11 Rekomendasi Kipas Laptop / Cooling Pad Terbaik & Awet

Cooling pad terbaik

Laptop kini menjadi perangkat yang fungsinya sangat kompleks untuk segala macam aktivitas, mulai dari kerja, kuliah, sekolah, hingga hiburan. Hampir setiap orang sekarang memilih menggunakan laptop daripada komputer atau PC. Selain bentuknya yang cocok untuk mobilitas, penggunaannya pun mudah daripada PC yang membutuhkan banyak perhatian khusus untuk monitor dan CPU-nya.

Namun, satu masalah yang sering terjadi pada laptop adalah overheating. Meskipun bisa  juga terjadi di PC, tapi dampaknya lebih berbahaya di laptop. Overheating biasanya akan mengurangi performa dari laptop itu sendiri. Oleh karena itu, pengguna yang sadar akan hal ini biasanya melengkapi laptop mereka dengan cooling pad atau kipas laptop yang diletakkan di bawahnya.

Cooling pad berfungsi untuk menstabilkan suhu laptop, sehingga menghindari terjadinya overheating. Penggunaan cooling pad juga dapat memperpanjang umur laptop kamu. Dewasa ini, sudah banyak produk cooling pad yang dijual di pasaran. Tapi sebelum membelinya, kamu wajib mengetahui hal-hal di bawah ini.

Tips Memilih Cooling Pad Terbaik

– Sesuaikan Ukuran Cooling Pad

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ukuran cooling pad. Pastikan kamu memilih ukuran cooling pad yang sesuai dengan ukuran laptop kamu. Tidak kebesaran, tidak juga kekecilan agar proses pendinginan dapat beroperasi secara maksimal.

– Sesuaikan Posisi Kipas

Banyak produsen cooling pad yang menghadirkan banyak kipas, tapi belum tentu itu efektif untuk laptopmu. Sebab, setiap laptop memiliki posisi saluran udara yang berbeda. Nah, kamu harus mencocokkan nih saluran udara di laptop dengan posisi kipas di cooling pad. Jangan sampai angin dari kipas tidak sampai ke saluran udara dan malah menjadi sia-sia.

– Fitur Pengatur Pendingin

Ketika kamu sedang berada di ruangan ber-AC, cooling pad sebenarnya tidak dibutuhkan semaksimal jika kamu berada di ruangan non-AC. Maka dari itu, cari produk yang memiliki fitur pengatur pendinginan, agar kekuatan kipasnya dapat diatur sesuai kebutuhan.

– Pilih Material Aluminium

Cooling pad dengan material alumunium dapat mengeluarkan panas dari laptop dengan cepat. Sebab, aluminium memiliki konduktivitas termal yang tinggi. Selain itu, produk dengan pola berjaring juga memberikan performa yang lebih efektif dan efisien dalam menstabilkan suhu laptop.

Yap, itu tadi tips apabila kamu ingin memilih cooling pad terbaik. Selanjutnya, kamu juga perlu tahu merk cooling pad terbaik untuk laptop kamu. Simak rekomendasinya di bawah ini.

Rekomendasi Merk Cooling Pad Terbaik 

1.   Deepcool Multi Core X8

Cooling pad terbaik

Cooling pad ini memiliki kipas dengan 4 arah pembuangan yang berbeda. Ini juga dilengkapi dengan tiga pengaturan, yaitu menyalakan dua kipas atas, dua kipas bawah, atau keempatnya, sehingga kamu bisa menghemat konsumsi daya.

2.   Cooler Master Notepal CMC3

Cooling pad yang berisik akan sangat mengganggu aktivitas. Untuk itu, Notepal CMC3 diklaim tidak akan mengganggu konsentrasi pengguna saat dipakai. Selain itu, produk ini juga memiliki anti slip sehingga laptop tidak mudah jatuh.

3.   Thermaltake Massive A22

Cooling pad terbaik

Produk ini didesain ergonomis dengan lubang di bagian atas sebagai pegangan apabila pengguna suka berpindah-pindah tempat. Kecepatan kipasnya mencapai 1800RPM, sehingga cocok untuk mendinginkan laptop gaming. Cooling pad juga dibuat dengan material aluminium yang dapat melepaskan panas dengan baik.

4.   Cooler Master SF-17

Cooling pad terbaik

Cooler Master memang mengeluarkan banyak produk cooling pad. Nah, yang satu ini mempunyai 4 port USB yang dapat dimanfaatkan untuk perangkat periferal lainnya. Uniknya, ketinggian dari cooling pad ini bisa diatur dan tidak perlu khawatir laptop jatuh atau mudah bergeser karena dilengkapi anti slip.

5.   Cooling Pad Havit HV-F2063A

Cooling pad terbaik

Terdapat 4 kipas berukuran 110 mm dalam cooling pad ini yang diklaim mampu memberikan aliran udara yang kuat tanpa kebisingan. Rotasi per menitnya mencapai 1.100 kali dan tentu saja efektif untuk mencegah overheating.

6.   Targus HD3 Gaming Chill Mat

Cooling pad terbaik

Sesuai namanya, cooling pad ini ditargetkan untuk laptop-laptop gaming. Kipas ditenagai oleh triple fan hydro dynamic untuk menjaga performa pendinginan tetap tangguh. Pengguna juga dapat mengatur tingkat putaran kipas hinga 3000RPM, sesuai kebutuhan.

7.   Cooler Master Notepal U3 Plus

Cooling pad terbaik

Jika kamu berbagi cooling pad dengan laptop yang berbeda, Cooler Master Notepal U3 Plus adalah solusinya. Sebab, kipas pada cooling pad ini dapat dipindah-pindah, menyesuaikan saluran udara yang ada di laptop. Dari segi desain, produk ini juga sangat stylish dengan balutan warna putih yang bersih dan permukaannya yang halus.

8.   Cooling Pad Remax RT-W02

Cooling pad terbaik

Berbeda dari cooling pad di atas, Remax RT-W02 mengusung konsep penyangga yang hanya dipasang di kedua sisi bawah laptop. Ini akan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik pada mesin laptop. Selain itu, bentuknya juga lebih kecil dan mudah dibawa ke mana-mana.

9.   Enermax TwisterOdio 16-CP008

Cooling pad terbaik

Enermax mengintegrasikan speaker DreamBass ke dalam cooling pad ini. Meski merupakan cooling pad, suara yang dihasilkan berkualitas karena speaker dilengkapi suara stereo yang kaya dan suara bass yang dalam. Permukaannya juga terbuat dari aluminium, sehingga dapat menstabilkan suhu laptop secara efisien..

10.   Cooling Pad Gaming Warwolf Crimson CW7

Cooling pad terbaik

Produk dari Warwolf tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Cooling pad ini mempunyai 4 kipas besar dengan lampu LED yang memberi tampilan lebih keren dan gahar. Kipas-kipasnya mampu menemani kamu para gamer yang biasa bermain berjam-jam.

11.   Cooling Pad Naju Ice Fan

Cooling pad terbaik

Meskipun terbuat dari plastik, namun Naju Ice Fan mempunyai lima kipas besar yang pasti dapat menjaga laptop kamu dari overheat. Selain itu, ada juga pengaturan kecepatan kipas dengan menyentuh bagian kontrol cooling pad.

Nah, itu dia 11 rekomendasi cooling pad terbaik untuk laptop kamu. Jangan tunggu baterai laptop rusak karena sering overheating ya. Sebaiknya kamu beli cooling pad ini dari sekarang dan gunakan layanan AnterAja! biar pengiriman lebih aman dan terjangkau.