Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil
Update Aja

13 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga, Mudah dan Modalnya Kecil!

Siapa bilang jadi ibu rumah tangga itu cuma tau soal rumah dan nggak bisa lakuin hal lain? Sebenarnya menjadi ibu rumah tangga adalah kesempatan yang bagus untuk menjadi seorang entrepreneur, sebagai jalan mendapatkan pemasukan di luar pemberian sang suami serta sarana untuk aktualisasi diri. Apalagi, dengan manajemen waktu yang baik, menjadi pengusaha sangat cocok bagi ibu rumah tangga yang waktunya relatif bisa fleksibel menyesuaikan diri sendiri.

Mungkin salah satu hal yang ada di pikiranmu ketika ingin memulai usaha adalah modal besar. Jangan khawatir, banyak kok usaha khusus untuk ibu rumah tangga yang tak memerlukan banyak modal dan bahkan tak perlu modal sama sekali. Penasaran apa saja usaha tersebut? Sebelum masuk ke daftar rekomendasi usaha ibu rumah tangga, kamu harus simak dulu tips mendirikan bisnis di bawah ini!

Tips Bisnis dari Anteraja

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil - Tips Bisnis dari Anteraja

1. Analisa dulu BIsnis yang ingin kamu jalani

Jangan menjalankan bisnis sebelum melakukan analisa dengan baik dan benar, karena sangat disayangkan jika kamu sudah mengeluarkan uang untuk modal namun bisnisnya tidak berjalan dengan baik. Pertama-tama kamu harus tau dulu bisnis apa yang mau dijalankan, kemudian kamu harus cari tau siapa pasar yang ingin ditargetkan. Setelah itu, carilah lapak atau platform yang bagus sebagai tempat untuk berjualan. Jangan lupa hitung juga modal yang harus dikeluarkan dan berapa kira-kira pemasukan yang bisa kamu dapatkan.

2. Tentukan Target Pasar

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, menentukan target pasar adalah langkah yang harus dilakukan dengan benar. Karena ketika kamu sudah tau segmentasi pasar yang ditargetkan, kamu akan lebih mudah menyiapkan strategi penjualan dan strategi pemasaran untuk mengembangkan bisnis kamu.

3. Jangan Takut Berinovasi

Jangan melupakan langkah ini apabila bisnis kamu ingin berkembang. Jika tidak ada inovasi, sangat sulit dalam melebarkan sayap untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Seiring berkembangnya zaman, kamu bisa berinovasi di bidang pengiriman, cara pembayaran, dan pemasaran. Karena konsumen juga menginginkan hal-hal yang mudah dan tidak merepotkan, sehingga inovasi dapat mengubah sistem bisnis kamu menjadi lebih modern.

4. Jangan Pernah Takut Menyerah

Kesampingkan kata menyerah dari hidup kamu apabila kamu ingin mendirikan sebuah bisnis. Untuk menjadi pebisnis yang besar, berusaha semaksimal mungkin tanpa menyerah adalah cara terbaik. Karena kamu harus membangun mental dan tenaga sekuat mungkin untuk menghadapi persaingan bisnis yang lebih kuat. Jika kamu takut dan mudah menyerah, kamu akan mudah dikalahkan oleh para pesaing yang siap melibas bisnis kamu kapanpun.

Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Terbaik

1. Jualan Produk Digital

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil - Jualan Pulsa

Di zaman yang sudah modern seperti sekarang, beberapa produk juga bisa kamu dapatkan dalam bentuk digital. Misalnya seperti produk e-book sebagai sumber edukasi, beragam software komputer, produk musik digital, dan lain sebagainya. Nah sayangnya masih banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara membelinya dan tidak memiliki alat pembayarannya. Untuk itu kamu bisa menjadikannya sebagai bisnis dan membantu mereka yang membutuhkan produk digital dengan cara pembayaran yang lebih mudah.

2. Jualan Tanaman Hias

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil - Jualan Tanaman Hias

Tidak sedikit orang yang menghabiskan banyak waktu di rumah, sehingga mereka mencari kegiatan untuk mengisi kekosongan waktu. Salah satunya dengan mendekorasi rumah dengan membeli tanaman-tanaman hias. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk membuka bisnis tanaman hias. Berjualan tanaman hias bisa dimulai dari membeli bibit tanaman dan merawatnya hingga besar.  Berbagai jenis tanaman hias yang laris saat ini adalah kaktus, aglaonema, dan juga monstera. 

3. Bisnis Dropship

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil - Bisnis Dropship

Bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis yang menghasilkan tapi tidak terlalu merepotkan, bisnis dropship bisa menjadi pilihan menarik. Secara teknis, bisnis dropship hanya memesankan barang yang dipesan oleh konsumen kamu kepada supplier atau distributor. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot menyetok dan mengirim barang sendiri. Namun kamu harus mencari supplier atau distributor terpercaya yang menawarkan harga di bawah pasar dengan kualitas barang yang tidak terlalu buruk.

4. Jualan Makanan Kekinian

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil - Jualan Makanan Kekinian

Anak muda zaman sekarang sangat suka mencoba hal-hal baru, misalnya seperti mencoba makanan kekinian yang belum pernah ada sebelumnya. Rasa penasaran ini membuat makanan kekinian tumbuh sangat cepat hingga meramaikan pasar makanan di kota-kota besar. Jangan sampai kamu tidak memanfaatkan situasi ini, karena peminatnya sangat banyak dan bakal menguntungkan. Kamu bisa berjualan makanan kekinian yang sudah ada dengan menjangkau pasar yang berbeda, atau kamu juga bisa mencari formula makanan kekinian baru supaya berbeda dari yang lainnya.

5. Mengajar Bimbel

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil -Mengajar Bimbel

Memiliki ambisi untuk menjadi seorang guru? Nah, ambisimu bisa kamu salurkan dengan menawarkan jasa bimbingan belajar atau bimbel. Jasa bimbel ini sangat dibutuhkan murid SD, SMP, dan SMA menjelang ujian sekolah atau ujian nasional. Mengajar bimbel bisa dibilang usaha tanpa modal, karena mengandalkan kemampuanmu dalam mengajar materi kepada murid. Kamu bisa mengajar bimbel dengan sistem privat, alias datang langsung ke rumah atau dilakukan secara online melalui berbagai platform video call. 

6. Laundry Baju dan Sepatu

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil - Laundry

Bisnis laundry bisa sangat menguntungkan jika kamu memiliki tempat tinggal atau kios yang dekat dengan wilayah kampus dan perkantoran. Karena di sekitar wilayah tersebut banyak mahasiswa dan pekerja yang tinggal di kost dan membutuhkan jasa laundry. Selain laundry pakaian, kamu juga bisa membuat bisnis laundry sepatu yang belum menjangkau banyak daerah. Tidak banyak orang yang bisa atau mau mencuci sepatu karena lebih rumit, sehingga jasa laundry sepatu juga nggak kalah diminati.

7. Berjualan Online

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil - Berjualan Online

Banyak metode berjualan online yang bisa dilakukan. Salah satu metode yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah reseller. Reseller cocok dilakukan karena tidak perlu memikirkan produksi barang, karena kamu hanya perlu menyetok barang dari supplier dan menawarkannya di toko online. Satu tips untuk ibu rumah tangga yang ingin berjualan online, yaitu dengan menggunakan layanan pengiriman dengan sistem pick up, supaya lebih hemat waktu dan tidak perlu keluar rumah. Anteraja bisa jadi pilihan pengiriman untuk kamu yang membutuhkan sistem pick up. Jualanmu juga lebih mudah dilacak lewat fitur cek resi dan biayanya pun terjangkau. Cek ongkir untuk mengetahui biaya pengiriman paket jualanmu!

8. Menjadi Penulis Freelance

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil - Menjadi Penulis

Jasa penulis lepas atau freelance writer saat ini memiliki permintaan yang sangat tinggi, akibat digitalisasi brand. Sebab, dalam proses digitalisasi ini membutuhkan banyak konten yang akan diupload di website dan social media. Untuk menjadi penulis lepas, kamu perlu mendaftar akun di website marketplace freelance dan lengkapi portofolio tulisanmu. Disana, kamu juga akan menemukan banyak orang yang membutuhkan jasamu dalam menulis. Bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang sangat hobi menulis namun tidak memiliki platform untuk dibagikan.

9. Bisnis Frozen Food

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil - Menjual Makanan Beku

Di tengah pandemi seperti sekarang, penjualan makanan beku justru semakin meningkat lho! Karena banyak masyarakat yang membutuhkan makanan praktis yang hanya perlu dipanaskan atau digoreng dibanding repot-repot berbelanja bahan masakan. Beragam pilihan makanan beku terlaris saat ini diantaranya adalah chicken nugget, sosis, bakso, dan juga dimsum. 

10. Membuka Toko Kelontong

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil - Membuka Toko Kelontong

Jika kamu memiliki lapak yang layak untuk berjualan, misalnya seperti teras rumah atau ruko yang tidak digunakan. Membuka toko kelontong bisa menjadi pertimbangan yang menarik untuk meraup keuntungan yang sangat besar. Apalagi jika kamu tinggal di wilayah yang tidak banyak berdiri toko kelontong atau minimarket waralaba. Dengan menyediakan barang-barang sembako dan kebutuhan rumah tangga lainnya, dipastikan akan ada banyak orang yang datang ke toko kamu untuk berbelanja. 

11. Katering Makanan Sehat

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil - Katering Makanan Sehat

Asupan makanan sehat memang sudah menjadi pertimbangan banyak orang demi pola hidup yang lebih baik. Sayangnya tidak banyak penyedia katering makanan sehat yang beredar, padahal banyak orang yang mengkonsumsi makanan sehat juga tidak memiliki banyak waktu untuk memasak makanan sendiri. Apabila kamu memiliki keahlian memasak atau memiliki tenaga yang mampu membuat makanan sehat, bisnis ini bisa membawa keuntungan besar untuk kamu. Karena mereka berani mengeluarkan uang yang besar untuk membeli makanan yang menyehatkan.

12. Bisnis Desain Grafis

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil - Bisnis Desain Grafis

Selain jasa penulis, jasa desain grafis juga dibutuhkan oleh banyak instansi atau individu untuk membuat berbagai konten yang dibutuhkan. Apalagi bentuk visual sangat disukai oleh banyak orang karena dapat memuat banyak informasi. Manfaatkan keahlian yang kamu miliki dengan mendirikan bisnis desain grafis. Kamu bisa mengajak teman atau kenalan kamu yang ahli dalam bidang desain grafis untuk mendirikan sebuah agensi digital dan menawarkan jasa kepada klien.

13. Bisnis Franchise

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil- Bisnis Franchise

Nggak perlu mengeluarkan banyak untuk mendirikan bisnis franchise, karena kamu bisa memilih franchisor dengan harga yang terjangkau namun dapat memberikan pemasukan yang besar. Selain itu, kamu harus melakukan riset untuk menemukan lokasi yang tepat untuk berjualan. Karena kamu juga harus menghasilkan keuntungan yang banyak untuk menutupi biaya sewa franchise yang dibebankan.

Itulah dia sejumlah rekomendasi usaha khusus ibu rumah tangga yang bisa kamu pertimbangkan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Sehingga kamu tetap produktif dan bisa menghasilkan meski banyak menghabiskan waktu di rumah. Janganlah malu untuk mencoba memulai usahamu sendiri, karena kita tidak akan tahu sebelum kamu mencobanya. Siapa tahu kamu bisa menjadi pengusaha sukses dan besar yang tentunya membantu ekonomi rumah tanggamu. Selamat mencoba!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *