Bisnis Untuk Pelajar
Update Aja

14 Ide Bisnis Online Untuk Pelajar Dengan Modal Kecil & Untung Besar

Memiliki bisnis sendiri memang tidak mudah karena tantangan yang dihadapi cukup berat. Kendati begitu, kesuksesan dalam berbisnis bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Sebab, selain mampu memberikan benefit bagi dirimu sendiri, membangun juga bisa membantu membuka lapangan kerja bagi orang lain.

Bisnis bisa dimulai sedini mungkin, bahkan untuk kamu pelajar yang masih sekolah. Apalagi era digital memungkinkan siapa saja untuk berbisnis online. Kalau kamu bisa memulai bisnis sejak masih pelajar, bukan tidak mungkin kamu akan meraih kesuksesan saat kamu di usia muda. Gimana, tertarik untuk memulai bisnis? Kalau iya, kamu harus simak ulasan berikut agar mengetahui bisnis mana yang cocok untuk pelajar.

Tips Bisnis Untuk Pelajar

1.      Jangan Takut Berinovasi

Banyak orang merasa takut untuk memulai bisnis, bahkan orang dewasa. Hal ini tentu dirasakan juga untuk pelajar yang mungkin memiliki pengetahuan yang terbatas tentang bisnis. Untuk itu, kumpulkan niat dengan penuh dan teguh sebelum memulai bisnis. Yakinkan diri kamu kalau bisnis yang kamu mulai akan sukses.

Hal yang tak kalah penting adalah jangan takut untuk berinovasi. Inovasi yang bisa kamu lakukan seperti mengembangkan produk menjadi lebih baik, misalnya dari sisi packaging, iklan, konten, atau media yang kamu gunakan. Kamu bisa memanfaatkan berbagai media sosial untuk mencari inspirasi bagaimana bisnis lain yang serupa dalam mengembangkan produknya. Setelah itu, kamu bisa modifikasi pada produk dalam bisnis kamu.

2.      Fokus Pada Bisnis Dulu

Memulai bisnis harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, agar hasilnya maksimal. Oleh karena itu, kamu harus fokus pada bisnis yang kamu jalani, sehingga bisnis bisa dijalankan dengan baik. Kalau jadwal sekolah atau kuliahmu padat, kamu bisa menyiasatinya dengan memulai bisnis saat libur tiba. Manfaatkan masa liburmu untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis semaksimal mungkina. Selanjutnya, kamu bisa menemukan pola yang baik untuk mengembangkan bisnis ke tahap berikutnya.

3.      Jangan Takut Rugi

Bisa dikatakan tidak ada bisnis yang tak rugi. Untuk itu, diperlukan mental yang kuat bahkan untuk risiko rugi, ketika kamu punya niat untuk menjadi pebisnis. Kerugian yang mungkin kamu alami juga bisa menjadi pembelajaran untuk mengembangkan bisnismu ke depannya menjadi lebih baik.

Ide Binis Online Untuk Pelajar

1.      Menjadi Reseller atau Dropshipper

Bisnis Untuk Pelajar

Menjadi reseller atau dropshipper adalah bisnis yang cukup mudah sehingga cocok untuk pelajar atau mahasiswa. Sebab, menjadi reseller atau dropshipper tidak mengharuskan kamu membuat produk sendiri. Agar semakin banyak menjaring pelanggan, kamu bisa memilih brand yang terpercaya dan disukai banyak orang. Biasanya, kualitas dari brand ternama juga sangat baik, sehingga kamu tidak perlu melakukan branding sendiri. Kamu juga bisa memilih brand yang kamu sukai, sehingga misalnya produknya tidak banyak terjual atau ada sisa, bisa kamu pakai sendiri.

2.      Membuka Usaha Kuliner Online

Bisnis Untuk Pelajar

Kalau kamu hobi memasa, coba jual masakanmu secara online. Dengan menjual makanan secara online, kamu nggak perlu memiliki modal untuk membuka gerai maupun membeli furniture tambahan untuk dine in. Sebab, kamu juga bisa menjual makanan online khusus untuk take away. Selain menjalankan hobi, kamu juga bisa dapat untung. Menarik bukan?

3.      Jasa Desain

Bisnis Untuk Pelajar

Desain menjadi satu produk kreatif yang nggak ada matinya. Bahkan beberapa orang memilih untuk menjadi desainer freelance ketimbang full time, karena peluangnya yang masih sangat besar dan menjanjikan. Kalau kamu juga suka menggambar dan bisa membuat desain, coba untuk menawarkan jasa desainmu secara online. Dengan menjadi desainer saat masih menjadi pelajar, skill kamu akan terus bertambah, sehingga saat dewasa nanti, kamu bisa jadi desainer dengan karya yang makin kece.

4.      Jual Pulsa dan Kuota

Bisnis Untuk Pelajar

Membeli pulsa maupun kuota, kini semakin mudah karena ditawarkan oleh berbagai aplikasi financial technology. Namun, nggak semua orang tahu dan bisa menggunakannya. Inilah salah satu peluang untuk kamu yang masih pelajar atau mahasiswa untuk memulai bisnis. Kamu bisa menjual pulsa atau kuota data ke teman-temanmu atau ke orang sekitar, karena produk tersebut sekarang menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting untuk menunjang aktivitas. Meskipun untungnya tak begitu besar, kamu bisa mendapatkan pelajaran tentang bisnis berdasarkan pengalaman kamu.

5.      Membuat Blog

Bisnis Untuk Pelajar

Membuat blog bukanlah hal yang sulit, apalagi untuk kamu yang aktif banget pakai internet. Membuat blog juga akan melatih kemampuan kamu dalam menulis. Tetapi, meskipun kamu nggak mahir menulis, jangan takut untuk memulai pembuatan blog. Kamu bisa menulis apapun yang kamu inginkan hingga menemukan cara yang tepat untuk merangkai kata. Dengan memiliki blog, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan lho. Tentunya penghasilan tersebut bisa menambah uang jajan kamu.

6.      Jasa Pembuatan Artikel

Bisnis Untuk Pelajar

Kalau kamu senang menulis, coba memulai bisnis dengan menawarkan jasa pembuatan artikel. Biasanya, kamu akan mendapatkan penghasilan sesuai dengan jumlah artikel yang bisa kamu buat dalam satu waktu. Bisnis ini memang mengharuskan kamu untuk lihai merangkai kata dan memiliki wawasan yang luas. Jadi, kalau kamu berencana memulai bisnis ini, perbanyak membaca buku atau berita ya.

7.      Video Blogger

Bisnis Untuk Pelajar

Sudah tahu kan kalau banyak orang kini ingin menjadi Youtuber? Kamu juga bisa menjadi Youtuber, dengan melatih kemampuanmu sebagai video blogger. Kamu bisa membuat berbagai video yang menarik dan informatif, sehingga banyak penonton yang tertarik untuk mengikutimu di berbagai media sosial. Semakin bagus video kamu, semakin banyak pula peluang kamu untuk cuan.

8.      Jasa Editing Video

Bisnis Untuk Pelajar

Selain desainer, jasa editing video juga cocok dijadikan bisnis untuk pelajar dan mahasiswa. Biasanya bisnis ini dimanfaatkan oleh mereka yang hobi membuat video, tapi nggak PD di depan kamera. Kalau kamu termasuk salah satunya, kamu bisa coba menawarkan jasa editing video dengan harga yang terjangkau, sebagai tahap awal memulai bisnis.

9.      Fotografer

Bisnis Untuk Pelajar

Menjadi fotografer kini semakin mudah karena berbagai smartphone sudah dilengkapi dengan fitur fotografi yang cukup lengkap. Kalau kamu belum punya kamera, kamu bisa melatih kemampuan fotografi kamu dengan smartphone dan mengeditnya menggunakan aplikasi. Kalau skill fotografimu sudah bagus, kamu bisa menawarkan jasa fotografi kamu yang kini banyak dibutuhkan. Namun tentunya kamu harus menggunakan kamera digital agar hasilnya lebih maksimal.

10.   Streamer

Bisnis Untuk Pelajar

Kalau kamu seorang gamer, aktivitas satu ini bisa banget kamu jadikan bisnis. Dengan menjadi streamer, kemampuan kamu dalam bermain game akan semakin terlatih. Namun, kamu perlu mengulik tips dan trik yang belum orang ketahui, agar semakin banyak orang yang menonton kontenmu. Peluang menjadi streamer masih cukup besar lho, jadi tunggu apa lagi?

11.   Membuat Podcast

Bisnis Untuk Pelajar

Selain video, konten podcast juga masih diminati banyak orang. Kalau kamu nggak PD di depan kamera, tapi punya kemampuan komunikasi yang baik, cobalah untuk membuat konten podcast dengan topik yang menarik. Membuat podcast juga nggak begitu butuh banyak modal, meskipun memang outputnya akan berbeda dari podcast yang menggunakan alat profesional. Tapi, kalau topikmu asyik dan menarik, kamu bisa menarik banyak audience sehingga akun podcastmu makin besar. Bukan tidak mungkin, banyak brand yang akan tertarik untuk berkolaborasi, sehingga kamu mendapatkan keuntungan.  

12.   Jual Barang Preloved

Bisnis Untuk Pelajar

Kalau kamu suka dengan produk-produk branded, kamu bisa menjual online produk preloved yang mungkin sudah tidak kamu pakai lagi. Ini tentu lebih bermanfaat dan menguntungkan dibanding hanya menyimpannya di rumah. Meski harganya jauh lebih murah dibanding harga aslinya, menjual produk preloved tetap menguntungkan ketimbang membuangnya bukan?

13.   Menjadi Influencer

Bisnis Untuk Pelajar

Profesi ini mungkin nggak asing lagi di kalangan pelajar dan mahasiswa yang aktif menggunakan media sosial. Yap, menjadi influencer memang tampak mengasyikkan karena bisa mendapatkan penghasilan hanya dari sosial media. Kalau kamu memiliki followers yang banyak di Instagram misalnya, kamu bisa menjadi seorang influencer, dengan membuat konten yang menarik. Perhatikan juga gaya komunikasi kamu sebagaimana public figure, agar meminimalisir kesan buruk di mata brand.

14.   Make Up Artist

Bisnis Untuk Pelajar

Menjadi make up artist (MUA) nggak harus selalu orang dewasa. Kalau kamu punya hobi make up dan selalu melatih kemampuan kamu dalam memoles wajah, coba tawarkan jasa MUA ke orang terdekat. Terus latih kemampuan kamu dengan menjadikan temanmu sebagai model. Jangan lupa, posting hasil make up-mu ke media sosial agar semakin banyak orang tahu kemampuanmu menggunakan meke up. Bukan tidak mungkin orang lain tertarik untuk menggunakan jasa MUA kamu setelah melihat postingan di sosmed kan?

Itulah beberapa ide bisnis online untuk pelajar yang bisa kamu coba dari sekarang. Kalau belum yakin untuk memulainya, kamu bisa terus melatih skill-mu hingga kamu yakin kalau kamu bisa menjalankan bisnis yang cocok untuk pelajar. Nah untuk melatih skill, kamu bisa membeli berbagai perangkat pendukung di marketplace atau ecommerce favoritmu. Soal pengiriman, pilih layanan Anteraja karena ongkirnya cukup terjangkau. Kamu juga bisa cek resi untuk melacak pengiriman. Jadi kamu bisa santai menjani aktivitas sambil menunggu orderanmu tiba.   

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *