13 Merk Catokan Rambut Yang Bagus & Terbaik, Ga Bikin Rusak Rambut!

Catok Rambut Terbaik

Rambut adalah mahkota wanita, begitu kata pepatah yang telah diyakini banyak wanita. Rambut yang terlihat rapi dan indah dapat meningkatkan kepercayaan diri wanita. Maka dari itu, tampilan rambut sangat penting bagi sebagian wanita. Karena tidak memungkinkan setiap hari ke salon, catokan menjadi penolong untuk menata rambut dengan mudah dan cepat.

Catokan rambut memiliki banyak fungsi dimana tujuan utamanya untuk menata rambut sesuai gaya yang diinginkan. Wanita biasanya menggunakan catokan untuk membuat rambut lurus atau ikal. Bagi mereka yang memiliki rambut cenderung tipis, catokan juga bisa dimanfaatkan untuk membuat volume rambut seolah-olah meningkat. Tidak hanya itu, catokan juga bisa menjadi jalan terakhir untuk rambut kusut setelah keramas. Biasanya, hair dryer saja tidak cukup menyelesaikan masalah ini.

Meski demikian, kamu perlu tahu kalau terlalu sering mencatok rambut juga dapat menyebabkan kerusakan rambut. Catokan rambut menghasilkan suhu panas sehingga rambut mudah diatur. Sayangnya, tidak semua catokan memiliki material (atau dikenal dengan plat) yang dapat menghasilkan panas dengan baik dan stabil, sehingga rambut menjadi kering atau bahkan mudah patah.

Lalu, seperti apa catokan yang baik dan aman untuk rambut? Simak tips di bawah ini sebelum mengetahui rekomendasi merk catokan terbaik saat ini.

Tips Memilih Catok Rambut

1. Kenali Material Plat Catokan

Seperti yang dijelaskan di atas, tidak semua catokan terbuat dari material yang dapat menghasilkan suhu panas dengan baik. Catokan rambut yang ada di pasaran saat ini biasanya terbuat dari material keramik, alumunium, titanium, atau tourmaline. Nah, di antara material tersebut, catokan dari alumunium biasanya dijual paling murah. Sayangnya, catokan ini memiliki potensi merusak rambut yang paling besar karena suhu panas yang dihasilkan cenderung sangat tinggi daripada material lainnya.

Sementara itu, plat yang dilapisi seperti keramik dan titanium diklaim lebih baik dalam menghasilkan suhu panas yang aman untuk rambut. Tapi tentu saja, kamu harus menyiapkan dana yang lebih besar untuk memiliki catokan dari material ini.

2. Pilih Catokan Sesuai Jenis Rambut

Catokan memiliki ukuran yang bervariasi. Ini ditujukan untuk rambut dengan jenis yang berbeda-beda pula. Bagi pemilik rambut normal atau lurus, ada baiknya menggunakan ukuran sedang, agar rambut tidak terlalu lama terpapar suhu panas dari catokan. Sedangkan untuk kondisi rambut keriting dan ikal, disarankan menggunakan catokan yang lebih besar, karena akan membutuhkan paparan suhu panas lebih lama.

Lantas bagaimana dengan rambut tipis? Apakah boleh dicatok? Jawabannya tentu saja boleh, tetapi kamu harus menggunakan catokan berukuran kecil untuk menghindari suhu panas mengenai kulit kepala. 

3. Kenali jenis catokan rambut

Banyak produsen catokan rambut kini memproduksi catokan bukan hanya berdasarkan material, tapi juga kegunaannya. Adapun jenis catokan rambut berdasarkan fungsinya antara lain catokan tipe standar, lebar, 2-in-1, dan masih banyak lagi.

Oh iya, kamu juga sebaiknya memilih catokan rambut yang sudah dilengkapi pengatur suhu. Dengan demikian, suhu panas yang dihantarkan ke rambut bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Itu tadi tips memilih catokan yang baik untuk rambut. Sesuai janji, berikut rekomendasi merk catokan terbaik untuk rambut, khusus buat kamu para wanita!

Rekomendasi Catok Rambut Terbaik

1. Revlon Perfect Straight 1” Flat Iron

Catok Rambut Terbaik

Siapa yang tidak tahu brand kecantikan satu ini? Revlon sudah dikenal di industri kecantikan dan salah satu produk catok rambut terbaiknya adalah Perfect Straight 1” Flat Iron. Dibanderol satu jutaan, catokan ini hadir dengan 30 pengaturan panas khusus yang memungkinkan untuk meminimalisir kerusakan pada rambut. Desain pegangannya pun memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam penggunaannya.

2. Takeda Steam Hair Straightener

Catok Rambut Terbaik

Berbeda dari catokan pada umumnya, produk dari Takeda ini menggunakan aliran uap yang dihasilkan untuk membantu melembabkan rambut secara keseluruhan. Oleh sebab itu, rambut yang ditata dengan catokan ini 50% akan lebih berkilau dibanding catokan lain.

