11 Helm Retro Terbaik, Aman Dan Sudah SNI

Helm Retro Terbaik

Saat berkendara dengan menggunakan motor, kamu perlu memperhatikan beberapa hal agar tetap aman dan nyaman saat berkendara. Salah satu hal penting tersebut adalah menggunakan helm. Penggunaan helm yang tepat dapat membantu kamu lebih aman dan terjaga dari benturan keras pada kepala saat jatuh dari motor. 

Saat ini sudah banyak jenis helm yang dijual di pasaran, salah satunya adalah jenis helm retro yang dikenal sebagai jenis helm unik dan stylish yang juga banyak digunakan oleh temaja. Bagi kamu yang ingin menggunakan helm retro, kamu perlu mengetahui bagaimana cara memilih helm retro terbaik sebelum membelinya. Penasaran cara memilihnya? Yuk kita simak caranya berikut ini! 

Cara Memilih Helm Retro Terbaik

1. Tentukan Tipe Helm Retro Sesuai Selera

Seperti helm pada umumnya, helm retro juga memiliki beberapa tipe yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, bahkan memilihnya sesuai dengan gaya kamu saat berkendara. Kamu bisa memilih helm retro tipe shorty atau cetok yang merupakan helm klasik.

Namun yang perlu kamu ketahui jelm jenis ini sekarang tidak mendapat label Standar Nasional Indonesia (SNI) sehingga kamu perlu menyesuaikan waktu dan tujuan berkendara sebelum menggunakannya. Bagi kamu yang ingin memiliki helm retro yang bisa dikreasikan sesuka hati, kamu bisa memilih helm retro tipe open face. Jenis helm retro lainnya adalah tipe full face, yang dapat kamu gunakan untuk menunjang tampilan gaya retromu dengan tingkat keamanan tinggi

2. Pilih Berdasarkan Material Yang Digunakan

Hal penting yang juga perlu kamu perhatikan saat membeli helm retro adalah pemilihan material helm yang digunakan. Bagian terluar helm dibuat dari beragam material. Umumnya helm retro yang dijual di pasaran menggunakan ABS (acrylonitrile butadiene styrene) sebagai bahan material utama untuk membuat helm retro. Bahan lainnya yang bisa kamu pilih adalah tri-fiber composite yang merupakan kombinasi dari tiga material berbeda yaitu fiber, kevlar, dan karbon. Bagi kamu yang ingin menggunakan helm retro yang ringan dan kuat, kamu bisa memilih helm dengan material full carbon. 

3. Pilih Helm Yang Sudah Lulus Standar Keamanan Produk Helm

Helm dengan standar keamanan tentu penting untuk kamu pertimbangkan dalam memilih helm. Standar keamanan helm dapat diperoleh dari berbagai lembaga. Misalnya helm dengan SNI yang digunakan sebagai standar keamanan di indonesia. Standar ini cenderung terfokus pada material helm. 

Standar helm lainnya adalah DOT (Department of Transportation) yang merupakan lisensi untuk helm yang beredar di Amerika Serikat. Standar keamanan satu ini menekankan pada penggunaan tali dengan sistem double d-ring. Terdapat pula helm dengan standar ECE yang digunakan sebagai standar keamanan helm khusus untuk ajang balap. Masing-masing lisensi atau standar keamanan yang digunakan khusus untuk produk helm dapat kamu pilih sesuai dengan keinginan kamu.  

4. Pastikan Helm Mudah Dibersihkan

Dalam helm tentu terdapat busa yang berfungsi sebagai bantalan untuk kepala saat kamu menggunakan helm. Adanya busa dalam helm ini juga dapat menimbulkan bau apek seiring dengan pemakaian helm yang cukup sering. Maka dari itu kamu perlu mengetahui apakah helm yang kamu beli mudah dibersihkan atau tidak. Membersihkan busa yang masih menempel dengan helm tentunya sangat merepotkan. Maka dari itu kamu perlu memastikan apakah busa dalam helm bisa dilepas dan dipasang. Dengan begitu kamu bisa langsung membersihkan helm dengan mudah tanpa khawatir lagi. 

Setelah cari tahu bagaimana cara memilih helm yang terbaik, kamu juga perlu tahu apa saja merk helm retro yang banyak direkomendasikan untuk menjadi bahan pertimbangan. Yuk langsung simak rekomendasi helm retro yang bagus dan terbaik berikut ini! 

Rekomendasi Helm Retro Yang Bagus dan Terbaik

1. Bell Bullitt Bubble Visor

Helm Retro Terbaik

Dengan tampilan modern, tetapi tetap klasik membuat helm retro dari Bell Bullitt Bubble Visor bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu untuk tampil dengan gaya retro saat berkendara. Kamu dapat membeli helm ini dengan kisaran harga Rp 499.000 saja, loh!

2. RIMC Sada Rosa

Helm Retro Terbaik

Tersedia dalam berbagai warna yang manis dan cantik membuat helm retro dari RIMC Sada Rosa banyak dipilih khususnya oleh kaum perempuan. Dengan helm ini, kamu nggak cuma bisa tampil dengan gaya retro, namun juga tampil cantik dan manis. Plihan warnanya cukup beragam, mulai dari warna blue pastel, cream pastel, pink pastel, pure white, purple pastel, hingga tosca pastel yang bisa kamu pilih sesuai keinginan kamu. Helm ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 385.000.

3. Bell Helmets Custom 500 Carbon RSD Checkmate

Helm Retro Terbaik

Dibuat dengan material plush yang lembut untuk interior dalam helm membuat helm ini cukup nyaman digunakan saat berkendara jauh sekalipun.helm ini juga didesain secara khusus dengan sentuhan desain yang ciamik sehingga membuat siapapun yang menggunakannya tampil dengan kesan mewah. 

4. WTO Retro Bogo

Helm Retro Terbaik

Helm retro satu ini dikenal dengan kelebihannya yang menggunakan visor cembung dari Bogo sebagai standar. Tak hanya itu, helm ini juga didesain cukup sederhana seperti Cargloss CF Retro dan Zeus Z385. maka dari itu helm ini sangat cocok bagi kamu yang ingin tampil dengan sederhana namun tetap memiliki kesan retro.Helm retro ini dibanderol dengan harga mulai Rp 212.900.

5. Zeus ZS385

Helm Retro Terbaik

Didesain secara sederhana dengan bentuk open face dan berbentuk bulat sempurna membuat helm Zeus ZS385 ini cukup digemari bagi pengguna motor yang ingin tampil dengan look simple dengan sentuhan gaya retro terkini. Helm dengan material ABS ini telah dapat lisensi SNI dan DOT. nggak hanya itu, helm ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung yang dapat digunakan untuk melengkapi keamanan saat kamu menggunakan helm retro ini. Kamu bisa membeli helm ini dengan kisaran harga mulai Rp 280.000 saja.

6. Cargloss CF Retro 

Helm Retro Terbaik

Salah satu brand helm retro yang cukup dikenal di kalangan anak muda ini termasuk ke dalam jajaran helm retro yang banyak direkomendasikan khususnya bagi pengguna helm retro. Helm Cargloss ini juga dilengkapi aksesori berupa pet. Kelebihan lain dari Cargloss Retro, sudah diakui oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Helm ini dibanderol dengan harga mulai Rp 190 ribuan. 

7. AGV Diesel Hi-Jack

Helm Retro Terbaik

Jika kamu ingin memiliki helm yang dapat mendukung penampilan gagahmu, helm retro dari AGV Diesel Hi-Jack ini  bisa jadi jawabannya. Helm ini dibuat dengan bentuk yang menggelembung ke samping membuatnya sehingga membuat helm ini tampak mirip  seperti helm prajurit angkatan udara. Unik banget, kan?

8. Hedon Hedonist

Helm Retro Terbaik

Helm retro klasik satu ini menawarkan tampilan dengan perpaduan warna dan bahan yang berkualitas tinggi. Hal ini membuat helm Hedon Hedonist terlihat lebih berkelas dan modern. Helm ini juga terkesan cantik dan manis sehingga cocok digunakan untuk perempuan. 

9. Biltwell Gringo

Helm Retro Terbaik

Didesain dengan warna hitam yang menawan, helm Biltwell Gringo ini bisa kamu pilih untuk kamu yang ingin tampil dengan gagah, menawan dan terkesan misterius. Dengan helm ini kamu juga tampak lebih berkelas saat menggunakannya.

10. Riders and Rules Helmet

Helm Retro Terbaik

Brand helm Riders and Rules yang cukup terkenal sebagai brand helm retro lokal ini menyediakan helm dengan model vintage yang terinspirasi dari gaya tahun 1970-an. Hel ini menggunakan material kevlar yang lebih kuat dibandingkan fiberglass membuatnya sangat nyaman digunakan saat berkendara. 

11. Ruby Castel

Helm Retro Terbaik

Dibuat dengan material berkualitas tinggi dan desain yang sangat menarik membuat helm Ruby Castel ini cukup populer dan banyak dipilih oleh biker. Helm ini dibuat dengan material utama carbon fiber yang membuatnya sangat ringan dan nyaman digunakan saat berkendara. Di bagian interior helm ini juga dilapisi dengan kulit domba yang lembut dan nyaman di kepala.

Nah, itu dia sederet rekomendasi merk helm retro terbaik yang bisa kamu pilih untuk kamu gunakan saat berkendara. Nggak perlu bingung, helm-helm retro ini bisa kamu beli di marketplace langganan kamu, loh! Agar helm yang kamu pesan dikirim ke alamat tujuan dengan aman dan cepat, kamu bisa percayakan jasa pengiriman Anteraja untuk mengirim helm idamanmu.

Dengan fitur Cek Resi yang tersedia di Anteraja, kamu bisa melakukan tracking pengiriman secara akurat. Dengan begitu, nggak ada lagi masalah pengiriman paket yang tersesat atau hambatan pengiriman lainnya. Tunggu apa lagi? Selalu gunakan Anteraja sebagai layanan pengiriman yang cepat, aman, dan terpercaya, yaa!