tips cara merakit komputer
InTips Aja

Manfaat Yang Didapat Jika Mengetahui Cara Merakit PC

Halo hepizen! Meskipun banyak anggapan personal computer (PC) sudah banyak oleh ditinggalkan. Namun, bagi sebagian orang perakitan komputer adalah sebuah hobi. Dengan kata lain, banyak jenis laptop yang memiliki spesifikasi dan dimensi yang lebih unik dan simple sehingga mudah dibawa-bawa. Cara merakit PC pun terlihat sangat rumit, ada banyak komponen yang menyertai. 

Namun sebenarnya merakit PC bukanlah hal yang sulit. Kamu dapat mempelajarinya melalui internet. Beragam artikel dan tutorial video dapat menjadi contoh merakit PC yang baik dan benar. 

Keuntungan Yang Didapat Jika Merakit PC

Sebelum masuk lebih jauh ke tutorial cara merakit PC, sebaiknya kamu mengetahui apa saja kelebihan yang didapatkan. Diantaranya adalah : 

Daya Tahan Yang Lebih Lama

Daya tahan pemakaian yang lebih lama menjadi kekuatan utama yang kamu dapatkan jika merakit PC. Ini dapat terjadi karena, PC memiliki hardware yang terpisah antara layar dan CPU. Jadi pemakaian daya listrik juga bisa terserap secara merata. Bandingkan dengan sebuah laptop yang hanya bertumpu di satu tempat saja, ruang penyimpanan yang sempit membuat laptop lebih rentan terhadap kerusakan. 

Cocok Untuk Kebutuhan Pro (Gaming ataupun Editing)

merakit PC dapat menyesuaikan kebutuhan seperto gaming dan editing

Seperti yang kita ketahui kebutuhan akan komputer canggih semakin tinggi. Banyaknya orang yang memainkan game berbasis online serta komunitas yang menjamur dimana-mana membuat industri ini tumbuh subur. Begitupun untuk keperluan editing video ataupun foto, perangkat fotografi ataupun desain yang semakin canggih membuat kualitas foto yang semakin tinggi. Oleh sebab itu kebutuhan akan perangkat komputer wajib memiliki high spesification. Dengan merakit PC sendiri, kamu dapat menentukan perangkat yang dibutuhkan. Sesuai dengan penggunaan nantinya. 

Meskipun sekarang banyak laptop dengan spesifikasi tinggi, namun tidak jarang harganya juga cukup tinggi jika dibandingkan dengan biaya yang dibutuhkan untuk merakit sebuah komputer. Tak jarang orang yang memiliki budget terbatas, namun memiliki fungsi kebutuhan komputer yang lumayan canggih akan lebih memilih untuk merakit komputer dibandingkan dengan.

Lebih Mudah Untuk Diganti

Dengan CPU nya yang mudah dibongkar-pasang, ini adalah keuntungan buat kamu yang hobby meng-upgrade komputer dengan hardware yang lebih bagus. Karena teknologi komputer semakin berkembang di kemudian hari, kamu tidak perlu mengganti laptop setiap ada komponen perangkat baru seperti VGA Card (kartu grafis), Processor terbaru ataupun ukuran RAM yang lebih besar. 

Harga Relatif Lebih Murah

merakit komputer jauh lebih murah

Ini merupakan salah satu keuntungan yang didapatkan jika dapat merakit komputer sendiri. Dengan membeli satu per satu komponen komputer yang dijalankan, kamu dapat melakukan perincian biaya yang akan dikeluarkan. Jika memiliki budget yang tidak terlalu besar, maka dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan apakah ada beberapa komponen yang tidak terlalu tinggi spesifikasinya namun tetap memadai untuk keperluan. 

Pertimbangan hardware seperti RAM dan prosesor menjadi faktor penting. Mengingat kedua komponen tersebut merupakan otak dan memori setiap perangkat komputer. Semakin tinggi spesifikasinya, maka semakin mahal. Oleh sebab itu selalu sesuaikan kebutuhan dengan dana yang dimiliki. 

Dapat Dicicil Sesuai Kemampuan

Salah satu kelebihannya lainnya adalah, kamu dapat “mencicil” perangkat-perangkat keras yang dibutuhkan untuk membuat sebuah komputer. Dengan kata lain menabung untuk satu ataupun membeli komponen secara bertahap, sehingga tidak memberatkan untuk langsung membeli jadi sebuah PC yang sudah jadi ataupun laptop.

Mengetahui Harga Dasar Merakit PC

Selain lebih murah, kamu dapat melakukan perbandingan harga software dan hardware yang akan digunakan. Jadi kamu punya banyak waktu untuk dapat memilih jenis dan harga mana yang paling bersaing untuk dapat dijadikan sebuah PC.

Melihat Peluang Bisnis

merakit pc sendiri dapat menjadi peluang bisnis

Jika merakit PC adalah hobi kamu, mungkin dengan banyaknya pengalaman yang kamu miliki sebagai perakit PC. Ini dapat menjadi peluang bisnis di kemudian hari, dengan begitu kamu dapat menjalani hobi sekaligus menjalankan bisnis dan memiliki penghasilan dari hobi yang dijalani. Sangat menarik bukan?

Kesimpulan

Dengan berbagai macam pertimbangan yang dilakukan diatas, memilih merakit pc memberikan banyak manfaat bagi kamu. Selain lebih awet dan ekonomis, jika kamu memahami cara merakit PC yang baik dan benar, bukan tidak mungkin ini merupakan peluang bisnis yang bisa kamu tekuni nantinya.

Untuk supply barang yang dibutuhkan, kamu dapat mencarinya di berbagai macam toko elektronik. Baik di pertokoan ataupun di online shop atau e-commerce. Sekarang banyak pedagang perangkat elektronik serta komponen hardware ataupun software berjualan di toko online. Untuk pengiriman paket yang prima, dapat mengandalkan Anteraja sebagai layanan pengiriman komponen hardware komputer kamu, pakai Anteraja #pastibawahepi!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *