Jenis Lampu Tidur Terbaik dan Awet yang Buat Tidur Lebih Nyenyak

Lampu kamar tidur

Pencahayaan bisa menentukan mood seseorang karena memengaruhi suasana lingkungan. Misalnya saja, pencahayaan yang terang memancarkan suasana riang gembira, semangat, dan waspada. Sementara untuk pencahayaan yang redup menghasilkan suasana yang tenang, damai, dan romantis. Oleh karena itu, sebagian besar lampu tidur memiliki pencahayaan yang redup atau remang.

Pemilihan lampu tidur pun kini tak sebatas pada merk lampu atau penempatannya. Ada banyak jenis lampus tidur yang kini bisa disesuaikan dengan desain interior kamar. Tak hanya modis dari segi desain, lampu tidur yang cocok atau pas dengan suasana di sekitarnya dapat membuat tidur jadi lebih nyenyak. Kamu pun jadi punya kualitas tidur yang baik sehingga bisa segar di pagi hari.

Tips Pilih Lampu Tidur

Sama seperti produk lainnya, lampu tidur pun punya kriteria yang perlu kamu ketahui. Meski sebenarnya kamu bisa bebas membeli lampu tidur, pemilihan lampu tidur yang pas tentu dapat membangun suasana yang nyaman bagi pemilik kamar. Jadi apa saja yang bisa kamu pertimbangkan saat membeli lampu tidur? Anteraja akan membahasnya pada bagian tips di bawah ini.

1. Ukuran Kap

Kebanyakan lampu tidur punya kap untuk mewadahi lampu sekaligus memusatkan cahaya lampu. Intensitas cahaya dan daya pendar lampu ini ditentukan oleh ukuran kapnya. Ukuran kap yang besar tentu akan menghasilkan pendaran cahaya yang luas, sementara cahaya lampu di kap kecil akan lebih terpusat pada satu titik.

2. Temperatur Cahaya

Temperatur cahaya ini menentukan tingkat redup pada cahaya lampu. Temperatur ini dihitung berdasarkan satuan kelvin (K). Semakin rendah nilainya, maka semakin redup. Misalnya saja temperatur di bawah 2.000 K memancarkan cahaya redup seperti cahaya lilin. Temperatur di atas 6.500 K memancarkan rona cahaya kebiruan terang. Saat ini ada juga lampu kamar yang sudah bisa diatur tingkat temperaturnya.

3. Watt dan Warna

Nah, salah satu yang memengaruhi temperatur pada cahaya lampu juga ada pada daya watt-nya. Untuk lampu kamar biasanya menggunakan lampu di bawah 10-watt. Pilihannya adalah 5 watt, 6. watt, 7 watt, 8 watt, atau 9 watt. Semakin rendah maka semakin hemat dan intensitas cahayanya lebih redup. Selain itu pilihan lampu yang punya warna kuning seperti bohlam, karena dapat menimbulkan suasana damai dan tenang dibanding lampu putih.

Jenis-jenis Lampu Tidur Terbaik

Setelah mengetahui bagaimana memilih lampu tidur yang baik, kamu akan mendapatkan rekomendasi jenis lampu tidur yang cocok digunakan pada kamar agar tidur semakin nyaman dan nyenyak. Saat ini ada banyak jenis lampu tidur yang tersedia, sehingga kamu punya banyak pilihan dan bisa menyesuaikan dengan desain kamar. Apa saja?

1. Lampu Tidur Proyektor

Sumber: Shopee

Buat kamu yang suka suasana dunia fantasi atau ingin kamar tampil lebih inovatif, bisa menggunakan lampu tidur proyektor. Lampu jenis ini bisa memancarkan cahaya beserta efek animasinya. Ada berbagai macam animasi yang dapat ditampilkan misalnya, efek luar angkasa, bulan dan bintang, bahkan warna-warni ala lampu disko. Lampu ini tidak terlalu terang namun menimbulkan suasana yang meriah.

2. Lampu Tidur LED

Sumber: OLX

Lampu LED punya banyak beragam bentuk. Ada yang ditempel di dinding, meja, bahkan dipasang di plafon. Lampu LED punya ada banyak pilihan mulai dari cahaya kuning, atau putih, atau biru. Namun, semakin ke sini, ada juga yang bisa berubah-rubah warna seperti pelangi, loh!

3. Lampu Tidur Dinding

Sumber: Shopee

Lampu tidur dinding bisa ditempelkan pada sisi tempat tidur. Namun penempatannya biasanya agak sedikit tinggi. Lampu ini juga dapat terhubung dengan saklar di dinding, atau menggunakan kabel tersendiri. Keuntungan dari lampu dinding adalah tidak memerlukan banyak ruang. Soal temperatur cahaya bisa disesuaikan tergantung pada ukuran lampunya.

4. Lampu Tidur Kayu

Sumber: Tokopedia

Buat kamu yang suka hal-hal unik dan seni, maka pilihan lampu tidur kayu jadi solusinya. Tak hanya dari cahaya lampunya, kenyamanan dan kedamaian tercipta dari pemilihan elemen kayu, yang mana merupakan bahan alami. Meski demikian kamu harus memastikan bahwa lampu tersebut sudah anti-rayap dan dilapisi cairan pengawet agar tahan lama.

5. Lampu Tidur Gantung

Sumber: Tokopedia

Pilihan lainnya adalah lampu gantung. Kalau lampu ini sebenarnya sama dengan lampu pada umumnya karena pemasangannya digantung. Hanya saja butuh tangkai yang panjang agar cahayanya bisa sampai ke kasur ketika digunakan. Lampu ini cocok digunakan untuk kamar yang luas dan punya desain modern.

6. Lampu Tidur Meja

Sumber: Tokopedia

Lampu tidur meja bisa diaplikasikan pada ruangan kamar yang cukup luas. Meski demikian lampunya sendiri punya banyak ukuran. Lampu tidur meja biasanya ditempatkan pada lemari kecil, atau meja di samping kasur. Karena jaraknya dekat, lampu ini pun praktis saat digunakan. Kamu bisa memilih berbagai macam lampu yang tersedia baik itu yang dilengkapi kap atau pun tidak. 

7. Lampu Tidur dan Alarm

Sumber: Bukalapak

Sering terlambat bangun? Mungkin kamu butuh lampu yang punya dua fungsi sekaligus sebagai alarm. Tak hanya bisa mempercantik ruangan dengan pendaran cahayanya, lampu jenis ini bisa menjadi pengingat. Kamu bisa mengatur alarm di jam tertentu sehingga tak akan terlambat bangun.

8. Lampu Tidur Lantai

Sumber: Hipwee

Lampu tidur lantai biasanya berbentuk tiang panjang dan tinggi. Lampu ini cocok ditaruh di sudut kamar dan membuat ruangan jadi lebih modis. Kalau kamu punya kamar yang cukup luas, penggunaan lampu lantai bisa juga digunakan bersebelahan dengan sofa. Lampu ini pun siap menjadi alat penerangan ketika kamu membaca.

Itulah dia beberapa jenis lampu kamar tidur terbaik yang bisa kamu miliki. Beberapa produk tersebut bisa kamu dapatkan di e-commerce kesayangan. Jangan lupa, pilih pengiriman menggunakan Anteraja. Sebab, Anteraja sudah menjangkau ke seluruh Indonesia dan punya pilihan pengantara lengkap mulai dari Same Day, Next Day, hingga Regular.