12 Ide Bisnis Kreatif dan Unik di 2021, Modal Kecil dan Tipsnya!

Ide Bisnis Kreatif dan Unik

Banyak orang yang nggak menyadari banyaknya ide bisnis kreatif dan unik yang bisa dilakukan, Beberapa orang hanya terpikir ide bisnis yang sudah banyak digeluti, seperti bisnis makanan, pakaian, dan sebagainya. Padahal banyak sekali hal yang bisa diuangkan dan dapat memberikan keuntungan untuk kamu. Bahkan kamu sudah memiliki bakat yang bisa dijadikan bisnis, namun kamu belum menyadari hal itu.

Nah buat kamu para pembaca setia Anteraja, khususnya kamu yang memiliki kreativitas yang tinggi. Pas banget kamu mengunjungi artikel ini, soalnya kali ini kami akan membahas ide bisnis untuk kamu yang kreatif dan unik pastinya! Pasti kamu bosen juga kan mendengar ide bisnis yang itu-itu aja, makanya kamu pasti udah nggak sabar untuk melanjutkan membaca artikel ini. Namun sebelum masuk ke ide bisnisnya, kamu harus simak dulu tips-tips menjalankan bisnis yang udah Anteraja rangkum buat kamu. Yuk simak langsung!

Tips Menjalankan Bisnis dari Anteraja

1. Analisa Market Kamu

Ide Bisnis Kreatif dan Unik - Analisa Market Kamu

Semua bisnis pasti memiliki target marketnya masing-masing, sehingga kamu harus tau siapa target market dari bisnis yang kamu miliki. Misalnya jika kamu membuka bisnis jastip, pasti rata-rata target market kamu adalah remaja wanita. Nah jika kamu sudah mengetahui target marketnya, kamu akan lebih mudah dalam menentukan strategi penjualan dan strategi pemasaran bisnis kamu, karena strategi yang dibuat harus sangat efektif dalam menjangkau target.

2. Jangan Takut Berinovasi

Ide Bisnis Kreatif dan Unik - Jangan Takut Berinovasi

Inovasi adalah kunci untuk mengembangkan bisnis kamu agar tidak ketinggalan zaman. Misalnya sekarang berjualan sudah dilakukan secara online dan metode pembayaran sudah non-tunai. Nah kamu harus menyediakan fasilitas tersebut kepada konsumen, supaya bisnis kamu selalu mengikuti perkembangan zaman. Kamu juga perlu berinovasi di bidang lain, misalnya dari produk yang kamu jual, strategi pemasaran, dan strategi lainnya yang harus dikembangkan terus.

3. Jangan Pernah Menyerah

Ide Bisnis Kreatif dan Unik - Jangan Pernah Menyerah

Mudah menyerah tidak akan membawa kamu kepada kesuksesan. Di luar sana banyak pengusaha sukses yang tidak pernah terpikir untuk menyerah, karena berbisnis harus kreatif untuk membuat strategi bisnis baru. Tumbuhkan motivasi dalam diri kamu agar kamu bisa menjadi pengusaha yang sukses, siapkan juga mental yang kuat agar tidak ada terpikir kata menyerah di dalam kepala kamu.

4. Promosi

Ide Bisnis Kreatif dan Unik - Promosi

Salah satu bagian penting dari berbisnis adalah promosi, karena kamu harus menumbuhkan brand awareness di dalam diri masyarakat agar mereka mengetahui bisnis kamu. Bahkan kamu harus menyiapkan budget yang besar untuk melakukan promosi, agar promosi bisa dilakukan secara efektif dalam menjangkau masyarakat luas. Manfaatkan platform offline atau online untuk melakukan promosi, seperti pamflet, brosur, fitur ads pada media sosial, dan lain-lain.

Rekomendasi Ide Bisnis Kreatif dan Unik

1. Bisnis Daur Ulang

Ide Bisnis Kreatif dan Unik - Bisnis Daur Ulang

Sampah plastik akan merusak lingkungan jika tidak diolah terlebih dahulu, makanya sampah plastik harus didaur ulang terlebih dahulu. Nah kamu bisa pertimbangkan untuk menjalankan bisnis daur ulang, selain mendapatkan keuntungan, kamu juga berperan untuk melindungi lingkungan dari limbah plastik. 

2. Bisnis Tanaman Hias atau Hidroponik

Ide Bisnis Kreatif dan Unik - Bisnis tanaman Hias atau Hidroponik

Siapa bilang bisnis tanaman tidak menguntungkan? Malah hobi mengoleksi tanaman kembali populer saat ini, bahkan sudah menjalar hingga anak-anak muda. Nah kamu bisa belajar cara pembibitan tanaman hias yang memiliki nilai jual yang tinggi, seperti anggrek, aglonema, bonsai, dan janda bolong. Kamu juga bisa sekaligus menjual tanaman hidroponik, karena tanaman hidroponik tidak memerlukan tanah yang membuatnya menjadi hemat tempat.

3. Menjadi Florist

Ide Bisnis Kreatif dan Unik - Menjadi Florist

Bunga sangat identik dengan cinta dan kasih sayang, nggak heran toko bunga selalu ramai menjelang hari kasih sayang dan perayaan-perayaan lainnya. Kamu nggak bakal nyangka bahwa bisnis florist bisa menghasilkan keuntungan yang besar, karena tidak memerlukan modal yang besar untuk memulai bisnis ini. Bisnis florist bisa digeluti dari rumah, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk membuka toko.

4. Bisnis Fashion

Ide Bisnis Kreatif dan Unik - Bisnis Fashion

Fashion cukup berkembang pesat di Indonesia, bahkan tren fashion di Indonesia sering berubah setiap tahunnya. Jika kamu memiliki keahlian dan keterampilan pada bidang fashion, coba deh luapkan ide-ide untuk membuat brand fashion kamu sendiri. Jika kamu menyukai hijab, maka cobalah untuk membuat brand hijab dengan produk yang sesuai dengan selera kamu. Yang penting kamu harus tau tren fashion seperti apa yang sedang terjadi sekarang dan yang akan datang, supaya kamu bisa terus mengikuti zaman dan membuat bisnis kamu tidak ketinggalan.

5. Menjadi Desain Grafis

Ide Bisnis Kreatif dan Unik - Menjadi Desain Grafis

Banyak sekali desainer grafis yang membutuhkan pekerjaan di luar sana, nah kamu bisa membuka bisnis agensi yang menaungi mereka supaya bisa mendapat pekerjaan. Cari desainer grafis yang ingin bekerja di agensi kamu, kemudian tugas kamu adalah mencari orang atau perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis. Jasa desain grafis pasti akan sangat dibutuhkan, biasanya untuk membuat konten promosi, logo perusahaan, desain website, desain produk, dan sebagainya.

6. Menjadi Writer

Ide Bisnis Kreatif dan Unik - Menjadi Writer

Sama seperti tadi, kamu juga bisa membuka agensi kecil-kecilan yang menawarkan jasa writer. Banyak juga kok perusahaan yang membutuhkan jasa writer, seperti konten writer untuk promosi, deskripsi produk, artikel, dan sebagainya. Perusahaan membutuhkan jasa writer untuk membangun branding dan meningkatkan kualitas SEO, sehingga pekerjaan ini akan selalu dibutuhkan dan bisnis kamu akan terus berjalan. Pastikan tulisan-tulisan agensi kamu memiliki standar dan kualitas yang tinggi, agar perusahaan besar dapat melirik sehingga keuntungan yang didapat juga semakin besar.

7. Menjadi Jasa Titip Barang-barang Unik

Ide Bisnis Kreatif dan Unik - Menjadi Jasa Titip Barang-barang Unik

Coba deh kamu menyediakan jasa titip barang-barang yang sering dicari, seperti produk fashion dan makanan dari dalam negeri maupun luar negeri. Kamu bisa memulainya dengan menyediakan jasa titip produk fashion di mall, seperti Zara, H&M, Bershka, Uniqlo, dan sebagainya. Supaya barang bisa sampai ke tangan pelanggan dengan tepat waktu, kamu harus gunakan Anteraja untuk mengirim barang-barang kamu. Untuk info lengkapnya, kamu bisa unduh aplikasi Anteraja di handphone kamu, soalnya kamu bisa langsung cek ongkir dan cek resi di sana!

8. Bisnis Pelukis

Ide Bisnis Kreatif dan Unik - Bisnis Pelukis

Karya lukisan memang sangat bernilai bagi sebagian orang, nggak heran banyak orang-orang yang masih menginginkan karya lukisan untuk dikoleksi sendiri atau untuk hadiah kepada orang tercinta. Nah kalau kamu memiliki bakat melukis, kamu bisa menjual hasil lukisan kamu kepada orang-orang yang berminat. Biasanya orang sangat berminat dengan lukisan karikatur untuk dihadiahi ke orang tercinta, biasanya untuk perayaan ulang tahun atau graduation.

9. Bisnis Ricebox

Ide Bisnis Kreatif dan Unik - Bisnis Ricebox

Ricebox memang sering menjadi pilihan makanan yang populer akhir-akhir ini, cara menikmatinya yang mudah dan ukurannya yang ringkas menjadi alasan orang-orang memilih ricebox untuk disantap. Yuk buktikan kalau kamu memang jago di dapur, coba deh kamu bikin menu-menu ricebox yang enak dan tidak membosankan. Nah kamu bisa menyasar mahasiswa atau karyawan kantoran yang menginginkan makanan yang mudah disantap. Manfaatkan layanan pesan antar makanan supaya orang-orang mudah mengaksesnya secara online.

10. Bisnis Souvenir

Ide Bisnis Kreatif dan Unik - Bisnis Souvenir

Tingkat persaingan yang rendah bisa kamu jadikan alasan untuk pertimbangkan bisnis ini, karena rendahnya tingkat persaingan membuat bisnis ini tidak banyak yang menggeluti. Nah ini membuatnya cukup eksklusif, sehingga kamu bisa mengincar lebih banyak target pasar. Kamu bisa menawarkan souvenir yang sering dicari orang seperti gantungan kunci, frame foto, pot bunga, tempat tisu, dan sebagainya.

11. Menjadi Jasa Konsultasi Bisnis

Ide Bisnis Kreatif dan Unik - Menjadi Jasa Konsultasi Bisnis

Menjalankan bisnis membutuhkan ide, strategi, dan kreativitas agar bisnis yang ingin dibuat tidak memiliki kesamaan dengan bisnis lainnya. Nah ini membuat para pebisnis baru membutuhkan jasa konsultasi untuk membantu mereka membuat bisnis. Jika kamu memiliki keahlian dalam bidang bisnis, kamu bisa menjadi konsultan bisnis dan mengambil keuntungan dari sana. Namun kamu perlu memiliki kredibilitas yang tinggi agar orang-orang mempercayai kamu sebagai konsultan bisnis.

12. Menjual Aksesoris Handphone

Ide Bisnis Kreatif dan Unik - Menjual Aksesoris Handphone

Nah yang terakhir menjual aksesoris handphone, pasti barang-barang ini sangat dicari orang. Apalagi hampir setiap orang memiliki handphone, pasti mereka juga membutuhkan aksesorisnya. Kamu bisa menjual kabel dan power charger, casing, tempered glass, i-ring, dan sebagainya. Berikan harga-harga menarik dan terjangkau agar orang-orang mau membeli dengan jumlah yang banyak. Jangan lupa untuk menjual aksesoris original dari brand yang cukup populer.

Nah itu tadi ide bisnis kreatif dan unik yang bisa kamu jalani. Nggak kepikiran kan ternyata banyak bisnis-bisnis yang bisa dibuat dari kemampuan yang kamu miliki. Kalau gitu, langsung aja deh kamu putuskan bisnis apa yang ingin kamu jalankan, mumpung kamu lagi semangat-semangatnya nih! Jangan lupa untuk siapkan ide-ide gila untuk membuat bisnis kamu menjadi besar, apalagi akan banyak bisnis lain yang siap melawan kamu. Makanya berusaha terus semampu kamu ya!