16 Franchise Makanan Terlaris Yang Paling Disukai di Indonesia

Makanan merupakan pilihan yang menjanjikan untuk dijadikan sebuah bisnis, karena tentu saja makanan adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh kita. Namun, tak mudah untuk membuat sebuah branding dari makanan itu sendiri. Belum tentu apa yang ditawarkan dapat menarik minat orang lain. Eits, jangan putus asa dulu ya! Karena ada pilihan yang lebih praktis dan dijamin laris manis, salah satunya dengan menjalankan bisnis makanan yang sudah terkenal di masyarakat.

Dijuluki bisnis franchise, di sini kamu hanya tinggal membeli lisensi franchise yang kamu inginkan dari franchisor (penyedia franchise). Dengan memilih bisnis franchise, tingkat kesulitan dalam bisnis pun juga berkurang, pasalnya kamu sudah tahu makanan apa yang akan kamu jual, dan siapa target konsumen kamu. Tetapi, tidak semua franchise bisa menguntungkan loh, jika kamu memilih brand makanan yang belum dikenal banyak orang. Untuk itu, simak berbagai tips bisnis franchise makanan terbaik 2022 serta daftar franchise makanan yang paling laris di Indonesia berikut ini!

Tips Melakukan Bisnis Franchise

1. Pilih Franchise Sesuai dengan Tujuan Bisnis Kamu

Banyak orang yang menjalankan bisnis untuk memperoleh keuntungan yang cukup banyak, karenanya mereka memilih bisnis franchise. Untuk itu, kamu juga harus memilih bisnis franchise yang sesuai dengan minat dan tujuan kamu. Dengan begitu, kamu akan memiliki kepercayaan diri dan motivasi tinggi dalam bekerja. Kamu juga akan merasa bahagia sehingga bisa menghasilkan kinerja yang maksimal.

2. Riset Franchise dan Peluangnya

Dengan menganalisa calon bisnis franchise, kamu bisa mengetahui seberapa besar keuntungan yang didapatkan. Kamu harus mengetahui kelebihan dan kekurangan franchisor, menghitung biaya franchise, mendatangi franchisor dengan produk yang sama, mencari testimoni pasar di internet menyoal produk yang dipilih, serta apakah franchisor akan bertahan lama.

Jika kamu masih belum mendapatkan jawaban, kamu bisa meminta bantuan konsultan franchise untuk membantu memilih yang terbaik. Penting untuk menganalisa dengan matang ketika memulai bisnis, untuk meminimalisir risiko kegagalan. Setiap bisnis franchise pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, untuk itu kamu harus mengetahuinya.

3. Siapkan Rencana Bisnis Kamu

Setelah matang memilih produk franchise yang ingin dijalani, coba untuk menuliskan rencana bisnis kamu secara menyeluruh. Dengan menulis rencana bisnis ini memungkinkan kamu mengatur bagaimana bisnis kamu berjalan, dan kamu juga dapat mengajukan promosi kepada investor. Kamu harus memperhitungkannya dengan matang, karena berbisnis memerlukan analisa yang matang dan tidak boleh tergesa-gesa.

4. Sesuaikan Bisnis dengan Modal yang Dimiliki

Ini merupakan bagian terpenting dari seluruh perencanan bisnis sebelum memulainya. Sebab, Modal adalah salah satu faktor yang menentukan seberapa besar kamu mampu membeli lisensi franchise, sehingga kamu dapat menyesuaikan modal yang kamu miliki. Harga lisensi franchise yang ditawarkan franchisor cukup beragam, tergantung seberapa besar dan terkenalnya brand tersebut.

Franchise Makanan Terbaik Dan Terlaris

1. Bakso Rusuk Joss

Sumber: Instagram @Baksorusukjoss

Bakso merupakan salah satu makanan yang sangat lezat dikonsumsi di berbagai situasi, apalagi jika harganya terjangkau. Dari sekian banyak pilihan warung bakso yang tersebar di Indonesia, bisa dibilang Bakso Rusuk Joss adalah salah satu warung bakso yang paling terkenal dan sangat viral di media sosial. Bakso Rusuk Joss sudah memiliki 13 outlet yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Harga bakso yang terjangkau, dan pilihan beragam menu bakso yang unik dan pedas, Bakso Rusuk Joss bisa menjadi pilihan bisnis franchise kamu.

2. Kebab Baba Rafi

Sumber: Instagram Kebab Baba Rafi

Kebab memang bukan makanan asli Indonesia, namun ketertarikan orang Indonesia terhadap kebab sangat besar. Makanan khas Turki ini menawarkan rasa yang sangat lezat dan cukup bikin kenyang. Nah salah satu franchisor kebab yang sangat terkenal di Indonesia adalah Kebab Baba Rafi, pasti kamu udah sering denger kan? Kebab Baba Rafi sudah memiliki ribuan gerai di seluruh Indonesia dan sudah tersebar juga ke 10 negara. Jadi nggak usah pikir panjang untuk membeli lisensi franchise Kebab Baba Rafi jika di daerah kamu belum tersedia.

