Cara Packing Kue Kering yang Baik dan Benar Agar Tidak Hancur
Update Aja

Cara Packing Kue Kering yang Baik dan Benar Agar Tidak Hancur

Cukup banyak masyarakat Indonesia yang sangat suka mengkonsumsi makanan kecil seperti kue kering, sehingga banyak sekali pedagang kue kering yang bertebaran di berbagai daerah. Apalagi di bulan puasa seperti ini yang membuat makanan kecil seperti kue kering sangat dicari untuk dinikmati saat berbuka puasa. Ketika menjelang lebaran, kue kering semakin mudah dijumpai dan didapati di setiap rumah-rumah. Karena berbagai jenis kue kering seperti nastar, putri salju, kaasstengels, dan sebagainya sudah menjadi snack khas ketika lebaran.

Nah pasti kamu sudah merencanakan untuk berjualan kue kering pada bulan puasa kali ini, atau juga kamu berencana ingin mengirim kue kering kepada sanak saudara di kampung halaman. Supaya kue kering yang kamu kirim bisa sampai tujuan dengan baik, maka kamu harus memberikan packing yang baik. Pasti nggak ingin kan kue kering yang kamu kirim rusak bahkan hancur ketika sampai ke tujuan? Makanya kamu harus mempelajari cara packing kue kering yang baik dan benar, agar sanak saudara atau pelanggan yang membeli kue kering kamu bisa menikmatinya. Kalau gitu kamu nggak boleh melewatkan artikel ini, soalnya Anteraja udah menyiapkan langkah-langkahnya secara lengkap. Yuk langsung kamu simak aja!

Cara Packing Kue Kering Supaya Aman Saat Pengiriman

1. Pilih Kotak Plastik atau Mika

Cara Packing Kue Kering yang Baik dan Benar Agar Tidak Hancur - Pilih Kotak Plastik atau Mika

Yang pertama, kamu harus memilih toples yang terbuat dari plastik atau mika, dibandingkan memilih toples yang terbuat dari kaca. Toples plastik pun juga memiliki harga yang murah, sehingga kamu bisa lebih menghemat biaya produksi dan bisa menjual kue kering dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari 2.000 rupiah per toples tergantung ukuran yang diperlukan. Sebetulnya toples yang terbuat dari plastik maupun kaca sama-sama memiliki risiko pecah yang tinggi, namun pecahan dari toples kaca lebih berisiko melukai orang. Nah kamu bisa menggunakan toples yang agak tebal dan berkualitas agar toples tidak mudah pecah ketika proses pengiriman.

(Baca juga: Cara packing paket makanan)

2. Lapisi Toples dengan Bubble Wrap Agar Lebih Aman

Cara Packing Kue Kering yang Baik dan Benar Agar Tidak Hancur - Lapisi Toples dengan Bubble Wrap Agar Lebih Aman

Sebelum memasukkannya ke dalam kardus, lapis toples satu per satu dengan bubble wrap terlebih dahulu. Langkah ini sangat penting untuk menghindari gesekan dan benturan antar toples dan dapat mengurangi risiko pecah. Jangan pelit untuk membeli bubble wrap yang banyak untuk melapisi toples supaya tebal, karena pelanggan kamu juga akan menilai dari packing yang kamu berikan. Berikan juga selotip pada tutup toples supaya tidak mudah terbuka. Jika kamu memberikan packing yang buruk dan kue yang dikirim pecah, maka reputasi kamu juga akan memburuk sehingga membuat orang-orang tidak ingin membeli di tempat kamu lagi.

(Baca juga: Cara packing barang pecah belah)

3. Susun Toples dengan Rapih

Cara Packing Kue Kering yang Baik dan Benar Agar Tidak Hancur - Susun Toples dengan Rapih

Setelah melapisi toples dengan bubble wrap, kerapian dalam menyusun toples juga sangat diperlukan untuk menghindari risiko pecah ketika proses pengiriman, karena toples akan saling bertumpuk yang dapat menyebabkan pecah akibat salah dalam melakukan penyusunan. Atur posisinya agar saling berdempet jika masih terlihat ada celah untung mengurangi risiko benturan antara satu dengan yang lainnya. Atau kamu juga bisa menyumpal celah-celah yang ada dengan gumpalan bubble wrap hingga toplesnya tidak bergerak sama sekali.

(Baca juga: Cara packing barang)

4. Susun Kue yang Paling Berat di Bawah

Cara Packing Kue Kering yang Baik dan Benar Agar Tidak Hancur - Susun Kue yang Paling Berat di Bawah

Sudah menjadi kewajiban untuk meletakkan toples kue yang paling berat di posisi bawah dan yang paling ringan di posisi atas. Makanya kamu harus menimbang satu persatu supaya bisa mengetahui beban dari masing-masing toples kue. Jangan terlalu banyak menumpuk toples kue ke atas, disarankan kamu hanya boleh menumpuk empat sampai lima toples kue. Jika lebih dari itu, tekanan pada toples kue paling bawah akan sangat tinggi yang dapat menimbulkan risiko pecah.

(Baca juga: Packing frozen food)

5. Gunakan Anteraja Sebagai Jasa Pengiriman Kamu

Cara Packing Kue Kering yang Baik dan Benar Agar Tidak Hancur - Gunakan Anteraja Sebagai Jasa Pengiriman Kamu

Kamu nggak perlu bingung untuk memilih layanan pengiriman yang tepat untuk mengirim kue jualan kamu, karena Anteraja siap menjadi partner kamu dalam urusan pengiriman ke berbagai wilayah yang akan kamu tuju. Selain itu, harga ongkir dari Anteraja juga ramah banget kok untuk kamu. Soalnya kamu bisa nikmati pengiriman Anteraja mulai dari 10.000 rupiah aja, murah banget kan? Anteraja juga menyediakan beberapa opsi pengiriman mulai dari Regular, Next Day, hingga Same Day yang bisa kamu manfaatkan sesuai kebutuhan. Untuk info lebih lanjutnya, kamu bisa langsung download aplikasi Anteraja di smartphone kamu. Di sana kamu bisa langsung cek ongkir untuk cari tau info soal opsi pengiriman dan harga ongkir ke tujuan kamu. Nggak hanya itu, kamu juga bisa cek resi untuk melacak setiap paket yang sedang kamu kirim. Sehingga kamu bisa selalu memantau posisi paket yang sedang dikirim supaya kamu makin merasa aman. Jadi nggak usah pikir panjang lagi deh untuk menentukan layanan pengiriman yang tepat. Dengan Anteraja, bisnis kamu bisa lebih mudah dan menyenangkan!

6. Minta Tanda Fragile/Barang Mudah Pecah

Cara Packing Kue Kering yang Baik dan Benar Agar Tidak Hancur - Minta Tanda Barang Fragile / Barang Mudah Pecah

Nah langkah ini juga sangat penting dan jangan sampai kamu lupakan, yaitu meminta tanda ‘fragile’ atau ‘barang mudah pecah’ kepada layanan pengiriman yang akan kamu gunakan. Sebelumnya kamu juga bisa memasang sticker fragile sendiri untuk berjaga-jaga, supaya layanan pengiriman mengetahui barang yang ingin kamu kirim adalah barang pecah belah. Kamu tidak bisa mengetahui kondisi barang yang kamu kirim ketika proses pengiriman, mungkin bisa saja terbanting atau tertekan hingga pecah. Jika kamu menggunakan Anteraja sebagai layanan pengiriman kamu, Anteraja menyediakan asuransi untuk melindungi barang yang kamu kirim apabila terjadi kerusakan atau kehilangan. Jadi langsung kamu manfaatkan aja layanan asuransinya agar kue yang kamu kirim selalu aman sampai tujuan.


Yuk langsung deh kamu terapkan cara-cara packing yang sudah dijelaskan tadi, biar kue kering yang kamu kirim aman selama proses pengiriman. Apalagi jika kamu akan mengirim dalam jumlah yang besar, jangan sampai kamu malah merugi karena tidak memberikan packing yang baik dan benar. Mumpung bulan puasa baru dimulai, langsung aja kamu siapkan barang-barang yang dibutuhkan untuk packing, supaya kamu sudah siap untuk mengirim kue kering menjelang lebaran nanti. Pokoknya ikuti langkah-langkahnya dan jangan kamu lewatkan satupun ya, selamat mencoba!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 + 12 =