Cara Packing Buku yang Baik dan Benar

Cara Packing Buku yang Baik dan Benar

Masih banyak orang-orang yang mencari buku sebagai bahan bacaan untuk belajar atau hiburan, apalagi sekarang buku sudah banyak dijual secara online di marketplace, semakin memudahkan orang-orang yang malas datang ke toko buku. Siapapun nggak ada yang mau jika buku yang sudah mereka pesan datang dalam keadaan rusak, apalagi buku yang dipesan memiliki harga yang cukup mahal. Makanya packing buku sangat penting supaya hal-hal tadi tidak terjadi.

Walaupun buku terlihat seperti barang kecil yang kuat, namun ternyata buku perlu perhatian lebih ketika ingin melakukan packing untuk dikirim. Nah supaya kamu nggak mengecewakan orang yang menerima buku yang kamu kirim, kamu perlu memperhatikan 4 cara packing buku yang baik dan benar di bawah ini. Yuk langsung simak!

Cara Packing Paket Buku

1. Kemas Buku Dengan Plastik

Cara Packing Buku yang Baik dan Benar - Kemas Buku dengan Plastik

Buku merupakan barang yang mudah rusak jika terkena air, maka kamu harus melakukan pengemasan yang baik pada lapisan pertama. Kamu bisa menggunakan plastik untuk melindungi buku kamu supaya tidak kotor dan terkena air, pastikan plastik yang kamu gunakan tertutup dengan rapat dan tidak ada kebocoran. Untuk perlindungan dari kelembaban, bungkus buku dengan plastik dengan ukuran yang pas. Pertimbangkan untuk menyisakan udara di dalam untuk bantalan ekstra. 

2. Gunakan Bubble Wrap

Cara Packing Buku yang Baik dan Benar - Gunakan Bubble Wrap

Supaya buku kamu tidak penyok akibat terhimpit ketika pengiriman, tambahkan bubble wrap pada buku kamu sebagai lapisan kedua setelah plastik. Jangan pelit untuk menambahkan bubble wrap, karena bubble wrap memiliki harga yang sangat murah. Bungkus buku yang tebal dengan menggunakan bubble wrap, karena bubble wrap akan menahan buku dari himpitan dan benturan ketika proses pengiriman

3. Gunakan Kardus yang Pas Agar Tidak Terkena Volume

Cara Packing Buku yang Baik dan Benar - Gunakan Kardus yang Pas Agar Tidak Terkena Volume

Gunakan kardus yang pas untuk diisi buku dan beberapa bahan untuk melindungi buku, jangan gunakan kardus terlalu besar supaya kamu tidak dikenai ongkos kirim tambahan ketika pengiriman akibat volume yang besar. Kamu bisa menambahkan gumpalan kertas koran, plastik, atau kantong udara di dalam kardus untuk menambah perlindungan dari buku yang kamu kirim. Setelah itu, pastikan kamu menyegel kardus dengan rapat, sehingga tidak ada bagian terbuka yang berpotensi merobek sisi kardus ketika terhimpit. 

4. Gunakan Packing Kayu Jika Perlu

Cara Packing Buku yang Baik dan Benar - Gunakan Packing Kayu Jika Perlu

Packing kayu akan menambah perlindungan ekstra terhadap buku yang kamu kirim, apalagi buku yang kamu kirim memiliki harga yang cukup mahal. Penerima buku akan sangat senang apabila buku yang ia pesan sampai dengan selamat tanpa ada kerusakan. Sangat perlu dipertimbangkan untuk menggunakan packing kayu walau akan menambah ongkos kirim karena volumenya yang besar. Kamu bisa mendiskusikannya dengan penerima untuk membayar ongkos kirim tambahan jika menggunakan packing kayu.


Udah tau kan gimana caranya packing buku yang baik dan benar? Kalau gitu tinggal kamu praktikan deh cara-cara tadi. Jangan sampai terlewat ya, supaya buku yang kamu kirim tetap aman sampai ke tangan penerima. Tapi nggak cukup dengan packing yang baik aja, layanan pengiriman juga harus bisa menjaga buku yang kamu kirim agar tidak rusak.

Kebetulan nih Anteraja bisa membantu dalam urusan pengiriman buku kamu, dijamin buku yang kamu kirim tidak rusak. Dan jangan takut ongkirnya mahal kalau menggunakan packing kayu, karena mulai dari 10.000 rupiah aja kamu bisa mengirim paket dengan berat hingga 1 kilogram! Nggak percaya? Cek ongkir aja yuk untuk buktikan murahnya pengiriman dengan Anteraja! Jangan lupa juga cek resi manfaatkan fitur tracking paket yang akan memudahkan kamu!