3. Warunk Upnormal

Sumber: Instagram Warunk Upnormal

Anak muda sangat suka nongkrong di tempat yang nyaman untuk sekedar bersantai bersama teman, apalagi jika jajanan yang ditawarkan adalah jajanan seperti mie instan, roti bakar, dan minuman yang menyegarkan. Pasti kamu sudah sering mendengar Warunk Upnormal, restoran yang selalu ramai karena menyediakan jajanan-jajanan tadi. Nah kalau kamu membeli lisensi franchise Warunk Upnormal, sangat mungkin restoran kamu akan dipenuhi pelanggan, apalagi ketika akhir pekan.

4. Bakso Benhil

Sumber: Instagram Bakso Benhil Kalibata

Selain Bakso Rusuk Joss, nah coba deh kamu mempertimbangkan Bakso Benhil ini, karena harga yang ditawarkan juga sangat murah. Pasti banyak sekali orang yang datang ke tempat kamu, karena bakso selalu disukai berbagai kalangan usia.

5. Sabana

Sumber: Sabana

Siapa yang nggak suka fried chicken? Ayam goreng khas Amerika Serikat (AS) ini sangat disukai hampir semua kalangan usia. Awalnya fried chicken ini diperkenalkan oleh restoran fast food besar dengan harga yang cukup tinggi, namun Sabana membawa fried chicken ke pasar yang lebih luas dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Penting banget untuk kamu mempertimbangkan membeli lisensi franchise Sabana, karena gerai Sabana selalu dicari oleh orang.

6. Sogogi Shabu & Grill

Sumber: Instagram Sogogi Shabu & Grill

Kini restoran yang mengusung menu All You Can Eat (AYCE) banyak diminati dari segala kalangan usia. Selain beragam menu yang disajikan untuk pilihan Shabu dan Grill, harga yang ditawarkan juga sangat murah. Sudah banyak restoran AYCE termasuk Sogogi ini hanya mematok harga mulai dari Rp80 ribuan aja loh. Pantas saja Sogogi memiliki banyak pelanggan dan sudah punya 11 cabang di seluruh Indonesia.

7. Martabak Orins

Sumber: Instagram Martabak Orins

Martabak manis dan telor selalu memiliki penggemarnya tersendiri, sehingga penjualan kedua jenis martabak tersebut selalu tinggi. Memang dasarnya martabak adalah makanan yang sangat lezat untuk disantap ketika berkumpul bersama teman. Nah ada salah satu franchisor martabak yang nge-hits banget, ada Martabak Orins. Coba deh kamu membeli lisensi franchise Martabak Orins, soalnya mereka menawarkan juga menu martabak tipker alias tipis kering yang jarang banget ditawarkan oleh franchisor martabak lain.

8. Tahu Jeletot Taisi

Sumber: Instagram Tahu Taisi

Salah satu jajanan yang sangat disukai adalah tahu jeletot, makanan khas Bandung ini memberikan sensasi pedas yang merupakan salah satu kesukaan orang-orang Indonesia. Nah Tahu Jeletot Taisi adalah salah satu franchisor yang menjual tahu jeletot yang lezat. Harganya yang terjangkau membuat orang-orang pasti memborong tahu jeletot untuk camilan. Kamu bisa mencoba membeli lisensi Tahu Jeletot Taisi jika jajanan ini belum banyak di daerah kamu.

9. Ngikan

Sumber: Instagram Ngikan

Biasanya restoran cepat saji lebih sering menawarkan paket burger atau nasi dengan fried chicken, jarang sekali yang menawarkan menu fish & chips. Mungkin beberapa dari kamu belum banyak yang mendengar Ngikan, salah satu franchisor makanan yang menawarkan menu fish & chips. Memang Ngikan ini masih baru, namun kamu bisa menggaet para pecinta ikan goreng untuk mencoba menu dari Ngikan ini. Sehingga kamu bisa menarik banyak pecinta ikan goreng jika kamu membeli lisensi franchise Ngikan ini.

10. Es teler 77

Sumber: Es Teler 77

Es Teler 77 mungkin sudah nggak asing lagi di telinga kamu, karena restoran yang terkenal dengan bakmi dan es teler nya ini sudah berdiri sejak tahun 1982. Bahkan Es Teler 77 sudah merambah hingga Singapura, Malaysia, dan Australia, kebayang kan seberapa terkenalnya Es Teler 77. Mungkin akan sangat mahal untuk membeli lisensi franchise Es Teler 77, namun karena ketenarannya Es Teler 77 bisa membawa keuntungan besar untuk kamu. Jadi coba kamu pertimbangkan dengan matang!

11. Bananugget

Sumber: Instagram Bananugget

Bananugget termasuk jajanan yang baru nge-hits beberapa tahun lalu, namun ternyata antusiasme orang dengan jajanan ini masih tinggi hingga sekarang. Jajanan ini dibuat dari potongan pisang yang dibalut tepung dan digoreng sehingga terlihat seperti nugget, kemudian dilumuri cokelat, kacang, dan susu. Wah nggak kebayang kan, pasti banyak sekali anak-anak muda yang menyukai Bananugget ini, apalagi harganya cukup terjangkau untuk jajanan selezat ini. Jadi kalau di daerah kamu belum ada jajanan ini, coba deh kamu untuk membeli lisensi franchise Bananugget!

12. Ayam Gepuk Pak Gembus

Sumber: Instagram Ayam Gepuk Pak Gembus

Selain fried chicken, orang juga sangat menyukai ayam gepuk karena cita rasanya yang Indonesia sekali. Nah salah satu restoran penyedia ayam gepuk ini adalah Ayam Gepuk Pak Gembus, pasti beberapa kalian sudah nggak asing dengan namanya. Ayam Gepuk Pak Gembus ini menawarkan ayam gepuk dengan sambal yang memiliki tingkat kepedasan. Wah makanan pedas juga salah satu favorit orang Indonesia, jadi coba deh kamu pertimbangkan untuk membeli lisensi franchise Ayam Gepuk Pak Gembus ini!

13. Eatlah

Sumber: Instagram Eatlah

Dikenal dengan olahan salted egg-nya membuat Eatlah sangat nge-hits dari awal berdiri hingga sekarang. Memang Eatlah menawarkan makanan-makanan yang lezat, apalagi Eatlah menawarkan kemasan berbentuk rice box yang sangat mudah untuk dinikmati. Nggak heran penjualan Eatlah selalu tinggi, apalagi pembelian melalui ojek online. Nah bisa saja kamu diserbu banyak pembeli kalau membeli lisensi franchise Eatlah, karena anak-anak muda sangat menyukai makanan ini.

14. Gildak Indonesia

Sumber: Instagram Gildak Indonesia

Mengusung tema menu ala Korea, Gildak menawarkan camilan ringan yang bisa menjadi pilihan menarik untuk bisnis franchise kamu. Menu di antaranya seperti crispy chicken, chicken skin, odeng, tteobokki, ramyeon dan banyak lagi. Selain punya menu yang bisa dinikmati sambil nonton drama Korea, Gildak juga dimiliki oleh salah satu influencer terkenal Jovi Adhiguna. Jika kamu pilih Gildak sebagai bisnis franchise, kamu sudah gak pusing lagi deh mikirin promosi, karena dipastikan produk franchise ini laris manis di kalangan anak muda.

15. Roti Gemblong Gembul

Sumber: Roti Gemblong Gembul

Roti dengan berbagai pilihan rasa ini lagi digemari banyak kalangan loh. Cita rasa yang gurih dari roti, dibalut dengan selai bikin siapa saja pasti ngiler. Roti Gemblong Gembul sudah memiliki banyak cabang di Indonesia, dan tentu saja produk ini bisa menjadi pilihan bisnis franchise kamu karena viral dan sudah banyak orang yang tahu.

16. Burger Bros

Sumber: Instagram Burger Bros

Siapa sih yang gak kenal burger ngehitz satu ini? Burger dengan daging tebal, sayuran segar dan saus yang melimpah bikin siapa saja pasti ngiler dibuatnya. Burger Bros gak cuma menyediakan menu burger dengan pilihan daging sapi, tetapi juga terdapat menu burger ayam loh. Memilih Burger Bros menjadi bisnis franchise kamu tentu saja bisa mendapatkan keuntungan, di lihat dari Instagram-nya pun mereka juga aktif banget promosiin produknya dan banyak menggandeng foodblogger juga. Cocok buat kamu yang baru ingin mulai berbisnis franchise!

Nah bagaimana sudah mendapat pilihan produk franchise yang cocok dengan minat dan tujuan kamu? Kalau sudah, perlu diperhatikan lagi ya, dalam menjalankan bisnis franchise, kamu memerlukan layanan pengiriman yang serba cepat dan dijamin handal, sehingga bisnis kamu selalu lancar tanpa terkendala bahan baku.

Untuk urusan ini serahin aja sama Anteraja, karena sudah sangat berpengalaman. Anteraja menawarkan fitur tracking paket dengan Cek Resi, kamu tinggal duduk tenang dan menyerahkannya semuanya ke Anteraja. Mulai dari Rp. 10.000 aja kamu udah bisa nikmati layanannya, murah banget kan? Yuk coba Cek Ongkir kamu sekarang juga ya!