3. Remington Straightener 200 – S1A100

Catok Rambut Terbaik

Walaupun dikenal dengan harganya yang selangit, namun tipe satu ini memiliki harga yang cukup terjangkau, yakni di bawah Rp500 ribuan. Berbahan keramik, plat pada catokan ini juga dapat dikunci lho. Suhu panas yang dihasilkan dapat mencapai 200 derajat celcius dalam waktu 30 detik. Namun catokan ini belum dilengkapi pengatur suhu.

4. Techno 2-in-1 Hair Straightener

Catok Rambut Terbaik

Rekomendasi selanjutnya jatuh kepada catokan dari brand Techno. Dirancang ramping dan compact, catokan ini paling cocok untuk meluruskan rambut dengan cepat. Selain itu, platnya juga menggunakan material keramik sehingga aman untuk rambut. Catokan juga bisa dipakai untuk mengeriting rambut dengan bentuk gerigi di sepanjang gagangnya.

5. Babyliss iPro 230 iCurl

Catok Rambut Terbaik

Merek Babyliss cukup populer di kalangan produk catokan rambut. Platnya dilapisi nano titanium ceramic, dijamin tidak akan merusak rambut. Pada produk satu ini, bagian punggungnya dilapisi pelat besi sehingga catokan mempunyai fungsi ganda, yakni meluruskan dan mengeritingkan rambut.

6. Philips KeraShine Straightener

Catok Rambut Terbaik

Lapisan plat pada catokan Philips ini mengandung keratin yang bagus untuk perawatan rambut. Berbeda dengan keramik, keratin berfungsi untuk mempertahankan kilau rambut dan mencegah rambut kusut. Berteknologi tinggi, catokan ini mempunyai fitur mati otomatis setelah 60 menit digunakan.

7. Elona Eclairre – Cordless Styling Iron

Catok Rambut Terbaik

Elona sangat cocok dibawa ke mana-mana karena desainnya yang portable dan wireless atau tanpa kabel. Catokan Elona menggunakan baterai, yang bisa kamu isi daya dengan charger listrik maupun powerbank. Plat pada catokan ini dilapisi titanium coating.

8. Panasonic Straight and Curl EH-HV10

Catok Rambut Terbaik

Catokan dari Panasonic ini memang didesain agar mudah dibawa ke mana-mana. Sebab, catokan ini dilengkapi pelindung gagang. Sementara dari segi performa, Panasonic Straight and Curl EH-HV10 dapat memberikan hasil yang tahan lama dan tidak merusak rambut karena platnya terbuat dari photo ceramic coating.

9. Sayota Hair Crimper – HC 28

Catok Rambut Terbaik

Satu hal penting yang mungkin kamu lupakan dari sebuah catokan rambut adalah daya listrik yang dibutuhkan. Untungnya, konsumsi daya listrik pada catokan dari Sayota ini terbilang hemat, karena hanya membutuhkan 40-45 watt. Platnya dilapisi tourmaline yang juga aman untuk rambut, serta LED display di gagang yang memudahkan kamu untuk mengecek suhu.

10. Philips HP8302 Selfi Straightener

Catok Rambut Terbaik

Catokan satu ini cocok banget buat kamu yang punya rambut pendek. Suhu maksimal yang dihasilkan 210 derajat celcius dan siap digunakan setelah 60 detik. Platnya tentu saja terbuat dari ceramic. Harganya pun dibanderol tidak terlalu tinggi, yakni sekitar Rp200 ribuan.

11. Xiaomi Yueli Mini Wireless Hair Straightener

Catok Rambut Terbaik

Bukan smartphone, tapi kali ini Xiaomi meluncurkan catokan pelurus rambut yang platnya terbuat dari ceramic. Sama seperti Elona, catokan rambut ini didesain portable dan wireless, sehingga bisa kamu pakai di manapun tanpa mengandalkan daya listrik. Catokan Xiaomi juga dilengkapi fitur MGH rapid heating technology yang dapat mempersingkat waktu pemanasan dan melindungi rambut dari panas berlebih. 

12. Elov Professional 8819 Perfect Precision Ready

Catok Rambut Terbaik

Elov Professional adalah solusi untuk tipe rambut tebal dan keriting. Sebab, ukuran platnya lebar dan suhunya bisa mencapai 230 derajat celcius. Produk ini juga sudah dilengkapi pengatur suhu, sehingga bisa menghindari overheating pada rambut maupun catokan.

13. Amara Hair Straightener

Catok Rambut Terbaik

Amara Hair Straightener memiliki bentuk catokan yang tidak biasa karena bagian luar gagangnya didesain bergerigi. Ini berfungsi untuk kamu yang ingin menghasilkan gaya rambut keriting. Suhu panasnya juga bisa mencapai 240 derajat Celcius, dengan plat yang terbuat dari tourmaline.

Lengkap sudah 13 rekomendasi catokan rambut terbaik. Dari daftar tersebut, ada yang sudah menarik hati dan dompet kamu belum? Jangan lupa ya, sesuaikan catokan dengan kebutuhan rambutmu! Kalau sudah, langsung aja cek ongkir, checkout dan pilih layanan pengiriman dari Anteraja! Dijamin, barang sampai dengan kilat dan selamat. Cek juga resinya secara berkala ya, biar kamu bisa tahu abang kurirnya sudah sampai mana.