influencer dan fitur ads yang sudah disediakan oleh media sosial untuk memperluas jangkauan.

(Baca Juga: Cara menjadi Dropshipper tanpa modal)

4. Menjaga Transparansi Harga

Tips dan Cara Menjadi Jastip Sukses - Menjaga Transparansi Harga

Transparansi harga menjadi sangat penting bagi para konsumen jastip. Karena dengan menyampaikan informasi harga dengan lengkap dan transparan, para konsumen menjadi lebih tertarik dan percaya dengan tokomu. Kamu bisa melakukannya dengan cara menulis harga asli produk dan biaya jastip di caption katalog produk di media sosial milikmu. Jangan pula mematok biaya yang terlalu tinggi, karena tentu saja konsumen mencari harga yang terbaik.

5. Memberikan Informasi dengan Lengkap

Tips dan Cara Menjadi Jastip Sukses - Memberikan Informasi dengan Lengkap

Selain harga, informasi mengenai proses transaksi, contact person dan estimasi barang sampai sangat diperlukan bagi para konsumen. Jika kamu menawarkan jastip luar negri, sisipkan informasi mengenai jadwal keberangkatan dan kedatanganmu kembali ke negara asal ditambah estimasi pengiriman dari produk itu sendiri. Dengan begini, konsumen akan lebih percaya dengan jasa titip yang kamu tawarkan.

6. Menggunakan Layanan Pengiriman Terpercaya

Tips dan Cara Menjadi Jastip Sukses - Menggunakan Layanan Pengiriman Terpercaya

Memilih layanan pengiriman terpercaya sangat diperlukan bagi pelaku bisnis jastip. Apalagi jika barang titipan tersebut berasal dari luar negeri, tentunya kamu akan kesulitan jika menggunakan layanan yang kurang baik sehingga beresiko tinggi bagi barang jualanmu. Untuk menghindari hal tersebut pastikan gunakan layanan pengiriman yang aman dan terpercaya. Anteraja bisa jadi solusi untukmu yang mencari pengiriman terpercaya. Banyak dipercaya oleh banyak bisnis termasuk jastip, Anteraja juga memiliki banyak keuntangan lain seperti fitur cek resi dan cek ongkir. Paketmu juga bisa cepat sampai dengan layanan Next Day

(Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Usaha)

7. Memberikan Pelayanan Terbaik

Tips dan Cara Menjadi Jastip Sukses - Memberikan Pelayanan Terbaik

Bagi setiap bisnis baik produk maupun jasa, memberikan pelayanan terbaik adalah sebuah kunci keberhasilan. Hal ini tentu berlaku juga untuk bisnis jastip, dimana pelakunya diamanahkan untuk membeli sebuah barang yang diinginkan konsumen. Pastikan kamu menjawab pesan konsumen dengan respon yang cepat dan ramah serta siap dihubungi ketika konsumen mengalami kendala maupun melakukan cancel dalam pesanannya.

Intinya, untuk menjadi jastip sukses, kamu harus dapat dipercaya dan mau mengeksplorasi barang-barang potensial untuk dimasukan kedalam katalog tokomu. Selain itu, kamu juga dituntut untuk selalu aktif di sosial media dalam memasarkan produk dan tentu saja memberikan pelayanan terbaik, sehingga konsumen puas dan melakukan repeat order.

Nah, itulah penjelasan mengenai bisnis jastip dan bagaimana cara melakukannya. Semoga bisa membantu untuk memulai bisnis jastip ya, selamat mencoba!