13 Usaha Modal 5 Juta Terbaik Untuk Pemula Yang Menguntungkan

Usaha Modal 5 Juta

Ingin membuka bisnis tapi cuma punya modal sekitar 5 juta? Jangan khawatir, kamu tetap bisa membangun bisnis dengan keuntungan yang menjanjikan hanya dengan modal 5 juta. Eits, nggak perlu bingung usaha apa, karena kali ini Tim Anteraja punya 13 rekomendasi usaha modal 5 juta yang bisa kamu coba untuk memulai kesuksesan kamu. Nah sebelum kita cari tahu ide usaha apa saja yang bisa kamu coba, simak dulu tips memulai usaha modal 5 juta berikut ini! 

Tips Bisnis / Usaha Modal 5 Juta

1. Bisnis Sesuai yang Kamu Suka

Dengan memulai bisnis sesuai dengan bidang yang kamu suka, kamu akan lebih mudah memahami seluk beluk dalam bidang usaha yang kamu geluti. Tak hanya itu, menjalankan bisnis di bidang yang kamu suka juga dapat menambah semangat kamu ketika menjalankannya, sehingga kamu bisa lebih enjoy dalam mengembangkan bisnis yang kamu miliki. Dengan begitu, kesempatan untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya akan terbuka dengan lebar. 

2. Tentukan Target Pasar

Dalam melakukan pertimbangan untuk menentukan target pasar yang tepat, kamu perlu melakukan riset secara cermat dan mendalam. Jika target pasarmu tepat, usaha yang kamu rintis akan cepat berkembang. Dengan menentukan target pasar juga dapat mempermudah kamu untuk menentukan lokasi bahkan harga jual yang layak untuk produk kamu. Dengan mengetahui target pasar yang tepat kamu juga akan meminimalisir kemungkinan kerugian dari usaha yang kamu bangun. 

3. Melakukan Analisa Pasar 

Analisa pasar menjadi salah satu poin yang tak kalah penting dibanding poin lainnya. Dengan analisa pasar yang tepat, kamu dapat mengetahui persaingan pasar sehingga dapat memanfaatkan peluang, dan mengurangi risiko kegagalan yang mungkin terjadi. 

4. Jangan Takut Berinovasi

Saat ini, segala macam bentuk bisnis sudah melakukan inovasi untuk terus memperluas pasar. Maka dari itu, agar tidak tertinggal kamu juga perlu melakukan berbagai inovasi agar dapat selalu menyesuaikan dengan kondisi pasar dan juga permintaan pasar. Dengan begitu, kamu tidak akan ketinggalan dengan kompetitor usaha kamu. 

5. Siapkan Modal Usaha dan Mental

Agar usaha bisnis kamu dapat terus bertahan bahkan berkembang, kamu membutuhkan modal yang cukup untuk mendukung usaha kamu. Selain modal, berbisnis juga membutuhkan mental yang kuat agar dapat menghadapi persaingan pasar dengan baik. 

Ide Usaha Modal 5 Juta Terbaik

1. Bisnis Minuman Kekinian

Usaha Modal 5 Juta

Ide usaha bisnis minuman kekinian menjadi salah satu ide usaha yang bisa kamu coba. Tren minuman kekinian yang tak ada habisnya membuat kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memperoleh keuntungan yang banyak. Kamu dapat terus berinovasi dengan tren minuman yang sudah ada dengan berbagai cara, mulai dari menambah rasa dan topping unik atau bahkan inovasi kemasan. 

2. Bisnis Makanan Ringan

Usaha Modal 5 Juta

Siapa sih, yang tidak suka makanan ringan? Bisnis makanan ringan ini rupanya memiliki peluang untuk mendapat keuntungan yang cukup bagus. Maka dari itu, kamu perlu mempertimbangkan usaha makanan ringan sebagai salah satu opsi bisnis untuk kamu rintis. Kamu bisa menjual makanan ringan dalam kemasan praktis sehingga mudah dibawa kemana-mana atau bahkan dijadikan sebagai oleh-oleh. 

3. Menjadi Reseller

Usaha Modal 5 Juta

Jika kamu memiliki modal terbatas, menjadi reseller bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Di samping membutuhkan modal yang minim, kamu juga dapat memperoleh keuntungan besar, jika kamu dapat menjual barang yang tepat dan dibutuhkan oleh banyak orang. Ada banyak sekali produk-produk yang dibutuhkan orang dan dicari orang. Kamu perlu melakukan riset pasar yang tepat agar dapat memperoleh keuntungan yang banyak. 

4. Bisnis Thrift

Usaha Modal 5 Juta

Tren thrift fashion yang saat ini terus menjamur bisa kamu manfaatkan dengan ikut membuka bisnis thrift. Untuk memulainya, kamu bisa mencari supplier pakaian-pakaian bekas yang masih layak pakai. Akan lebih baik jika kamu bisa mendapatkan pakaian branded supaya banyak dicari orang. Kamu dapat memasarkannya secara online melalui Instagram atau marketplace terpercaya untuk mendapatkan pelanggan. 

5. Usaha Ternak Lele

Usaha Modal 5 Juta

Ikan lele dikenal sebagai salah satu jenis ikan yang banyak digemari masyarakat luas karena rasa dan tekstur dagingnya yang unik. Tak hanya itu, perawatan ikan lele juga terbilang tidak sulit sehingga usaha ternak lele bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin merintis usaha dengan modal 5 juta. 

