Franchise Makanan Terlaris dan Paling Laris di Indonesia
Update Aja

13 Franchise Makanan Terlaris dan Paling Disukai di Indonesia

Bisnis makanan adalah bisnis yang bisa dibilang bisnis yang aman, karena makanan adalah sebuah kebutuhan manusia yang pasti selalu dicari. Namun memang sulit jika harus membuat branding makanan sendiri, karena belum tentu orang-orang tertarik dengan makanan yang kamu tawarkan. Tapi bagaimana kalau kamu menjalankan bisnis makanan yang sudah memiliki brand dan dikenal masyarakat? Ya, kamu bisa menjalankan bisnis ini yang dinamakan franchise, sehingga kamu tinggal membeli lisensi franchise dari franchisor (penyedia franchise) makanan yang ada.

Bisa dibilang bisnis franchise ini tidak terlalu sulit, karena kamu sudah tau makanan apa yang kamu jual dan target konsumen kamu. Tidak semua bisnis franchise bisa menguntungkan, apalagi jika franchisor-nya belum dikenal oleh masyarakat. Untuk itu, kamu harus simak terus artikel ini, soalnya ada tips bisnis franchise makanan terbaik 2020 dan daftar franchise makanan paling laris di Indonesia. Yuk simak, jangan sampai ada yang terlewat!

(Baca juga: franchise minuman terlaris)

Tips Melakukan Bisnis Franchise

1. Pilih Sesuai Minat Kamu

Franchise Makanan Terlaris dan Paling Laris di Indonesia - Pilih Sesuai Minat Kamu

Banyak orang yang merasa enjoy jika menjalankan bisnis sesuai minat, untuk itu kamu juga harus memilih bisnis franchise yang sesuai dengan minat kamu. Dengan memilih bisnis sesuai yang kamu minati, kamu akan memiliki kepercayaan diri dan motivasi tinggi dalam bekerja. Selain itu, kamu juga akan merasa bahagia sehingga kamu bisa menghasilkan kinerja yang maksimal. 

(Baca juga: Ide Usaha Makanan Terbaik)

2. Lakukan Analisa Terhadap Franchise yang Ingin Kamu Miliki

Franchise Makanan Terlaris dan Paling Laris di Indonesia - Lakukan Analisa Terhadap Franchise yang Ingin Kamu Miliki

Dengan menganalisa calon bisnis franchise, kamu bisa mengetahui seberapa besar kesempatan kamu untuk mendapatkan keuntungan. Kamu harus mengetahui kelebihan dan kekurangan franchisor, menghitung biaya franchise dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan, serta apakah franchisor akan bertahan lama. Penting untuk menganalisa dengan matang ketika memulai bisnis, untuk meminimalisir risiko kegagalan. 

3. Sesuaikan dengan Modal

Franchise Makanan Terlaris dan Paling Laris di Indonesia - Sesuaikan dengan Modal

Modal adalah salah satu faktor yang menentukan seberapa besar kamu mampu membeli lisensi franchise, sehingga kamu harus menyesuaikan modal yang kamu miliki. Harga lisensi franchise yang ditawarkan franchisor sangat beragam, tergantung seberapa besar dan terkenalnya brand tersebut. 

(Baca juga: usaha makanan kekinian & Tips Usaha Angkringan)

Franchise Makanan Terbaik di Tahun 2020

1. Geprek Bensu

Franchise Makanan Terlaris dan Paling Laris di Indonesia - Geprek Bensu
Sumber: Instagram Geprek Bensu

Dari sekian banyak restoran ayam geprek yang tersebar di Indonesia, bisa dibilang Geprek Bensu adalah salah satu restoran ayam geprek yang paling terkenal. Ada ratusan gerai Geprek Bensu yang sudah tersebar di seluruh Indonesia, sehingga Geprek Bensu selalu menjadi pilihan utama banyak orang. Terlebih lagi di kota-kota besar, yang mana gerai Geprek Bensu bisa didapatkan di hampir sudut pusat keramaian.

2. Kebab Baba Rafi

Franchise Makanan Terlaris dan Paling Laris di Indonesia - Kebab Baba Rafi
Sumber: Instagram Kebab Baba Rafi

Kebab memang bukan makanan asli Indonesia, namun ketertarikan orang Indonesia terhadap kebab sangat besar. Memang makanan khas Turki ini menawarkan rasa yang sangat lezat dan cukup mengenyangkan. Nah salah satu franchisor kebab yang sangat terkenal di Indonesia adalah Kebab Baba Rafi, pasti kamu udah sering denger kan? Kebab Baba Rafi sudah memiliki ribuan gerai di seluruh Indonesia dan sudah tersebar juga ke 10 negara. Jadi nggak usah pikir panjang untuk membeli lisensi franchise Kebab Baba Rafi jika di daerah kamu belum tersedia.

3. Warunk Upnormal

Franchise Makanan Terlaris dan Paling Laris di Indonesia -  Warunk Upnormal

Anak muda sangat suka nongkrong di tempat yang nyaman untuk sekedar bersantai bersama teman, apalagi jika jajanan yang ditawarkan adalah jajanan seperti mie instan, roti bakar, dan minuman yang menyegarkan. Pasti kamu sudah sering mendengar Warunk Upnormal, restoran yang selalu ramai karena menyediakan jajanan-jajanan tadi. Nah kalau kamu membeli lisensi franchise Warunk Upnormal, sangat mungkin restoran kamu dipenuhi orang, apalagi ketika akhir pekan.

4. Bakso Benhil

Franchise Makanan Terlaris dan Paling Laris di Indonesia  - Bakso Benhil
Sumber: Bakso Benhil

Bakso merupakan salah satu makanan yang sangat lezat dikonsumsi di berbagai situasi, apalagi jika harganya terjangkau. Nah coba deh kamu mempertimbangkan Bakso Benhil ini, karena harga yang ditawarkan juga sangat murah. Pasti banyak sekali orang yang datang ke tempat kamu, karena bakso selalu disukai berbagai kalangan usia.

5. Sabana

Franchise Makanan Terlaris dan Paling Laris di Indonesia - Sabana
Sumber: Instagram Sabana

Siapa yang nggak suka fried chicken? Ayam goreng khas Amerika Serikat ini sangat disukai hampir semua kalangan usia. Awalnya fried chicken ini diperkenalkan oleh restoran fast food besar dengan harga yang cukup tinggi, namun Sabana membawa fried chicken ke pasar yang lebih luas dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Nah penting banget untuk kamu mempertimbangkan membeli lisensi franchise Sabana, karena gerai Sabana selalu dicari oleh orang.

6. Hisana

Franchise Makanan Terlaris dan Paling Laris di Indonesia - Hisana
Sumber: Instagram Hisana

Sama seperti Sabana, Hisana juga merupakan franchisor fried chicken dengan harga yang mirip. Memang gerai Hisana belum sebanyak Sabana, namun ini menjadi kesempatan kamu untuk memperkenalkan Hisana di tempat kamu. Jadi kamu tinggal mempertimbangkan untuk membeli lisensi franchise Hisana atau Sabana, karena keduanya menawarkan harga yang terjangkau, sehingga orang-orang pasti banyak yang mencarinya. 

7. Martabak Orins

Franchise Makanan Terlaris dan Paling Laris di Indonesia - Martabak Orins
Sumber: Instagram Martabak Orins

Martabak manis dan telor selalu memiliki penggemarnya tersendiri, sehingga penjualan kedua jenis martabak tersebut selalu tinggi. Memang dasarnya martabak adalah makanan yang sangat lezat untuk disantap ketika berkumpul bersama teman. Nah ada salah satu franchisor martabak yang nge-hits banget, apalagi kalau bukan Martabak Orins. Coba deh untuk kamu membeli lisensi franchise Martabak Orins, soalnya mereka menawarkan juga menu martabak tipker alias tipis kering yang jarang banget ditawarkan oleh franchisor martabak lain.

(Baca juga: bisnis kuliner yang menjanjikan & Bisnis Snack)

8. Tahu Jeletot Taisi

Franchise Makanan Terlaris dan Paling Laris di Indonesia - Tahu Jeletot Taisi
Sumber: Tahu Jeletot

Salah satu jajanan yang sangat disukai adalah tahu jeletot, makanan khas Bandung ini memberikan sensasi pedas yang merupakan salah satu kesukaan orang-orang Indonesia. Nah Tahu Jeletot Taisi adalah salah satu franchisor yang menjual tahu jeletot yang lezat. Harganya yang terjangkau membuat orang-orang pasti memborong tahu jeletot untuk dinikmati. Untuk itu coba kamu membeli lisensi Tahu Jeletot Taisi jika jajanan ini belum banyak di daerah kamu.

9. Ngikan

Franchise Makanan Terlaris dan Paling Laris di Indonesia - Ngikan
Sumber: Ngikan

Biasanya restoran cepat saji lebih sering menawarkan paket burger atau nasi dengan fried chicken, jarang sekali yang menawarkan menu fish & chips. Mungkin beberapa dari kamu belum banyak yang mendengar Ngikan, salah satu franchisor makanan yang menawarkan menu fish & chips. Memang Ngikan ini masih baru, namun kamu bisa menggaet para pecinta ikan goreng untuk mencoba menu dari Ngikan ini. Sehingga kamu bisa menarik banyak pecinta ikan goreng jika kamu membeli lisensi franchise Ngikan ini.

10. Es teler 77

Franchise Makanan Terlaris dan Paling Laris di Indonesia - Es Teler 77
Sumber: Instagram Es Teler 77

Es Teler 77 mungkin sudah nggak asing lagi di telinga kamu, karena restoran yang terkenal dengan bakmi dan es teler nya ini sudah berdiri sejak tahun 1982. Bahkan Es Teler 77 sudah merambah hingga Singapura, Malaysia, dan Australia, kebayang kan seberapa terkenalnya Es Teler 77? Mungkin akan sangat mahal untuk membeli lisensi franchise Es Teler 77, namun karena ketenarannya Es Teler 77 bisa membawa keuntungan besar untuk kamu. Jadi coba kamu pertimbangkan dengan matang! 

11. bananugget

Franchise Makanan Terlaris dan Paling Laris di Indonesia - bananugget
Sumber: Instagram bananugget

Bananugget termasuk jajanan yang baru nge-hits beberapa tahun lalu, namun ternyata antusiasme orang dengan jajanan ini masih tinggi hingga sekarang. Jajanan ini dibuat dari potongan pisang yang dibalut tepung dan digoreng sehingga terlihat seperti nugget, kemudian dilumuri cokelat, kacang, dan susu. Wah nggak kebayang kan, pasti banyak sekali anak-anak muda yang menyukai Bananugget ini, apalagi harganya cukup terjangkau untuk jajanan selezat ini. Jadi kalau di daerah kamu belum ada jajanan ini, coba deh kamu untuk membeli lisensi franchise Bananugget!

12. Ayam Gepuk Pak Gembus

Franchise Makanan Terlaris dan Paling Laris di Indonesia - Ayam Gepuk Pak Gembus
Sumber: Instagram Ayam Gepuk Pak Gembus

Selain fried chicken, orang juga sangat menyukai ayam gepuk karena cita rasanya yang Indonesia sekali. Nah salah satu restoran penyedia ayam gepuk ini adalah Ayam Gepuk Pak Gembus, pasti beberapa kalian sudah nggak asing dengan namanya. Ayam Gepuk Pak Gembus ini menawarkan ayam gepuk dengan sambal yang memiliki tingkat kepedasan. Wah makanan pedas juga salah satu favorit orang Indonesia, jadi coba deh kamu pertimbangkan untuk membeli lisensi franchise Ayam Gepuk Pak Gembus ini!

13. Eatlah

Franchise Makanan Terlaris dan Paling Laris di Indonesia - Eatlah
Sumber: Instagram Eatlah

Dikenal dengan olahan salted egg-nya membuat Eatlah sangat nge-hits dari awal berdiri hingga sekarang. Memang Eatlah menawarkan makanan-makanan yang lezat, apalagi Eatlah menawarkan kemasan berbentuk rice box yang sangat mudah untuk dinikmati. Nggak heran penjualan Eatlah selalu tinggi, apalagi pembelian melalui ojek online. Nah bisa saja kamu diserbu banyak pembeli kalau membeli lisensi franchise Eatlah, karena anak-anak muda sangat menyukai makanan ini.

Wah banyak banget ya ternyata penyedia franchise makanan yang laris banget di Indonesia. Namun dalam bisnis franchise, kamu memerlukan pengiriman untuk bahan baku pada bisnis kamu. Untuk itu kamu harus mempercayakan pengiriman yang dapat memberi jaminan pengiriman yang cepat, sehingga bisnis kamu selalu lancar tanpa terkendala bahan baku. Kalau urusan seperti ini, Anteraja sudah sangat berpengalaman. Dengan menawarkan fitur tracking paket dengan Cek Resi, kamu tinggal duduk tenang dan menyerahkannya semuanya ke Anteraja. Mulai dari Rp. 10.000 aja kamu udah bisa nikmati layanannya, murah banget kan? Coba deh kamu Cek Ongkir sekarang kalau nggak percaya!

(Baca juga: bisnis minuman kekinian)

Jadi kamu udah tentukan belum bisnis franchise makanan yang sesuai dengan minat kamu? Apapun itu, yang penting kamu harus memperhitungkannya dengan matang, karena berbisnis memerlukan analisa yang matang dan tidak boleh tergesa-gesa. Setiap bisnis franchise pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, untuk itu kamu harus mengetahuinya. Semoga berhasil, ya!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *