9 Dot Bayi Yang Bagus Untuk Bayi, Lembut dan Terbaik di Tahun Ini

Menyusui merupakan hal wajib bagi setiap ibu baru. Namun biasanya karena masalah pekerjaan dan kegiatan lainnya, tak jarang seroang ibu tidak sempat untuk memberikan ASI kepada sang buah hati.

Jalan satu-satunya dalam memenuhi kebutuhan ASI dan nutrisi bayi, biasanya menggunakan media dot. Pastikan mommy memilih merek dot yang berkualitas, sehingga aman dan nyaman bagi bayi.

Perlu diperhatikan, kesalahan dalam memilih dot dapat menyebabkan sang buah hati mommy menolak untuk diberikan ASI melalui dot. Karenanya, jangan salah pilih ya mom. Sebaiknya mommy harus beli beberapa jenis dot bayi dan mencocokan kepada sang buah hati, apakah sesuai dan disenangi bayi ya mom.

Tips Memilih Dot

– Pilihlah bahan yang cocok seperti lates atau silikon

– Perhatikan kekuatan melekat dot, jika dot mudah dilepas disarankan jangan memilihnya, karena bayi bisa saja tersedak.

– Usahakan pilih dot dengan panjang minimal 3,75 cm untuk mencegah bayi tersedak

– Pilih dot yang memiliki lubang di bagian bawah dot yang memungkinkan terjadinya sirkulasi udara

– Beli dot yang berwarna mencolok agar mudah ditemukan saat jatuh

Rekomendasi Dot Bayi yang Bagus

1. Reliable Dot Botol Susu Bayi Peristaltic & Ortho

Sumber: Shopee

Memiliki desain garis-haris peristaltik, ini berfungsi untuk mencegah bayi tersedak, dan menyangga lidah bayi saat menyusui. Dot juga memiliki kelebihan dengan bahan ekstra lembut, super elastis, terdapat pula lubang udara yang memudahkan bayi menyedot susunya, bahkan sudah BPA Free.

Dot ini tersedia dalam tiga varian, Peristaltic Nipple (bentuk bulat ulir), Ortho Nipple (gepeng) dan (bulat biasa). Harga Rp5.500 – Rp10.000.

2. Huki Nipple Dot Silicone Reguler

Sumber: Lazada

Dot yang memiliki tiga pilihan ukuran seperti S, M, dan L ini dilengkapi dengan lubang udara pada bagian samping dot. Fungsinya, untuk mencegah dot mengempis dan menjaga kelancaran aliran air susu. Berbahan lembut serupa puting mommy, dot dengan lubang tersebut dapat mencegah bayi tersedak dan juga kembung. Bahannya terbuat dari liquid-silicone yang lebih elastis. Harga Rp5.500 – Rp8.500.

3. Dot Pigeon Peristaltic Nipple Slim Neck

Sumber: Blibli

Dot satu ini terbuat dari material rubber silikon yang sangat lembut dan BPA Free, dijamin aman untuk bayi. Pigeon Nipple Peristaltic juga menjamin berkurangnya udara yang masuk agar dapat bayi mudah menyedot susu selama proses menyusui, bentuk dot tersebut juga cukup lebar, sehingga membuat bayi terasa nyaman.

Desainnya yang menyerupai puting mommy, bertujuan agar bayi tidak mengalami bingung puting. Harga Rp9.625.

4. Philips Avent Natural Nipple

Sumber: Blibli

Merek dot yang cukup terkenal ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan menyusui sang buah hati mommy. Karena terbuat dari material yang lembut dan elastis, serta BPA Free, dot ini dijamin aman dan nyaman untuk buah hati mommy. Tersedia juga untuk bayi yang berusia mulai dari 0 bulan hinggga 6 bulan. Harga Rp54.000 – Rp79.000.

5. Mam Teat X New

Sumber: Shopee

Kelebihan dot Mam Teat X New dapat digunakan di semua merek botol yang punya ukuran sama. Dirancang dengan tekstur sangat lembut menyerupai puting mommy, mencegah sang buah hati tidak bingung puting.

Selain itu, dot ini juga Ortodontik yang sesuai dengan mulut bayi, dan tidak akan mengganggu perkembangan rahang serta gigi bayi mommy. Terdapat pula ukuran lubang yang berbeda cocok untuk berbagai macam cairan-flowrate. Perlu dicatat, dot ini hanya untuk bayi enam bulan ke atas ya mom. Harga Rp50.865.

6. Sweety Baby

Sumber: Lazada

Mendengar merek Sweety Baby tentu sudah tak asing lagi di telinga mommy bukan? Terkenal dengan produk popok bayi dan tissue basah, Sweety Baby juga memiliki produk dot yang aman untuk sang buah hati, loh!

Berbahan dasar copolyester import terbaik, dot ini sudah dipastikan higienis karena telah BPA Free. Jika mommy membelinya dengan satu paket, terdapat pula botol kaca yang dilengkapi dengan tutup anti-debu. Dijamin, mommy makin gak khawatir untuk memberi ASI kepada si kecil. Harga mulai dari Rp30.600.

7. Hegen Teat Dot Bayi

Sumber: Tokopedia

Didesain secara natural menyerupai puting mommy, Hegen memiliki tujuan agar bayi mudah untuk mengkombinasikan antara puting mommy dan dot menyusui. Berbahan dasar silikon super lembut, dot ini memiliki sistem ventilasi udara anti colic untuk mengurangi udara yang masuk. Sehingga melindungi bayi dari perut kembung.

Hegen Teat dot bayi ini memiliki varian produk, meliputi Extra Slow Flow (0 bulan), Slow Flow (1 bulan), Medium Flow (3 bulan), Fast Slow (6 bulan), Thick Feed (6 bulan). Harga Rp149.000.

8.  Mothercare Innosense

Sumber: Bukalapak

Terbuat dari material silikon lembut yang dapat meniru kelenturan dan gerakan puting mommy, dot Mothercare Innosense cocok untuk diberikan pada bayi berusia 6 bulan. Tidak hanya itu, dot ini juga dirancang khusus untuk mengalirkan ASI dengan cepat, guna mencegah kolik akibat udara yang berada dalam botol.

Dot ini juga tahan panas, jadi mommy tidak perlu khawatir jika ingin menghangatkan ASI di microwave, ya! Harga mulai dari Rp145.000.

9. Nuby Comfort

Sumber: Ubuy

Jika mommy ingin memilih dot ini, disarankan untuk bayi berusia 3 tahun ke atas ya mom. Dot Nuby Comfort juga dilengkapi dengan 360° Weighted Straw yang membuat bayi mudah menyusui dari berbagai sudut. Dot anti kolik ini memiliki tiga lubang di bagian atas, serta 8 lubang ventilasi tambahan di sepanjang pinggiran dot, yang memungkinkan sedikitnya udara yang masuk ke tubuh bayi. Harga Rp229.000.

Nah mommy, itu dia rekomendasi dot yang bagus untuk bayi mommy dari Anteraja, jangan lupa ya mom utamanya memilih dot yang aman dan sesuai untuk sang buah hati, agar mommy tidak khawatir. Eits, jangan lupa juga mom selalu andalkan pengiriman mommy dengan Antaraja, dijamin mommy gak ngecewain!