6. Menjadi Dropshipper

Usaha Modal 5 Juta

Bagi kamu yang tidak ingin menjadikan kegiatan berjualan sebagai pekerjaan utama, kamu bisa memilih usaha menjadi dropshipper sebagai jalan keluarnya. Dengan menjadi dropshipper, kamu bisa berjualan barang tanpa perlu mengadakan stok barang. Yang perlu kamu lakukan adalah melakukan promosi yang baik agar pembelian produk yang kamu jual terus meningkat. 

7. Bisnis Fashion

Usaha Modal 5 Juta

Kebutuhan sandang merupakan kebutuhan primer yang perlu dipenuhi setiap manusia agar dapat bertahan hidup. Hal ini membuat bisnis fashion dapat terus berkembang dan bertahan di pasar. Tak hanya itu, banyaknya inovasi dalam bisnis fashion juga membuat bisnis ini terus diminati bagi banyak orang. Kamu hanya perlu mengikuti perkembangan fashion yang banyak digemari masyarakat agar produk fashion yang kamu tawarkan bisa laku keras dan mendapatkan keuntungan yang melimpah. 

8. Berjualan di Marketplace

Usaha Modal 5 Juta

Kamu dapat terus mengikuti perkembangan pasar dan melakukan analisa produk dan pasar secara mendalam untuk dapat mengetahui apa keinginan pasar. Setelah kamu melakukan analisa terhadap produk apa yang ingin kamu jual, kamu dapat memanfaatkan marketplace sebagai platform kamu untuk menjual produk kamu. Saat ini sudah banyak marketplace terpercaya yang bisa kamu percayakan sebagai partner bisnis kamu seperti Tokopedia, Bukalapak, dan juga Blibli.

Marketplace tersebut juga merupakan partner bisnis Anteraja sehingga kamu bisa mendapatkan pelayanan terbaik dengan pengiriman cepat dan akurat. Salah satu layanan andalan yang dapat kita manfaatkan adalah fitur cek resi untuk mendapatkan informasi tracking paket yang dibeli oleh pelanggan kita. Selalu percayakan Anteraja sebagai jasa pengiriman yang aman dan terpercaya, ya! 

9. Bisnis Tanaman

Usaha Modal 5 Juta

Saat ini, tanaman hias menjadi salah satu hal yang banyak dicari oleh para kolektor tanaman dan juga orang-orang yang memiliki hobi menghias rumah mereka dengan tanaman. Agar bisnis tanaman kamu lancar, kamu harus mempelajari bagaimana cara menanam tanaman dan membeli bibit tanaman dengan modal yang kamu miliki. Tak hanya itu, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara merawat tanaman dengan baik agar tanaman yang kamu jual tidak cepat mati. 

10. Bisnis Jus Buah

Usaha Modal 5 Juta

Saat ini, kebanyakan masyarakat sudah mulai menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah dengan mengkonsumsi jus buah segar secara rutin. Selain sehat, jus buah juga menyegarkan. Kamu dapat mencoba membuka bisnis jus buah yang laris dengan memanfaatkan lokasi yang strategis untuk menarik banyak pembeli. Kamu juga dapat menghias etalase dagangan dengan dekorasi yang menarik, sehingga orang-orang bisa melihat dagangan kamu dari jauh. 

11. Usaha Produk Digital 

Usaha Modal 5 Juta

Pada zaman serba canggih seperti saat ini membuat kebanyakan masyarakat sangat bergantung dengan penggunaan internet dan smartphone. Hal ini tentu menjadikan kita terus membutuhkan pulsa dan paket internet agar kita dapat mengakses internet dengan smartphone yang kita miliki. Tak hanya itu, saat ini juga sudah banyak masyarakat yang menjadikan game online sebagai hiburan yang diperlukan untuk melepas penat. Maka tak heran jika kebutuhan top up game terus meningkat. Kondisi ini dapat kamu manfaatkan dengan membuka usaha produk digital karena kamu tak perlu membutuhkan modal yang besar namun tetap dapat memperoleh keuntungan yang banyak. 

12. Usaha Reseller

Usaha Modal 5 Juta

Reseller merupakan salah satu jenis bisnis yang banyak dipilih khususnya bagi masyarakat yang tak memiliki banyak modal untuk memulai usaha. Jenis usaha reseller ini juga terbilang mudah untuk dijalankan karena dapat kamu kelola dimana saja dan kapan saja. Maka tak heran jika usaha reseller juga dipilih sebagai usaha sampingan. Kamu dapat melakukan riset pasar terlebih dahulu agar dapat menjual produk yang banyak dicari orang. 

13. Bisnis Pet Shop

Usaha Modal 5 Juta

Saat ini, sudah banyak orang yang memelihara hewan peliharaan sebagai teman di rumah. Hal ini membuat bidang bisnis petshop memiliki peluang yang cukup menjanjikan untuk kamu jadikan sebagai usaha rintisan. Untuk lebih memaksimalkan keuntungan dari bisnis petshop, kamu perlu memperhatikan beberapa poin penting. Mulai dari lokasi bisnis yang accessible bagi pelanggan, kelengkapan produk kebutuhan hewan, hingga layanan dan fasilitas yang tersedia di dalam petshop yang kamu buat. Jika semua hal tersebut bisa kamu sediakan dalam petshop kamu, pelanggan akan terus kembali dan mempercayakan hewan peliharaannya pada petshop kamu. 

Itu dia penjelasan lengkap tentang tips membuka usaha modal 5 juta lengkap dengan rekomendasi jenis usaha yang tepat untuk kamu rintis sebagai awal kesuksesanmu. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala kemungkinan dan juga membuat strategi usaha yang matang agar usaha yang kamu rintis dapat terus bertahan dan berkembang sehingga kamu bisa menjadi wirausahawan yang sukses besar. Tetap semangat dan jangan takut mencoba, ya!