11 Rekomendasi Kail Pancing Terbaik di Tahun Ini, Kuat dan Tajam

Kail Pancing terbaik merupakan salah satu hal yang menentukan keberhasilan dalam memancing. Sebagaimana diketahui, memancing memerlukan beragam perlengkapan seperti joran, umpan, dan jaring.

Sebelum mengetahui rekomendasi kail pancing, ada baiknya kamu ketahui dahulu jenis-jenisnya di pasaran. Ini agar kamu bisa menyesuaikan kail pancing dengan ukuran ikannya. Berikut ini penjelasannya.

Jig Hooks

Kail jenis ini merupakan yang paling umum digunakan untuk memancing. Biasanya Jig Hooks digunakan untuk umpan imitasi berbentuk hewan kecil yang terbuat dari silikon atau karet. 

Circle Hooks

Meski sekilas mirip dengan Jig Hooks, kail jenis ini punya mata pancing yang sedikit tertekuk mengarah ke shank (batang yang terhubung dengan kail). Dengan bentuknya yang sedikit bengkok itu membuat kail ini tidak mudah tersangkut.

Octopus Hooks

Ukuran kail pancing ini terbilang pendek. Ciri khasnya adalah lubang kail yang melengkung ke arah yang sama dengan mata pancing. Jenis kail ini pun cocok untuk ikan ukuran besar karena punya celah yang besar.

Double Hooks

Jenis yang satu ini agak berbeda dengan jenis-jenis sebelumnya. Sesuai namanya, double hooks punya mata pancing ganda. Itu membuatnya cocok digunakan untuk memancing ikan besar. Di samping itu persentase mendapatkan ikan pun lebih besar. 

Treble Hooks

Kail pancing dengan mata pancing tiga ini juga cocok untuk memancing ikan berukuran besar. Seperti double hooks, kesempatan mendapatkan ikan dengan kail pancing ini jadi lebih besar. Namun kail pancing ini tidak direkomendasikan di perairan yang banyak tumbuhannya karena akan mudah tersangkut.

Barbed

Barb adalah duri kecil di mata pancing. Fungsi barb agar ikan tidak mudah lepas ketika dipancing. Oleh karena itu penggunaan kail pancing dengan barb tidak cocok kalau kamu berniat melepas kembali ikan hasil tangkapan.

Barbless

Jenis kail pancing barbless merupakan kebalikan dari barbed. Kail pancing ini tidak punya duri di mata pancingnya sehingga ikan yang sudah dipancing akan mudah dilepaskan. Di sisi lain, jenis kail pancing ini juga dianggap lebih aman buat kamu sendiri.

Sudah tahu kan, apa saja jenis-jenis kail pancing di pasaran. Sedikit tips saja, kail pancing tentu punya ukuran yang beragam. Ukuran kail yang lebih besar dari kail ukuran satu (1) akan diberi tambahan angka nol (0). Jadi, penulisannya adalah 1/0, 2/0, 3/0, dan seterusnya.

Selain itu kamu juga perlu mempertimbangkan ukuran ikan yang dipancing. Untuk ikan ukuran kecil hingga sedang biasanya menggunakan kail pancing ukuran sepuluh (10) hingga satu (1). Sementara itu, ikan ukuran besar menggunakan kail pancing berukuran 1/0 dan seterusnya.

Kail pancing juga biasanya terbuat dari dua bahan yakni stainless steel dan karbon. Keduanya tentu punya kelebihan masing-masing. Untuk kail pancing berbahan stainless steel biasanya anti-karat sehingga aman digunakan di laut. Sementara kail pancing berbahan karbon cukup kuat dan ringan sehingga banyak dipilih oleh pemancing.

Rekomendasi Kail Pancing Yang Bagus dan Terbaik

Masih bingung pilih kail pancing terbaik agar berhasil memancing ikan? Jangan khawatir, Anteraja sudah punya rangkumannya, nih! Langsung saja disimak, ya!

1. Sasame Hooks Sode

Foto: Tokopedia

Kail pancing yang satu ini cukup unik, loh! Sebab Sasame Hooks Sode tidak menyediakan lubang pengikat untuk tali pancingnya. Sebagai gantinya kamu bisa mengikatnya pada area kecil yang rata namun tidak mudah lepas meski hanya dililitkan ke shank. 

Sasame Hooks Sode punya beragam ukuran kail pancing seperti 28, 26, 24, 22, 20, 18, 16, 15, 14, 13, 12, 11, 10, 9, 8, dan 6. Jenis kail pancing jig hooks ini terbuat dari bahan karbon yang kuat. Harga Rp 23,5 ribu.

2. Daiichi Stainless Steel Fishing Hooks

E-Waves Fishbytes

Buat kamu yang suka memancing di laut, merk kail pancing Daiichi sangat direkomendasikan. Karena terbuat dari stainless steel kail pancing Daiichi tidak mudah karatan. Ukuran pancingnya juga tergolong besar dan dilengkapi dengan barb. 

Jenis kail pancing jig hooks ini punya ukuran 4, 3, 2, 1, 1/0, 2/0, 3/0, 4/0, 5/0, dan 6/0. Harga Rp 40 ribu.

3. Decoy Barb Treble

Foto: Fishing Mart

Decoy punya produk kail pancing yang berkualitas, salah satunya jenis barb treble. Kail pancing dengan tiga mata pancing ini terbuat dari timah dan aqua block. Dengan mata pancing yang banyak, membuat peluang mendapatkan ikan jadi lebih besar.

Decoy Barb Treble punya beragam ukuran mulai dari 6/0, 7/0, 8/0, dan 10/0. Harga dari kalin pancing ini adalah Rp 425 ribu.

4. Gamakatsu Nautilus Circle Hook

Foto: Tokopedia

Untuk kail pancing yang kuat dan ikan tidak mudah lepas, Gamakatsu Nautilus Circles Hook jadi pilihan tepatnya. Kail pancing ini dibuat bengkok dan mata pancingnya dilengkapi barb. Bentuk seperti itu membuat ikan sulit lepas ketika sudah terpancing.

Jenis kail pancing circle hook ini punya beragam ukuran mulai dari 1, 1/0, 2/0, 3/0, 4/0, 5/0, dan 6/0. Harga Gamakatsu Nautilus Circle Hook Rp 35 ribu.

5. KENZI Double Hook

Foto: Shopee

Kail pancing dengan dua mata pancing ini cocok untuk memancing ikan berukuran besar. Biasanya ikan dengan jumbo disukai pemancing karena mampu memberi tarikan yang kuat. Inilah yang membuat pengalaman memancing jadi seru karena harus menaklukan kekuatan ikan.

Salah satu rekomendasi kail pancing double hook adalah merk KENZI. Produk ini punya ukuran 4, 3, 2, 1, 1/0, 2/0, 3/0, dan 4/0. Harganya pun cukup terjangkau yakni Rp 13 ribu.

6. Hemus Treble Hook

Foto: Tokopedia

Hemus merupakan merk kail pancing asal Jepang. Produk ini terbuat dari bahan karbon dan lebih tahan karat. Kail pancing ini juga diklaim lebih kuat untuk ikan-ikan besar. 

Hemus Treble Hook juga punya berbagai ukuran mulai dari 1/0 2/0 3/0 4/0, 1, 2, dan 4. Harga kail pancing ini Rp 12 ribu.

7. Hammer Head Chinu Hook Luminous Series

Foto: Shopee

Ini adalah salah satu kail pancing yang cukup unik. Lapisan cat pada kail pancing ini bisa menyala di dalam gelap alias glow in the dark, loh! Fitur ini berfungsi agar menarik perhatian ikan sehingga peluang mendapatkan ikan jadi lebih besar.

Karena punya fitur glow in the dark kail pancing ini pun direkomendasikan buat kamu yang sering mancing di malam hari atau memancing di dasaran. Jenis kail pancing jig hooks ini berbahan karbon dan punya ukurang 8 hingga 3. Harga Rp 17 ribu.

8. Decathlon Caperlan Circle Eye Single Sea Fishing Hook

Foto: Tokopedia

Kalau kamu sering memancing ikan besar, mungkin pernah mengalami kail pancing menjadi bengkok. Hal itu tak akan terulang lagi karena kail pancing ini terbuat dari bahan baja. Selain kuat, Decathlon Caperlan Circle Eye Single Sea Fishing Hook juga tidak mudah berkarat karena dilapisi nikel.

Jenis kail pancing circle hooks ini pun punya ukuran yang beragam mulai dari 2, 4, 6, 2/0, hingga 4/0. Selain itu mata pancingnya pun sudah dilengkapi barb sehingga ikan tidak mudah lepas. Harga kail pancing ini Rp 85 ribu.

9. Milano Bradley Kantsuki Chinu Ring Ultra Sharp

Foto: Mancing Aja

Mata pancing dari Milano Bradley Kantsuki Chinu Ring Ultra Sharp cukup istimewa karena terbuat dari silver. Bahan ini diklaim lebih kuat sehingga ketika mendapatkan ikan yang cukup besar tidak akan patah.

Selain itu produk ini juga punya barb di ujung mata pancingnya. Berjenis kail pancing octopus hook, Minalo Bradley Kantsuki Chinu Ring Ultra Sharp  punya ukuran 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan 8. Harganya Rp 36 ribu.

10. Daimaru Marusode

Foto: Shopee

Terbuat dari bahan karbon, kail pancing Daimaru Marusode diklaim lebih kuat sehingga kejadian kail pancing bengkok dan ikan lepas tidak akan terulang kembali. Mata pancingnya pun dikatakan sudah lebih kuat.

Jenis kail pancing octopus hooks ini punya ukuran yang cukup beragam mulai dari 0,8. 0,5, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, dan 15. Harganya juga cukup terjangkau yakni hanya Rp 12,5 ribu.

11. Loomis & Franklin Pro Cut Chinu Barbless

Foto: Shopee 

Loomis & Franklin Pro Cut Chinu Barbless direkomendasikan buat kamu yang suka melepas ikan hasil memancing. Ini karena lengkungannya lebih terbuka dan mata pancingnya tanpa barb, memudahkan kamu melepas ikan yang sudah terpancing.

Jenis kail pancing octopus hooks ini punya ukuran 5, 6, dan 7. Selain dapat ikut melestarikan ikan, kail pancing ini juga aman digunakan buat kamu ketika tanpa sengaja mengait di tangan. Harga Rp 20 ribu.

Itu dia rekomendasi kail pancing terbaik yang bisa kamu pilih. Selain punya bahan yang kuat, kail pancing tersebut tentu sangat tajam. Jangan lupa juga tetap selalu berhati-hati ketika memancing jangan sampai kamu terpeleset atau terkena mata pancing sendiri.

Kalau sudah menentukan pilihan, segeralah check out dan pilih pengiriman menggunakan Anteraja yang sudah menjangkau seluruh daerah di Indonesia. Anteraja, Jasa Pengiriman Yang #PastiBawaHepi