Kaos
Update Aja

Jenis Bahan Kaos yang Bagus, Adem dan Terbaik yang Banyak Dipakai

Kaos jadi salah satu pakaian yang paling banyak digunakan baik pria maupun wanita. Fungsinya tak hanya untuk bermain atau nongkrong di kafe, terkadang beberapa orang juga mengenakan kaos untuk bekerja. Desainnya sederhana dan mudah dipakai, membuat kaos banyak dipilih dalam berbagai kesempatan.

Meski demikian kamu tak bisa asal pilih kaos. Sebab, ada banyak pilihan sablon maupun bahan kaos yang mesti kamu ketahui. Selain itu kamu juga bisa memilih kaos yang cocok dengan tubuh dan tidak menyebabkan gerah. Sebab, beberapa bahan kaos punya karakteristik tersendiri.

Tips Memilih Kaos yang Bagus dan Terbaik

Agar tak salah pilih, kamu pun harus mengetahui beberapa hal yang penting dipertimbangkan saat membeli kaos. Jangan sampai, karena asal pilih kamu jadi kecewa karena kaos yang sudah dibeli tidak sesuai dengan kenyamanan dan keinginan kamu. Apa saja yang mesti dipertimbangkan? Ini dia penjelasannya.

1. Bahan Kaos

Hal pertama yang harus kamu ketahui tentunya adalah bahannya. Kaos dapat dibuat dari berbagai bahan kain. Sedangkan jenis-jenis bahan kaos ada banyak. Masing-masing bahan juga punya keunggulan masing-masing. Untuk kamu mesti tahu bahan apa yang digunakan dan seperti apa karakteristiknya.

2. Ukuran Benang Kaos

Hal yang menentukan tipis atau tebalnya kaos adalah dari ukuran benangnya. Sebab kain yang merupakan bahan kaos adalah rajutan dari ribuan benang. Namun tebal tipisnya bahan benang bukan menjadi acuan kaos tersebut berkualitas baik atau lebih nyaman. Selera dikembalikan kepada masing-masing individu. Semakin kecil angka benangnya maka akan semakin tebal. Misalnya benang 20s lebih tebal dari benang 30s.

3. Kerapihan Jahitan Kaos

Kalau kamu membeli secara offline, cobalah untuk memperhatikan jahitan pada kaosnya. Biasanya kaos yang dengan kualitas bagus punya jahitan yang lebih rapi. Jika tidak ada benang pendek berserakan di pinggiran jahitan, maka kualitasnya semakin bagus. Kaos tersebut juga cenderung lebih kuat dan awet.

Rekomendasi Bahan Kaos yang Bagus dan Terbaik

Industri fashion terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Tak hanya model atau desainnya yang terus beragam, bahan kaos juga semakin banyak. Nah, agar tidak bingung memilih, kamu sebaiknya simak daftar rekomendasi bahan kaos yang bagus dan terbaik di bawah ini.

1. Cotton Combed

Sumber: Shutterstock

Jenis bahan kaos yang satu ini paling banyak digunakan. Beberapa keunggulan dari bahan kaos cotton combed adalah tekstur kainnya lembut, awet, serta harga bahannya cenderung lebih terjangkau. Keunggulan lain kaos ini adalah dapat menyerap keringat dan tidak membuat gerah. Kaos ini pun cocok dipakai di negara tropis seperti Indonesia.

2. Viscose Cotton

Sumber: Shutterstock

Kaos berbahan Viscose Cotton termasuk yang paling nyaman digunakan. Ini karena material penyusun kaos ini sangat halus. Hal inilah yang membuat kaos ini dapat menyerap keringat dengan baik serta tidak menimbulkan efek cepat gerah. Bahan ini pun tidak gampang kusut dan koyak, sehingga memiliki masa pakai yang sangat lama. 

3. Polyester (PE)

Sumber: Shutterstock

Untuk harga kaos yang terjangkau, salah satu bahannya adalah terbuat dari Polyester atau PE. Harga bahan kaos ini sendiri sudah terjangkau sehingga bisa menekan harga jual kaosnya. Bahan ini juga dikenal sangat baik untuk kaos sablon. Tinta sablon akan dapat mudah menempel sehingga lebih rapi. Sayangnya Polyester kurang daya serapnya sehingga mudah membuat gerah.

4. Cardet

Sumber: Wevatextile

Diameternya benang dari bahan Cardet tergolong besar dan teksturnya agak kasar. Oleh karena itu bahan kaos ini tidak sehalus jenis katun. Meski begitu bahan kaos jenis Cardet tetap diminati karena cukup nyaman digunakan. Bahan kaos ini juga memiliki harga yang lebih terjangkau.

5. Teteron Cotton

Sumber: Medium

Teteron Cotton merupakan bahan kaos campuran antara Cotton dengan Polyester. Bahan kaos jenis ini dikenal memiliki daya tahan yang baik, tidak mudah kusut dan tidak gampang koyak. Hanya saja, karena masih ada unsur Polyester, daya serap bahan kaos ini kurang begitu baik. Namun, dari segi harga bisa dibilang lebih bersahabat.

6. Hyget

Sumber: KasKus

Jenis bahan kaos ini tipis sehingga lebih ringan digunakan. Meski begitu, dari segi kualitas jauh di bawah bahan katun atau Polyester. Ini karena harganya yang lebih murah. Bahan kaos ini juga mengandung campuran plastik, sehingga tidak terlalu baik dalam menyerap keringat. Kamu pun akan lebih cepat gerah saat menggunakannya.

7. Cotton Slub

Sumber: HpSingh

Jenis bahan kaos ini punya tekstur yang tidak merata. Itu karena dari cara pembuatan bahannya yang dipelintir. Namun, di balik itu bahan ini punya tingkat kenyamanan yang cukup baik saat dipakai. Selain itu daya serapnya juga bagus. Ketebalan bahan ini adalah 30s. Sayangnya bahan Cotton Slub lebih mudah berjamur.

8. Cotton Bamboo

Sumber: Arto Konveksi

Bahan yang satu ini punya tekstur yang lebih dan halus. Komposisi pembuat bahan ini adalah 70% serat cotton dan 30% serat bamboo. Adanya serat bambu pada bahan kaos ini membuatnya anti-bakteri dan bagus untuk bahan pakaian anak-anak. Dibanding dengan katun combed katun bambu mempunyai rajutan yang lebih halus dan rata. Kaos ini pun dijamin adem dan sejuk ketika dipakai.

9. Cotton Modal

Sumber: Garmenesia

Setingkat lebih baik dari Cotton Bamboo ada Cotton Modal. Komposisi untuk bahannya terbuat dari serat cotton dan kayu (beechwood). Oleh karena itu bahan ini tergolong premium dan lebih mahal dari Cotton Bamboo. Soal keunggulan, bahan ini terasa halus, adem dan sejuk, ringan, anti-bakteri, hingga elastis.

10. Cotton Three-blend

Sumber: Shanghai Zhaokai

Sesuai namanya, bahan ini merupakan campuran dari tiga bahan kaos. Komposisinya adalah 25% rayon, 25% katun, dan 50% dari polyester. Keunggulan dari bahan kaos ini adalah tidak mudah kusam, lembut, halus dan lentur. 

Nah, itulah beberapa rekomendasi bahan kaos yang bagus dan terbaik. Kamu bisa pilih sesuai dengan budget yang dimiliki. Tentunya semakin baik kualitasnya harganya pun semakin tinggi. Kaos dengan bahan-bahan tersebut bisa didapatkan di toko offline atau online melalui e-commerce.

Jangan lupa ya, pembelian melalui e-commerce kirimnya pakai Anteraja. Anteraja siap mengantar paket kamu sampai ke tujuan ke seluruh pelosok Indonesia. Anteraja sudah tersedia dari Sabang hingga Merauke dengan pilihan pengiriman Same Day, Next Day, atau Reguler.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *