Gitar Akustik Terbaik
Update Aja

11 Merk Gitar Akustik Yang Bagus dan Terbaik Untuk Pro & Pemula

Lantunan lagu dengan iringan gitar akustik merupakan salah satu musik favorit yang banyak digemari oleh pecinta musik, khususnya anak muda. Tak sedikit pula yang memiliki hobi bermusik dan mengoleksi gitar akustik. Banyaknya jenis dan fitur yang dimiliki gitar akustik yang dijual di pasaran, membuat kita terkadang bingung memilih gitar akustik terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. 

Bagi kamu yang masih bingung menentukan pilihan gitar akustik yang sesuai, yuk simak sederet cara memilih gitar akustik untuk pemula dan profesional dalam artikel berikut ini.

Cara Memilih Gitar Akustik untuk Pemula Dan Profesional

1. Pilih Gitar Akustik Dengan Karakteristik Yang Sesuai

Langkah pertama yang perlu kamu perhatikan saat memilih gitar akustik adalah memilih gitar akustik sesuai dengan karakteristik yang dimiliki gitar. Karakteristik gitar ini bisa kamu nilai dari segi ukuran dan bentuk yang dimiliki gitar. Jika kamu ingin memiliki gitar dengan rongga suara terbesar, gitar akustik jumbo bisa jadi pilihan tepat untuk kamu. 

Untuk kamu yang ingin memiliki gitar akustik yang bisa digunakan untuk memainkan jenis musik, jenis gitar akustik dreadnought bisa kamu pilih. Gitar jenis ini bisa menghasilkan suara seimbang dengan kualitas low-end kuat, mid-range tajam, dan treble. Jika kamu ingin memiliki gitar multifungsi, kamu bisa memilih gitar jenis Auditorium atau Grand Auditorium. Dengan gitar ini, kamu bisa mencoba berbagai gaya bermain dan mempelajarinya dengan baik.

Selain itu, gitar akustik jenis concert atau grand concert bisa kamu pilih jika kamu ingin memainkan gitar yang nyaman dimainkan saat kamu duduk. Gitar akustik tipe ini memiliki ukuran pinggang yang lebih sempit dibanding jenis gitar akustik lainnya sehingga nyaman digunakan untuk bermain dalam posisi duduk.

Bagi kamu yang ingin menggunakan gitar dengan bobot yang ringan dan ukuran yang lebih kecil, kamu bisa memilih gitar parlor. Gitar akustik ini juga memiliki suara yang khas sehingga sangat cocok digunakan untuk mengiringi nyanyian. Jika kamu ingin belajar gitar tanpa khawatir mengganggu lingkungan sekitar, gitar akustik tipe travel acoustic bisa jadi solusi yang tepat untuk kamu.

2. Pertimbangkan Fleksibilitas Gitar Akustik

Fleksibilitas penggunaan gitar akustik yang kamu pilih perlu kamu pertimbangkan dengan matang. Gitar akustik dengan tipe elektrik bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu. Pasalnya, gitar akustik elektrik bisa digunakan dalam berbagai kesempatan, mulai dari latihan hingga membawakan lagu di atas panggung. Dengan gitar akustik tipe elektrik, suara gitar yang dihasilkan juga jauh lebih jernih dan stabil tanpa perlu repot memasang komponen tambahan pada gitar akustik yang kamu pilih. 

3. Perhatikan Susunan Material Dari Headstock Hingga Body Gitar

Susunan material gitar dari headstock hingga body gitar tak kalah penting untuk kamu perhatikan sebelum memutuskan pilihan gitar akustik mana yang akan kamu beli. Kamu perlu memperhatikan kelengkapan komponen gitar akustik agar gitar yang kamu beli tidak berujung sia-sia. Komponen gitar yang perlu kamu perhatikan antara lain nut, tuner, fret, leher gitar atau neck, bridge, saddle, hingga soundboard dan fingerboard. 

Setelah cari tahu bagaimana cara memilih gitar akustik yang bagus dan terbaik, yuk langsung kita simak rekomendasi merk gitar akustik dengan kualitas terbaik yang bisa kamu jadikan sebagai referensi memilih gitar akustik. Jangan sampai kelewatan, ya!

Rekomendasi Merk Gitar Akustik Terbaik

1. Taylor Swift Baby Taylor Signature Series

Gitar Akustik Terbaik

Seri yang disediakan oleh Taylor Guitar ini merupakan koleksi wajib untuk para Swifties. Disertai dengan tanda tangan Taylor Swift serta desain custom rosette Swift yang dicetak menyertakan kata “Love” tiga kali di antara motif tanaman merambat. Selain dibuat dengan kolaborasi spesial, gitar akustik ini juga memiliki kualitas yang tidak boleh diremehkan. 

2. Cort AD810 Acoustic Guitar

Gitar Akustik Terbaik

Merk asal Korea, Cort juga menjadi rekomendasi gitar akustik yang bisa kamu dapatkan di Indonesia. Seri AD810 ini cocok untuk dimainkan para pemula. Penggunaannya yang fleksibel membuat gitar ini juga bisa digunakan pada genre musik apapun. Kualitas yang ditawarkan sudah jelas sangat baik. Walaupun kualitas Cort sudah sangat baik, tapi tidak perlu khawatir merk ini menawarkan harga yang terjangkau.

3. Gitar Akustik Kramer

Gitar Akustik Terbaik

Brand Kramer yang terkenal sebagai gitar klasik ini berada di bawah naungan Gibson asal Amerika. Sempat ramai karena diburu kolektor, menjadikan harga produk lama dari merk ini sempat melambung di pasaran. Namun tenang, untuk saat ini Kramer mengeluarkan produk baru yang harganya sudah terjangkau kembali.

4. Yamaha F310 Acoustic Guitar

Gitar Akustik Terbaik

Dengan fingerboard yang lebih kecil daripada gitar pada umumnya, gitar akustik dari Yamaha F310 akan memudahkan jangkauan jari kamu saat memainkannya. Selain lebih mudah dimainkan, gitar ini juga menghasilkan suara jernih. Tersedia dengan dua warna netral, cocok untuk penyuka gitar yang simpel. Memiliki rentang harga yang terjangkau dengan kualitas terbaik, gitar ini sangat pas untuk kamu sebagai pemula.

5. Fender CD60-CE Acoustic Guitar

Gitar Akustik Terbaik

Produk dari Fender ini sangat ideal untuk pemula. Gitar akustik seri CD60-CE dapat digunakan sebagai gitar akustik listrik. Disertai dengan built-in tuner sehingga untuk melakukan stem gitar kamu tidak perlu membeli tuner secara terpisah. Fender sudah berpengalaman sejak lama sehingga untuk soal kualitas tidak perlu diragukan lagi.

6. Gitar Akustik Schecter

Gitar Akustik Terbaik

Rekomendasi selanjutnya yaitu gitar akustik milik Schecter. Warna netral yang ditawarkan sangat pas untuk kamu yang suka gaya simple. Produk asal Negeri Paman Sam ini sudah menjadi andalan gitaris sejak lama. Oleh karena itu, untuk soal kualitas tidak perlu ragu lagi.

7. Cetta CC23E Acoustic Electric Guitar

Gitar Akustik Terbaik

Gitar akustik milik Cetta mengeluarkan series CC23E yang ringan sehingga bisa kamu bawa kemana saja. Dengan menggunakan material kayu spruce, gitar akustik Cetta ini menghasilkan resonansi yang baik dan mampu menahan frekuensi tinggi sehingga suara yang dihasilkan sangat bagus.

8. Gitar Akustik Ovation

Gitar Akustik Terbaik

Ovation, produk gitar dari Amerika ini memiliki beragam jenis gitar akustik yang tentunya menawarkan kualitas terbaik. Brand ini sudah terkenal di pasar gitar akustik sejak lama dengan pemakaian teknologi materi carbon fiber. Dengan material ini gitar kamu akan lebih awet.

9. Mandalika De Ticco Series DTS-01 Acoustic Electric Guitar

Gitar Akustik Terbaik

Dengan fitur tambahan yang banyak, Mandalika De Ticco hadir dengan seri DTS-01. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah built-in tuner sehingga kamu bisa menyetem langsung dari gitarnya. Body gitar yang kokoh terbuat dari kayu meranti dan leher gitar terbuat dari kayu mahoni. Jika kamu membeli seri ini akan dilengkapi dengan bonus senar cadangan, pick gitar serta tas gitar yang anti air. 

10. Gitar Akustik Cowboy

Gitar Akustik Terbaik

Produk gitar akustik dari Cowboy ini tengah menjadi primadona bagi penggemar gitar di Indonesia. Gitar asal Amerika ini juga terkenal dengan senarnya yang anti karat, sehingga perawatannya lebih mudah dan lebih awet. Dengan kualitasnya yang baik, rentang harga yang ditawarkan Cowboy pun tergolong terjangkau.

11. Gibson J200 Acoustic Electric Guitar

Gitar Akustik Terbaik

Kalau kamu suka bermain gitar dengan fingerstyle, Gibson J200 adalah pilihan yang tepat. Selain itu gitar ini didesain dengan nut dan spacing yang lebih lebar dari bridge. Dengan ruang resonansi yang besar, membuat suara gitar ini lantang walaupun tanpa menggunakan amplifier. Ditambah fitur kontrol volume yang sedikit tersembunyi dekat sound hole serta tampilan yang estetik menambah kesan klasik pada gitar.

Nah itu dia cara memilih gitar akustik lengkap dengan rekomendasi merek gitar akustik yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Tenang saja, kamu bisa membeli gitar akustik tanpa perlu repot membawanya karena Anteraja siap mengantarkan barang ke penjuru wilayah di Indonesia. Kamu juga nggak perlu khawatir saat mengirim barang karena kamu bisa melakukan tracking paket dengan fitur Cek Resi yang disediakan khusus untuk pengguna Anteraja. Sangat mudah dan praktis, kan? Selalu gunakan Anteraja untuk mengirimkan barang dengan aman dan cepat, ya! 

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *