jual beli barang online
Update Aja

Jual Barang Bekas Online, Solusi Barang Yang Tidak Terpakai

Halo Hepizen! Pasti semuanya pernah punya pengalaman dengan barang bekas kan? Barang bekas sejatinya merupakan barang yang sudah tidak digunakan namun tetap memiliki nilai pakai. Tidak jarang sikap konsumtif membuat kita untuk berbelanja hal yang diluar kebutuhan dan tak jarang akhirnya tidak terpakai namun masih layak untuk digunakan. Salah satunya adalah dengan menjualnya sebagai barang bekas atau istilahnya preloved. Yakni jual barang bekas yang tidak terpakai namun masih pantas untuk dijual.

Selain itu, data juga menunjukkan Indonesia sebagai salah satu negara dengan konsumsi barang bekas yang cukup tinggi. Ini terlihat dari tren digital yang terjadi belakangan dan masih akan terus berkembang selama beberapa tahun kedepan. Ditaksir estimasi uang yang berputar di bisnis barang bekas mencapai 60 milliar dollar Amerika Serikat selama 10 tahun mendatang. 

Barang Bekas Layak Jual

Ada banyak jenis barang bekas yang dapat dijual. Beberapa orang bahkan mencari barang yang lebih bernilai jika karena nilai historis maupun dianggap sebagai barang antik. Berikut adalah beberapa barang yang dapat dijadikan sebagai jualan.

Barang Elektronik 

jual beli barang elektronik

Barang elektronik merupakan salah satu penjualan barang bekas yang paling laku di pasaran. Baik secara offline maupun online barang bekas elektronik seperti handphone, laptop, gadget, game konsol hingga jam tangan. Ini dikarenakan perkembangan elektronik melaju sangat cepat, sehingga terjadinya kelebihan supply yang membuat masyarakat dipaksa untuk terus mengikuti perkembangan terbaru. Alhasil banyak barang-barang elektronik yang sudah tidak dipakai namun layak untuk dijual guna menghasilkan uang. Inilah yang menjadi celah kenapa barang elektronik menjadi primadona dalam bisnis jual beli barang bekas.

Barang Antik

Barang antik merupakan barang yang memiliki nilai historis dan memiliki nilai seni yang tinggi. Selain itu biasanya barang antik merupakan barang yang memiliki nilai budaya dan melekat pada suatu zaman atau generasi. Seperti alat pemutar musik Vynil dan radio tua. Tentu pada masa sekarang adalah barang antik dan bukan merupakan rongsokan. Biasanya juga penggemar barang antik adalah orang yang hobi mengoleksi barang tersebut dan berkumpul dalam suatu komunitas barang antik. Sehingga barang antik akan terus diburu dan memiliki nilai yang tinggi di mata penggemarnya. 

Pakaian

jual barang bekas : pakaian

Sebagai kebutuhan pokok, pakaian adalah hal wajib yang mesti dimiliki setiap orang. Tak jarang, keinginan seseorang akan pakaian melebihi apa yang mereka butuhkan. Barang seperti baju, celana, sepatu dan berbagai aksesoris lainnya. Ini membuat kondisi dimana pakaian-pakaian tersebut menjadi tidak terpakai. Sehingga sangat disayangkan apabila hanya ditumpuk di lemari dan dibiarkan berjamur. Apalagi beberapa waktu belakangan trend pakaian branded sedang marak. Sehingga permintaan akan pakaian bermerek -meski bekas sekalipun- diminati banyak banyak orang. Tentu hepizen sudah banyak mendengar kisah-kisah orang yang berhasil dengan jual pakaian bekas di internet.

Kendaraan Bermotor

jual beli mobil bekas

Yang terakhir adalah kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor adalah barang yang banyak dijual dalam kondisi bekas. Ini dikarenakan mobil masih dianggap sebagai barang mewah dan harganya juga relatif mahal. Sehingga banyak masyarakat yang membutuhkan mobil namun tidak mampu membeli mobil baru dapat membeli mobil bekas sebagai solusinya. Karena merupakan barang mewah, harga jual mobil bekas juga relatif stabil dan tidak turun jauh dari harga barunya. Sehingga banyak orang yang memanfaatkan kendaraan motor bekas sebagai bisnis. 

Akses Internet Baik Bantu Permudah Jual Barang Bekas

Karena kemajuan akses internet yang semakin baik, banyak platform-platform e-commerce dan aplikasi jual beli barang yang menyediakan kolom khusus untuk jual barang bekas secara online. Ini tentu merupakan angin segar bagi para komunitas dan forum yang berkutat dengan bisnis barang bekas. Selain itu orang yang ingin membeli barang juga dimudahkan dengan adanya jual beli online. 

Media sosial juga berperan besar untuk menjadi tempat jual barang bekas. Untuk pembeli tidak perlu repot-repot mendatangi barang yang akan dilihat atau dibeli. Ketika kesepakatan sudah terjadi soal harga maupun detail lainnya. Baru pembeli dan penjual bertemu secara langsung untuk melakukan transaksi jual beli. 

Untuk Jasa pengiriman jual beli barang bekas, Kamu dapat menggunakan Anteraja yang memiliki fitur kiriman barang next day (sehari sampai) dan reguler yang menjamin barang sampai 1-2 hari. Jadi kamu hanya perlu memilih Anteraja menjadi salah satu pengiriman utama pada aplikasi pengiriman barang yang dapat kamu andalkan. Pakai Anteraja #pastibawahepi!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *