Filter aquarium terbaik
Update Aja

11 Rekomendasi Filter Aquarium Terbaik, Awet dan Berkualitas

Filter aquarium terbaik dibutuhkan untuk membersihkan air serta menjaga ekosistem. Dengan menggunakan filter berkualitas, ikan dan tanaman di dalamnya bisa tumbuh dan hidup dengan baik. Manfaat lain menggunakan filter adalah aquarium kamu jadi tidak perlu sering-sering dikuras atau diganti airnya.

Kalau kamu hobi memelihara ikan hias, pemilihan filter menjadi salah satu hal penting. Sebab beberapa ikan hias memerlukan sirkulasi air jernih yang stabil serta mengandung banyak oksigen. Namun filter aquarium sendiri ada beberapa tipe. Kamu pun harus tahu keunggulan masing-masing.

Tipe Filter Aquarium

Tipe Gantung

Filter aquarium tipe ini cocok buat kamu yang masih pemula. Filter tipe gantung punya daya saring yang tinggi dan juga perawatannya tidak terlalu rumit. Kalau sudah cukup lama dipakai, kamu juga bisa dengan mudah mengecek filternya. Perlu dipahami juga ukuran filter atas harus disesuaikan dengan ukuran tank.

Tipe Internal

Sesuai namanya, filter aquarium yang satu ini diletakkan di dalam tank. Pemasangannya tidak terlalu rumit sehingga masih cocok buat pemula. Selain itu filter tipe ini cocok buat aquarium yang berukuran kecil. 

Tipe Eksternal

Kalau tipe yang satu ini berlawanan dengan tipe internal, yakni di bagian luar tank. Nama lain dari filter ini adalah filter canister. Sistem penyaringannya yakni mekanik, biologis, dan kimiawi. Filter ini bisa digunakan untuk akuarium, termasuk aquascape dan juga kolam. Perawatannya biasanya dilakukan satu bulan sekali.

Tipe Undergravel

Buat kamu yang suka bereksperimen, mungkin filter tipe ini cocok dibikin di aquarium. Sistem penyaringan dari filter ini yaitu di bawah gravel atau batu-batuan. Filter ini dilengkapi dengan tabung untuk mengangkat air yang telah tersaring ke permukaan. Sistem penyaringan yang digunakan dalam filter ini adalah mekanik dan biologis. Filter ini sebaiknya dibersihkan setiap minggu. Selain itu karena menyerap air dari bawah, maka tidak disarankan untuk memberi tanaman air di sekitar filter ini.

Tipe Wet and Dry

Untuk tipe ini menggunakan dua filter yang berbeda yakni kering dan basah. Filter kering digunakan untuk menambah efektivitas filter biologi. Sedangkan area basar digunakan untuk menyaring langsung dari aquarium. Sistem penyaringan yang digunakan lengkap, mekanik, biologis, dan kimiawi. Filter ini cocok untuk akuarium air tawar dan juga air asin.

Rekomendasi Filter Aquarium Terbaik

Sudah tahu kan tipe-tipe filter yang bisa kamu pakai untuk aquarium. Sekarang saatnya menyimak rekomendasi filter aquarium terbaik di pasaran agar kamu tidak perlu bingung mencarinya. Anteraja sudah punya 11 daftarnya, nih!

1. Atman New External Filter AT-3335S

Sumber: Shopee

Tipe filter aquarium eksternal ini cocok dipakai untuk ukuran tank 40-80 cm. Atman New External Filter AT-3335S punya dua bagian penyaring sehingga filtrasinya bisa lebih optimal. Selain itu filter ini juga tidak mengeluarkan suara bising. Kamu bisa menggunakan filter ini untuk aquarium air tawar maupun air asin. Harga mulai Rp 800 ribuan.

2. Recent Aquarium Filter Cartridge

Sumber: Bukalapak

Filter mungil ini cocok buat aquarium berukuran kecil. Filter ini punya media penyaringan kimiawi dan biologis. Filter ini pun cocok sebagai tambahan filtrasi di aquarium besar. Karena kapasitasnya kecil kamu mungkin perlu sering membersihkannya. Harga Rp 17 ribuan.

3. Jebo External Bio-Chemical Filter 225

Sumber: Bukalapak

Salah satu merk filter aquarium terbaik ini punya filtrasi mekanis, biologis, dan kimiawi. Media penyaringnya yakni bio ceramic ring, arang atau karbon aktif, dan sponge filter. JEBO External Bio-Chemical Filter 225 dapat dipakai pada aquarium berukuran 30–60 cm (max 80 liter air). Filter ini termasuk yang punya suara senyap. Harga Rp 240 ribuan.

4. Resun Magi Internal Filter

Sumber: Rekomendasi Merk

Dilengkapi dengan karbon aktif dan busa hitam, filter ini diklaim mampu membersihkan aquarium dengan lebih efektif. Terdapat 3 jenis filtrasi di dalamnya sehingga dapat bekerja secara lebih optimal. Karena tipe gantung, filter ini pun dapat dengan mudah dibersihkan. Harga mulai Rp 90 ribuan.

5. Orca Undergravel Filter 75

Sumber: Shopee

Filter ini dapat digunakan untuk aquarium berukuran 75 cm. Filtrasi biologis dan mekanis yang dihasilkan filter ini memberi sirkulasi air bersih dan oksigen secara merata. Buat kamu yang tak ingin keindahan aquascape terganggu, maka filter jenis undergravel ini cocok dipakai. Harga Rp 40 ribuan.

6. Armada Aquarium Top Filter

Sumber: Shopee

Filter Armada Aquarium Top Filter cocok untuk tank berukuran sedang. Filter ini didesain agar tidak mudah meluap ketika kapas penyaring sudah kotor. Ini karena di dalamnya terdapat partisi air sehingga kapas tidak cepat kotor. Harga Rp 53 ribuan.

7. Amara Aquarium Hanging Filter

Sumber: Tokopedia

Filter ini cocok untuk aquarium mini berukuran 30-40 cm. Selain itu filter ini lebih baik digunakan pada akuarium yang tidak memiliki bingkai. Dengan tutup transparan, kamu bisa melihat keadaan kapas penyaring jika sudah kotor. Efek seperti air terjun yang dihasilkan dari filter ini akan menambah nilai estetik aquarium kamu. Harga Rp 45 ribu.

8. Crown Bio Foam Crown 58

Sumber: Blibli

Crown Bio Foam Crown 58 merupakan filter yang cocok untuk pemula dengan ukuran tank mini. Filter cukup mudah dipasangkan. Termasuk ke dalam tipe filter internal, kamu tinggal mencelupkannya ke dalam aquarium. Crown Bio Foam Crown 58 sudah dilengkapi busa penyaring sehingga filtrasinya jadi lebih optimal. Harganya juga terbilang murah, yakni Rp 26 ribuan.

9. Canister Marineland C360

Sumber: Rekomendasi Merk

Kalau yang satu ini merupakan filter aquarium yang terbilang premium. Ukurannya besar dan terdiri dari beberapa ruang penyaringan dengan material beragam. Filtrasi air pun jadi maksimal dan bersih. Karena ukurannya yang besar, filter harus ditempatkan di luar aquarium. Harga Rp 1,4 jutaan.

10. Yang YP-06 Aqua Friends

Sumber: Shopee

Satu lagi filter aquarium untuk ukuran tank yang tidak terlalu besar. Yang YP-06 Aqua Friends punya daya listrik yang rendah hanya 3 watt. Namun untuk filtrasinya terbilang baik karena mampu menyaring 250 liter per jamnya. Harga Rp 40 ribuan.

11. Eheim Universal Pump 1200

Sumber: Amazon 

Merk asal Jerman ini punya material yang baik dan bisa dipasang di luar maupun di dalam aquarium. Untuk membersihkan air dalam aquarium berukuran sedang, Eheim Universal Pump 1200 hanya butuh daya listrik 28 watt. Filter ini juga punya prefilter untuk mencegah kotoran masuk ke dalam impeller. Harga Rp 2 jutaan.

Itu dia rekomendasi filter aquarium terbaik yang bisa kamu pilih. Mumpun masih sering di rumah, kamu bisa mencoba hobi baru dengan membuat aquascape di rumah. Selain bisa memberi ketenangan, memelihara ikan dalam aquascape bisa mempercantik ruangan rumah kamu.

Sudah punya pilihan merk filter aquarium? Kalau sudah, jangan lupa segera di-check-out nanti keburu kehabisan. Kamu bisa mendapatkan beragam filter aquarium tersebut di e-commerce kesayangan kamu, ya! Namun juga lupa untuk pengantarannya pilih Anteraja yang sudah menjangkau pengiriman ke seluruh Indonesia. Kamu juga bisa pilih beragam layanan mulai dari Same Day, Next Day, dan Reguler. 

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *