15 Ide Peluang Usaha Yang Menjanjikan Dan Menguntungkan di 2022

Memasuki tahun 2022 ini ekonomi sejatinya sudah mulai pulih, tetapi situasi pandemi juga belum usai. Dengan terbatasnya gerak kita, ini bisa dimanfaatkan dengan mulai berbisnis, bisa secara online maupun offline. Berbisnis masih menjadi hal yang patut dipertimbangkan di tahun ini, apalagi jika kamu memiliki pekerjaan utama yang mengharuskan kamu bekerja dari rumah, nah kamu bisa memulai sampingan dengan berbisnis.

Masih bingung mau mulai berbisnis apa? Makanya simak terus artikel ini karena ada tips dan ide peluang usaha yang bisa menguntungkan kamu di tahun ini dari Anteraja, bahkan ada yang nggak membutuhkan modal loh, yuk simak!

Tips Sukses Memulai Bisnis

1. Analisa Pasar

Analisa pasar penting untuk dilakukan sebelum kamu memulai bisnis, karena kamu perlu mengetahui keadaan pasar yang akan kamu masuki. Banyak hal-hal yang harus ketahui dalam menganalisa pasar, seperti gambaran industri, target pasar, persaingan, dan perkiraan harga. Dengan menganalisa hal-hal tersebut, kamu akan lebih mudah mengembangkan produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar.

2. Jangan Takut Berinovasi

Kamu harus memiliki ide-ide liar untuk membuat bisnis kamu selalu berkembang dan memiliki perbedaan dari bisnis-bisnis lainnya. Misalnya jika kamu ingin berbisnis makanan atau minuman, maka kamu bisa membuat inovasi minuman baru yang berbeda. Bisa saja dengan inovasi yang kamu buat, kamu dapat menciptakan tren baru yang digemari oleh banyak orang.

3. Ikuti Passion dan Bidang yang Kamu Suka

Biasanya melakukan hal yang disukai akan menambah semangat dalam menjalankannya, untuk itu kamu bisa mengikuti passion atau bidang yang kamu suka untuk berbisnis. Misalnya kamu menyukai makanan, maka berbisnis makanan adalah pilihan bagus. Jika kamu pecinta hewan, bisnis pet shop akan menyenangkan untuk kamu. Tetapi kamu tidak harus mengikuti passion, karena bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun jika kamu belum memiliki ide bisnis, kamu bisa memulainya dari hal yang kamu suka.

Jadi bisnis apa yang bakal kamu pilih di tahun 2021 ini? Pastikan kamu sudah memikirkannya dengan matang, supaya kamu dapat memilih bisnis yang tepat. Kalau gitu langsung aja deh kamu mulai bisnis kamu dan buat tahun 2021 ini menjadi tahun kesuksesan kamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Ide Usaha BIsnis di 2022 Terbaik dan Terlaris

1. Berjualan di Marketplace

Melihat situasi pandemi COVID-19 yang belum juga usai, dan kamu sudah ingin memulai bisnis, tenang! Kamu punya wadah selain berjualan offline, dengan mencoba berjualan di marketplace, karena marketplace memiliki sistem yang jelas sehingga bakal memudahkan kamu dan pelanggan kamu bertransaksi.

Selain itu, kamu juga bisa langsung memilih Anteraja sebagai jasa pengiriman utama kamu. Supaya kamu dapat memberikan pengiriman terbaik untuk pelanggan. Coba deh kamu Cek Ongkir sekarang, untuk cari tau opsi pengiriman dan harga ongkir yang ditawarkan Anteraja! Jangan lupa, Anteraja juga memiliki fitur tracking paket akurat yang bakal menginfokan posisi paket secara detail. Sehingga pelanggan kamu cukup Cek Resi aja dan duduk tenang hingga menunggu paket sampai.

2. Hampers Kue Kering

Kue kering tak hanya dibutuhkan saat momen spesial seperti lebaran saja, tetapi juga bisa dibutuhkan saat Natal dan tahun baru maupun momen lainnya. Nah karena bisnis ini cukup menggiurkan, kamu bisa mencobanya dengan menjualnya sebagai bentuk hampers. Kamu hanya perlu mendesain hampers dengan menggunakan keranjang seperti tempat buah, kamu hias dengan pita dan hiasan lainnya. Kamu bisa menjual kue kering seperti nastar, cookies, lidah kucing cookies dan lainnya.

3. Bisnis Masakan Korea

Demam drakor yang masih melanda di Indonesia saat ini bisa menjadi peluang bisnis untuk kamu loh. Kamu bisa mencobanya dengan menjual makanan yang ada di drama Korea tersebut. Seperti toppoki, ramyun, kimbap, odeng dan kimchi. Karena sudah banyak yang menjual bahan jadi di marketplace bisa memudahkan kamu untuk memulai bisnis masakan Korea. Kamu juga bisa memasarkannya di marketplace ya, tentunya dengan jasa pengiriman Anteraja sebagai layanan utama kamu.

4. Bisnis Dropshipper

Bisnis dropshipper akan menjadi bisnis yang mudah dan sangat menjanjikan, apalagi jika kamu berjualan secara online. Kamu bisa dropship barang-barang yang sedang tren maupun dicari, seperti produk kecantikan, aksesori, handphone, perlengkapan bayi, dan sebagainya. Bisnis ini hampir tidak membutuhkan modal, namun kamu harus tepat dalam memilih barang untuk dijual. Karena untung dari bisnis dropship tidak terlalu besar, sehingga kamu harus menjual barang dengan skala yang besar.

5. Jasa Kursus Online

Situasi pandemi COVID-19 hingga kini belum usai, ada baiknya kamu manfaatkan dengan membuka jasa kursus online, bisnis ini bisa kamu jalankan sesuai dengan passion kamu ya. Misal, kamu ahli berbahasa Inggris, Korea maupun Mandarin, kamu bisa membuka jasa ini dan mendapatkan keuntungan juga. Selain itu, kamu bisa melakukan jasa ini di mana saja laiknya orang yang sedang WFH. Menggiurkan bukan? Eits, tapi jangan lupa yah untuk mempromosikan bisnis kamu di media sosial, sehingga dapat semakin berkembang.

6. Menjadi Reseller Produk Ternama

Menjadi reseller memang bisa menjadi bisnis yang mudah, karena kamu tidak perlu memikirkan branding produk kamu sendiri. Namun kamu juga harus menjadi reseller produk ternama, agar produk yang kamu jual sudah dikenal orang banyak. Kamu bisa menjadi reseller sebuah produk pakaian terkenal, perlengkapan bayi, aksesori handphone, dan sebagainya. Manfaatkan marketplace sebagai platform untuk kamu berjualan secara online ya.

7. Bisnis Hijab

Hijab merupakan produk fashion yang sangat laris di Indonesia, karena hijab adalah pakaian yang dibutuhkan para wanita muslimah. Kamu harus banget mempertimbangkan untuk berbisnis hijab, bisa dengan menjadi reseller atau membuat brand hijab kamu sendiri. Mulailah dengan mencari konveksi yang mampu memproduksi hijab sesuai keinginan kamu, tentu dengan kualitas terbaik dan harga yang sesuai. Kemudian desain produk kamu sendiri, dan buat kelebihannya, sehingga kamu dapat menjadikannya sebuah branding dari bisnis kamu, supaya orang mengetahui hijab seperti apa yang kamu jual dan membuat mereka tertarik.

8. Bisnis Pet Shop

Bisnis pet shop memang sudah banyak, tetapi biasanya hanya di beberapa wilayah saja. Sedangkan orang yang memelihara hewan sangat banyak dan merebak di berbagai wilayah, untuk itu pet shop harus lebih banyak tersebar. Makanya jika kamu memiliki modal yang cukup, kamu bisa pertimbangkan untuk menjalankan bisnis pet shop. Apalagi jika kamu menggabungkannya dengan klinik hewan, maka semakin banyak orang yang membutuhkan bisnis kamu ini.

9. Bisnis Laundry Kiloan

Laundry kiloan merupakan jasa yang paling dicari oleh orang yang tinggal di kota-kota besar, karena kebanyakan masyarakatnya tidak memiliki waktu banyak untuk mencuci pakaian sendiri. Nah jika kamu tinggal di daerah padat penduduk dan sibuk, coba deh kamu untuk menggunakan modal kamu untuk bisnis laundry kiloan. Terlebih jika di daerah sekitar kamu belum ada laundry kiloan yang berdiri, maka bisa jadi tempat laundry kiloan hanya satu-satunya pilihan.

10. Bisnis Fashion

Produk fashion selalu menjadi produk yang sangat populer di setiap marketplace, karena memang pakaian adalah kebutuhan setiap orang. Fashion ala Korea Selatan masih digandrungi banyak orang hingga kini, tak ayal produk fashion yang berbau Korea Selatan masih banyak dicari. Kamu bisa mencari supplier pakaian yang menawarkan harga cukup terjangkau, karena banyak orang yang tergiur dengan harganya yang murah.

11. Bisnis Konveksi

Bisnis konveksi sangat diminati di Indonesia karena permintaan pasar yang sangat tinggi, namun bisnis lumayan membutuhkan modal yang besar. Tetapi nggak usah khawatir, bisnis ini bisa dilakukan untuk para pemula. Bagian terpenting adalah strategi promosi kamu secara offline maupun online, agar orang tertarik untuk membeli produk pakaian yang kamu buat. Jangan lupa dengan desain yang unik ya.

12. Bisnis Thrift

Thrift shop mulai merebak karena tren thrifting mulai tumbuh lagi beberapa tahun terakhir. Kamu bisa membeli banyak pakaian bekas layak pakai hanya dengan modal Rp500.000 saja. Pilihlah pakaian yang sudah kamu beli dan tetapkan harga jualnya sesuai dengan kondisi pakaian. Agar menarik minat, kamu bisa memberikan foto-foto detail dan jelas dari pakaian yang kamu jual, kemudian unggah di Instagram bisnis dengan desain foto yang unik agar orang-orang mau mengunjungi profil Instagram kamu, dan bisnis thrift kamu jadi laris manis deh.

13. Bisnis Cuci Sepatu

Kehadiran jasa cuci sepatu cukup melegakan bagi sebagian orang, karena banyak orang yang malas untuk mencuci sepatu sendiri. Sebenarnya mencuci sepatu tidak terlalu sulit, sehingga kamu bisa mempelajarinya dengan cepat. Yang penting kamu harus tau bahan-bahan sepatu yang ada, karena bahan yang berbeda harus dengan treatment yang berbeda juga. Pilih sabun dan alat cuci terbaik agar tidak merusak sepatu konsumen kamu dan cari asisten yang berpengalaman apabila kamu membutuhkan asisten.

14. Usaha Frozen Food

Saat ini frozen food atau makanan beku masih menjadi incaran semua orang untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam jangka waktu yang panjang dan simpel, karena frozen food mudah untuk dicari dan disimpan di mesin pendingin hingga waktu yang lama. Biasanya orang-orang membeli frozen food olahan daging seperti nugget dan bakso, namun sekarang sudah banyak sekali varian frozen food yang menarik untuk dijual.

Kamu bisa menjual kebab, dimsum, atau siomay beku, bahkan kamu bisa saja menjual bakmi ayam! Tapi jangan lupa, dalam menjual frozen food, kamu harus memperhatikan pengemasan dan penyimpanan produk frozen food kamu. Jangan sampai produk yang kamu jual tidak segar akibat dari pengemasan atau suhu penyimpanan yang tidak bagus. Maksimalkan transaksi penjualan frozen food kamu dengan pengiriman instant melalui layanan ojek online, untuk menjaga produk jualan kamu tetap segar sampai ke tangan pelanggan.

15. Makanan Plant Based

Saat ini banyak orang yang telah mengubah hidupnya menjadi gaya hidup sehat dengan kembali ke alam menerapkan diet plant based. Bisakah ini kita jadikan ide bisnis? Jawabannya! Sungguh bisa. Meski mereka memilih hidup sehat, bagi mereka yang pemula masih merasa bingung untuk mengatur pola makan, di sini kamu bisa memanfaatkanya dengan berbisnis makanan plant based.

Nggak usah takut ini akan sulit, kamu bisa mengolah makanan dari menu-menu seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, whole grains, susu nabati dan minuman lainnya sesuai takaran untuk program diet. Nah setelah mendapat ide olahan tersebut, kamu tinggal memasarkannya di media sosial deh. Mudah kan?

Sahabat Anteraja itu dia 15 rekomendasi ide usaha di 2022 kali ini, semoga bagi kamu yang niat menjalankan rencana bisnis tahun ini bisa berjalan dengan lancar ya. Eits tentunya pilih Anteraja dong sebagai layanan utama pengiriman kamu. Dijamin, bisa memperlancar bisnis kamu karena pengirimannya serba cepat.