11 Rekomendasi Food Processor yang Bagus, Terbaik dan Awet

food processor yang bagus

Food processor merupakan sebuah alat dapur serbaguna yang dapat memudahkan proses memasak. Alat ini memiliki banyak kemampuan, mulai dari memotong, memarut, menguleni,  hingga menggiling. Semua menu bisa kamu buat dalam waktu singkat berkat food processor ini.

Sama-sama bisa menghaluskan makanan, namun food processor berbeda dengan blender. Apabila blender ditujukan untuk menghaluskan bahan-bahan yang mengandung air, food processor bisa menghaluskannya tanpa membutuhkan air ataupun cairan apapun. Alat ini mampu menghancurkan bahan makanan yang lebih padat dan kering daripada blender.

Selain itu, food processor juga memiliki cara kerja yang sama dengan food chopper. Hanya saja, food chopper dirancang lebih ringkas dan berfokus pada satu fungsi yakni memotong. Dengan kata lain, food processor adalah alat dapur multifungsi, perpaduan blender, food chopper, dan mixer.

Di pasaran, sudah banyak ditemukan food processor dari berbagai merek. Hal ini pasti membuat kamu kebingungan merek mana yang bagus, baik, dan awet selama pemakaiannya. Maka dari itu, simak rekomendasi merk food processor yang bagus, setelah panduan memilih food processor di bawah ini.

Cara Memilih Food Processor yang Bagus

1. Pilih Sesuai Kebutuhan

Kamu bisa menemukan food processor dari ukuran besar, kecil, sedang, mata pisau tiga atau bahkan lima, atau fungsi yang beraneka ragam. Nah, semuanya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kamu punya. 

2. Ketahui Fungsi dan Sksesori yang Dimiliki

Seperti yang disebutkan di atas, food processor merupakan peralatan dapur yang serbaguna. Untuk memilih food processor yang sesuai kebutuhan, kamu harus tahu apa-apa saja fungsi dari fitur serta aksesoris yang ditawarkan. Kamu harus bisa membedakan mana pisau untuk memotong, memarut, menghaluskan, hingga mengaduk adonan.

3. Periksa Keamanan yang Ditawarkan

Beberapa food processor memiliki teknologi keamanan, seperti tidak bisa beroperasi apabila belum ditutup dengan sempurna, fitur double lock, serta fitur yang dapat menghindari terjadinya overheating. Produk dengan deretan fitur tersebut sangat direkomendasikan. Tapi, kamu harus menyiapkan budget lebih.

Food Processor Yang Bagus dan Terbaik

1. Panasonic Gobel MK-F800SSR

food processor yang bagus

Food processor merk Panasonic ini dilengkapi tombol layar sentuh serta pemrograman otomatis yang memberikan hasil layaknya profesional. Ditambah lagi, terdapat 12 aksesori, kapasitas super besar 2,5 liter, serta 33 fungsi, seperti mengaduk, menghaluskan, menggiling, menguleni, mencincang, mengiris, memarut, blender, dan juicer. Konsumsi listrik untuk alat ini adalah 1.000 watt.

2. Russel Hobbs Compact Home Food Processor

food processor yang bagus

Food processor dari Russel Hobbs ini didesain sangat compact dan minimalis. Food processor ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang memiliki dapur tidak terlalu besar. Selain itu, alat ini memiliki kapasitas 1,9 liter, dengan fungsi mengiris, mencincang, menghaluskan, memarut, dan mengaduk. Konsumsi listrik yang dibutuhkan adalah 500 watt.

3. Kenwood FDM307SS Food Processor

food processor yang bagus

Kenwood melengkapi food processor-nya dengan mata pisau berupa stainless steel. Ini memungkinkan pisau awet dan tahan lama karena tidak mudah berkarat. Wadahnya berkapasitas 2,1 liter, dengan teknologi penggerak in-bowl, sehingga pencampuran dalam jumlah besar dapat lebih merata. Kenwood FDM307SS membutuhkan daya listrik 800 watt.

4. Vienta Flexie Food Processor

food processor yang bagus

Menggunakan food processor Vienta Flexie tidak perlu takut terjadi overheating. Sebab, alat ini dilengkapi teknologi overheat motor protector  di mana mesin akan mati secara otomatis untuk mendinginkan diri. Untuk menambah keamanan, mesin juga tidak akan beroperasi apabila jug atau grinder cup belum tertutup rapat. Food processor Vienta menawarkan 11 fungsi pemakaian.

5. BOLDe Super Processor OLYMPUS

food processor yang bagus

Suara bising khas mesin food processor tidak akan terdengar dengan BOLDe Super Processor OLYMPUS. Sebab, alat ini dilengkapi teknologi Double Eco Friendly Air Flow yang dapat meminimalitis suara mesin. Produk ini berkapasitas 1,7 liter dengan fungsi menggiling, memarut, mengaduk, menghaluskan, serta juicer.

6. Oxone Jumbo Food Processor

food processor yang bagus

Seperti namanya, produk ini memiliki kapasitas yang besar, yakni 3,5 liter. Ini mungkin cocok untuk kamu yang suka masak besar atau kegunaan professional seperti di restoran. Selain wadah yang besar, Oxone Jumbo juga mempunyai feeding tube yang lebar. Dengan demikian, kamu tidak perlu memotong makanan yang berukuran besar agar bisa masuk tabung tersebut.

7. Philips Daily Collection Food Processor

food processor yang bagus

Philips Daily Collection unggul dalam hal menghaluskan dan mencacah makanan berkat tekonlogi PowerChop-nya. Jadi, jika kamu memerlukan food processor untuk membuat mpasi, produk sangat rekomen. Tanpa adanya inner shaft atau poros yang biasanya ada di dalam jug, tidak perlu khawatir makanan bocor dari tengah wadah saat diolah. Food processor ini membutuhkan daya listrik 600 watt.

8. Philips HR-7627 Food Processor

food processor yang bagus

Masih dari merk Philips, seri HR-7627 dilengkapi 5 jenis pisau berbahan baja yang tajam, kuat, dan anti karat. Kapasitas wadah 2 liter dengan kemampuan tampung air hingga 1,75 liter. Kamu bisa menyesuaikan kecepatan pada produk ini, sesuai hidangan yang ingin dibuat.

9. Baby Safe Smart Baby Food Processor

food processor yang bagus

Food processor satu ini dikhususkan untuk membuat makanan khusus bayi, dengan kemampuan membuat olahan lembut seperti smoothies. Teknologinya memberikan keamanan lebih, di mana mesin tidak akan beroperasi apabila tutupnya tidak terpasang dengan sempurna. Ada juga fitur double safety lock yang memperkecil resiko kecelakaan akibat malfungsi.

10. Mitochiba Magic Chopper

food processor yang bagus

Food processor dari Mitochiba ini punya fungsi khusus yakni menghaluskan daging lebih cepat, berkat triple blade yang dimiliki. Produk juga dilengkapi dua tingkap kecepatan yang bisa disesuaikan. Tidak hanya menghaluskan, produk ini juga berfungsi untuk menggiling, menumbuk, mengocok, dan membuat adonan.

11. Cosmos Food Processor 1.2 L

food processor yang bagus

Tanpa perlu mengeluarkan kocek yang banyak, kamu bisa menggiling dan menghaluskan makanan dengan satu alat ini. Produk juga dilengkapi empat mata pisau yang dapat mempercepat proses penghalusan. Bentuknya juga sangan simpel, tanpa banyak aksesori yang diberikan. Food processor ini mungkin cocok buat kamu yang tinggal sendiri atau dengan sedikit anggota keluarga.