Cara-Cara Menjual Barang Bekas Agar Cepat Laku
Update Aja

Cara-Cara Menjual Barang Bekas Agar Cepat Laku

Barang-barang nggak terpakai udah numpuk di rumah. Ingin sih dijual, tapi bingung dijual di mana. Kalau disimpan doang, lama-lama malah rusak. Lagipula jual barang bekas secara online aman nggak ya? Apalagi belum cukup pengalaman dan masih banyak penipuan. 

Nggak perlu galau, pasti banyak kok yang menginginkan barang-barang kamu, apalagi harganya bisa lebih miring dibandingkan harga baru. Jangan lupa juga jualnya di media jual yang terpercaya, pasti terhindar dari penipuan. Coba deh kamu ikutin cara-cara menjual barang bekas di bawah ini, siapa tau barang-barang bekas kamu yang udah numpuk bisa terjual semuanya. Yuk langsung simak!

Tips Menjual Barang Second Supaya Cepat Laku

1. Lihat Dulu Apakah Barang kamu Masih Ada Demand di Pasaran

Cara-Cara Menjual Barang Bekas Agar Cepat Laku - Lihat Dulu Apakah Barang Kamu Masih Ada Demand di Pasaran

Sebelum kamu menjual barang bekas kamu, cek terlebih dahulu demand atau permintaan dari barang kamu di pasaran. Kamu perlu melihat platform jual beli di internet. Jika barang bekas yang sama dengan barang kamu banak dijual di platform tersebut, berarti barang kamu masih banak diminati oleh orang-orang. Jadi langsung saja untuk iklankan barang bekas yang ingin kamu jual, sebelum makin banyak orang yang menjual barang yang sama dengan kamu.

2. Temukan Media Jual yang Tepat

Cara-Cara Menjual Barang Bekas Agar Cepat Laku - Temuka Media Jual yang Tepat

Sudah banyak media untuk menjual barang bekas di internet, seperti OLX, Carousell, dan Facebook. Media-media tersebut menyediakan layanan untuk kamu menjual barang sendiri tanpa pihak penengah, jadi kamu bisa langsung mengiklankan barang-barang jualan kamu dan langsung berkomunikasi dengan calon pembeli. Nah sekarang ini ada sistem transaksi jual beli barang bekas yang dinamakan consign, sistem consign ini adalah sistem menyediakan penitipan untuk barang yang ingin kamu jual. Jadi mereka yang menghubungkan antara kamu dengan calon pembeli, sehingga kamu tidak bisa langsung berkomunikasi dengan calon pembeli. Bagi sebagian orang, sistem consign cukup menarik karena tidak merepotkan penjual yang harus mencari dan berkomunikasi dengan calon pembeli, walaupun pada sistem consign ada biaya jasa yang harus dibayarkan.

3. Sertakan Foto Asli Dari Berbagai Sudut

Cara-Cara Menjual Barang Bekas Agar Cepat Laku - Sertakan Foto Asli dari Berbagai Sudut

Membeli barang bekas tidak semudah seperti membeli barang baru, apalagi barang tersebut dijual secara online. Maka kamu sebagai penjual harus memberikan foto yang jelas dari berbagai sudut untuk memberikan banyak informasi kepada calon pembeli yang ingin membeli barang kamu. Berikan pengalaman yang memuaskan calon pembeli seperti ketika melihat barang di toko dengan menyuguhkan foto-foto barang yang detail dari segala sudut. Foto yang lengkap juga meyakinkan calon pembeli terhadap barang yang kamu jual, sehingga mereka tidak perlu pikir panjang untuk membeli barang kamu.

4. Beri Harga yang Sesuai Dengan Kondisi Barang

Cara-Cara Menjual Barang Bekas Agar Cepat Laku - Beri Harga Sesuai Kondisi Barang

Nah sebelum kamu menentukan harga untuk barang bekas yang kamu jual, kamu perlu mengecek harga pasaran dari barang kamu. Misalnya kamu ingin menjual handphone, carilah merk handphone yang sama dengan yang kamu jual di media jual-beli dan carilah harga tertinggi dan terendahnya. Apabila kamu memberikan harga di bawah pasaran, maka barang kamu pasti akan cepat terjual, namun akan mengurangi keuntungan kamu. Untuk itu pastikan harga yang kamu tentukan sepadan dengan barang yang kamu tawarkan. Biasanya orang lebih memilih barang bekas yang masih bagus dan lengkap namun memiliki harga yang lebih tinggi, bukan sebaliknya.

5. Beri Deskripsi yang Jelas

Cara-Cara Menjual Barang Bekas Agar Cepat Laku - Beri Deskripsi yang Jelas

Deskripsi yang jelas akan memudahkan calon pembeli untuk mengerti terhadap barang yang kamu tawarkan. Sama seperti foto yang jelas, deskripsi yang jelas juga akan meyakinkan calon pembeli dan tidak perlu pikir panjang untuk membeli barang kamu. Alasan kamu menjual barang juga perlu dituliskan di deskripsi, karena biasanya calon pembeli akan menanyakan hal itu. Jelaskan juga status garansi dari barang yang kamu jual, jika garansi resmi sudah habis, kamu bisa memberikan garansi personal beberapa hari untuk meyakinkan calon pembeli supaya bisa melakukan retur atau tukar barang jika barang tersebut rusak.

6. Perbolehkan Nego

Cara-Cara Menjual Barang Bekas Agar Cepat Laku - Perbolehkan Nego

Dalam transaksi jual-beli, negosiasi sudah menjadi hal biasa. Untuk itu perbolehkan calon pembeli kamu untuk melakukan negosiasi. Jika kamu tidak ingin harga barang yang kamu jual turun terlalu jauh, berilah embel-embel “nego tipis” pada deskripsi barang kamu. Biasanya sekedar nego ongkos kirim sudah memuaskan calon pembeli. Nah kamu jangan khawatir jika harus membayar ongkos kirim. Soalnya kalau kamu kirimnya pakai Anteraja, kamu jadi nggak perlu mengeluarkan uang banyak-banyak! Kamu cuma perlu uang Rp. 10.000 aja untuk nikmati layanan Anteraja! Pengen sehari sampai? Tinggal tambah Rp. 3.000 lagi, kamu udah bisa gunakan layanan Next Day! Nggak mahal kan? Yuk langsung cek ongkir untuk buktikan murahnya layanan Anteraja. Jangan lupa juga ada fitur cek resi untuk kamu, supaya kamu selalu bisa lacak paket kamu hingga ke seluruh wilayah!

Gimana, udah paham kan cara-cara menjual barang bekas kamu yang sudah nggak kepakai? Biar nggak numpuk di rumah, yuk langsung jual aja barangnya, daripada disimpan terus malah rusak! Ikutin aja cara-cara di atas, supaya barang kamu cepat laku. Jangan lupa untuk selalu teliti dalam melakukan jual-beli online, supaya terhindar dari penipuan. Jika memungkinkan, jual barang kamu ke orang terdekat yang kamu kenali, supaya kamu tidak perlu khawatir. Selamat mencoba!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *