11 Rekomendasi Kamera Analog Murah dan Terbaik di 2021 untuk Pemula

Kamera Analog Murah dan Terbaik

Tren kamera analog kembali tinggi beberapa waktu belakangan, sehingga banyak orang kembali berburu kamera analog untuk digunakan dan dikoleksi. Memang memotret menggunakan kamera analog tidak semudah kamera digital atau smartphone, namun ada beberapa hal yang tidak bisa didapatkan pada kamera zaman sekarang. Kamera analog memiliki warna yang sangat khas dan menimbulkan kesan keren pada objek yang dipotret. Hal inilah yang menjadi tren dikalangan anak muda, karena banyak dari mereka yang tidak merasakan kamera analog di era kejayaannya.

Nah pasti tujuan kamu mengunjungi artikel ini adalah mencari kamera analog untuk dibeli, karena memang ada banyak jenis kamera analog dari berbagai merk yang memiliki spesifikasi berbeda-beda. Apalagi kamera analog memiliki tahun produksi yang berbeda-beda, sehingga diperlukan banyak pertimbangan karena umur dari pemakaian kamera tersebut. Biar kamu nggak salah pilih, kamu harus simak betul-betul rekomendasi kamera analog murah dan terbaik di bawah ini. Terlebih lagi untuk kamu para pemula yang masih awam terhadap kamera analog. Makanya langsung kamu simak aja yuk di bawah ini!

Rekomendasi Kamera Analog Terbaik dan Murah untuk Pemula

1. Nikon FE2

Kamera Analog Murah dan Terbaik - Nikon FE2
Sumber: Straight No Filter

Nikon FE2 akan menjadi pembuka dari daftar rekomendasi kamera analog terbaik kali ini. Kamera ini dirilis pada tahun 1983 dan mengalami masa produksi hingga tahun 1987. Karena terbilang memiliki umur yang tidak terlalu tua, kamera ini menjangkau shutter speed hingga 1/4000s dan jangkauan ISO mulai dari 12 hingga 4000. Buat kamu para pemula, Nikon FE2 ini bisa menjadi pilihan menarik karena stok barangnya juga masih cukup tersebar.

Harga Kamera Analog Nikon FE2: Mulai dari Rp.700.000

2. Canon Canonet Q17

Kamera Analog Murah dan Terbaik - Canon Canonet Q17
Sumber: Canon

Jika bagi kamu Nikon FE2 kurang vintage, masih ada Canon Canonet Q17 yang dirilis pada tahun 1965. Tentu kamera ini juga memiliki spesifikasi yang jauh di bawah Nikon FE2, karena Canon Canonet Q17 hanya memiliki shutter speed hingga 1/500s dan jangkauan ISO dari 25 hingga 400. Lensa yang dibawa kamera ini memiliki aperture yang sangat besar yaitu di angka f/1.7, sehingga dapat menghasilkan gambar yang bokeh.

Harga Kamera Analog Canon Canonet Q17: Mulai dari Rp.1.000.000

3. Olympus OM-1

Kamera Analog Murah dan Terbaik - Olympus OM-1
Sumber: Olympus Global

Kamera analog selanjutnya yaitu Olympus OM-1 yang memiliki desain yang ramping dan bobot yang ringan untuk ukuran sebuah kamera SLR. Dirilis pada tahun 1972 membuat kamera ini langsung menyabet gelar sebagai kamera SLR terkecil dan teringan di dunia. Olympus OM-1 memiliki shutter speed hingga 1/1000s dan jangkauan ISO dari 25 hingga 1600. Bodinya yang ramping sangat cocok untuk menemani kamu travelling tanpa khawatir akan merepotkan.

Harga Kamera Analog Olympus OM-1: Mulai dari Rp.2.000.000

4. Pentax K1000

Kamera Analog Murah dan Terbaik - Pentax K1000
Sumber: Kenrockwell

Mungkin nama Pentax tidak terdengar familiar di era kamera digital, namun merk Pentax ini termasuk sangat terkenal di era kamera analog dan memiliki reputasi yang sangat bagus. Pentax K1000 termasuk kamera dari Pentax yang harus kamu miliki, dengan shutter speed hingga 1/1000s dan memiliki fitur self timer. Kamera yang diproduksi dari 1976 hingga 1997 ini bisa kamu masukan ke dalam wishlist karena fiturnya yang cukup modern.

Harga Kamera Analog Pentax K1000: Mulai dari Rp.700.000

5. Ricoh 500GX 

Kamera Analog Murah dan Terbaik - Ricoh 500GX
Sumber: Shopee

Ricoh 500GX memiliki bentuk yang sangat keren dan ringkas dengan bentuk persegi panjang tanpa adanya tonjolan-tonjolan. Namun spesifikasi dari kamera ini tidak menakjubkan, karena Ricoh 500GX hanya memiliki shutter speed hingga 1/500s saja. Nah kamera ini memiliki harga yang sangat terjangkau, sehingga bisa menjadi pilihan apabila kamu tidak memiliki budget besar untuk membeli kamera analog.

Harga Kamera Analog Richoh 500GX: Mulai dari Rp.850.000

6. Yashica FX-3 Super 2000

Kamera Analog Murah dan Terbaik - Yashica FX-3 Super 2000
Sumber: Shopee

Yashica FX-3 termasuk kamera 35mm yang sangat populer di tahun 1979, sehingga Yashica memproduksi FX-3 Super pada tahun 1984 untuk menggantikan FX-3 dan kemudian memproduksi FX-3 Super 2000 ini pada tahun 1986 untuk menggantikan FX-3 Super. Penambahan fitur besar-besaran disematkan pada kamera ini, seperti shutter speed hingga 1/2000s, jangkauan ISO 25-3200, dan exposure meter untuk memberi informasi intensitas cahaya yang masuk ke lensa.

Harga Kamera Analog Yashica FX-3 Super 2000: Mulai dari Rp.1.000.000

7. Fujica M1

Kamera Analog Murah dan Terbaik - Fujica M1
Sumber: Carousell

Harganya yang sangat murah dan produknya yang mudah dicari membuat kamera ini sangat cocok untuk kamu yang baru mulai terjun ke dunia kamera analog. Memang Fujica M1 ini tidak membawa spesifikasi yang sangat bagus, karena kamera ini adalah kamera fix dan memiliki shutter speed 1/125s saja. Namun foto yang dihasilkan bisa membuat kamu cukup kaget karena sangat di luar ekspektasi dari harga yang ditawarkan.

Harga Kamera Analog Fujica M1: Mulai dari Rp.300.000

8. Fujifilm MDL-9

Kamera Analog Murah dan Terbaik - Fujifilm MDL-9
Sumber: Carousell

Fitur panorama adalah fitur keren yang disematkan pada Fujifilm MDL-9 ini, nggak heran kamera ini cukup populer dan banyak dicari oleh orang. Walaupun sangat dicari, kamera ini tidak langka dan memiliki harga yang sangat terjangkau. Memang kamera ini sudah cukup modern, sehingga kamu tidak bisa menikmati bodi vintage yang ada pada kamera di tahun 60an. Namun kamu bisa menjadikan kamera ini sebagai kamera kedua atau ketiga dari jajaran koleksi kamera analog kamu.

Harga Kamera Analog Fujifilm MDL-9: Mulai dari Rp.300.000

9. Kodak Signet S35

Kamera Analog Murah dan Terbaik - Kodak Signet S35
Sumber: Shopee

Barangnya yang cukup langka membuat kamu harus berupaya lebih untuk mencarinya, karena Kodak Signet S35 ini tidak terlalu populer di Indonesia. Namun bukan berarti kamera ini tidak bagus, karena Kodak Signet S35 memiliki warna yang cukup memenuhi selera banyak orang. Walaupun langka, kamera ini tidak memiliki harga yang tinggi. Kamu bisa mendapatkannya di harga mulai dari 400 ribu atau bahkan 300 ribu rupiah.

Harga Kamera Analog Kodak Signet S35: Mulai dari Rp.400.000

10. Olympus MJU II

Kamera Analog Murah dan Terbaik - Olympus MJU II
Sumber: Anatomy Films

Olympus MJU II ini diproduksi pada tahun 1997 dan langsung menyabet penghargaan di tahun yang sama. Bodinya yang kecil dan tahan percikan serta autofocus yang akurat membuat kamera ini memiliki harga yang cukup mahal. Kamera ini memiliki shutter speed hingga 1/1000s dan jangkauan ISO 50-3200. Terdapat juga fitur self-timer dan LCD untuk battery dan frame counter.

Harga Kamera Analog Olympus MJU II: Mulai dari Rp.1.000.000

11. Rollei 35

Kamera Analog Murah dan Terbaik - Rollei 35
Sumber: Lomography

Walaupun diproduksi pada tahun 1966, Rollei 35 ini memiliki bodi yang sangat mungil bahkan bisa menyamai bodi kamera mirrorless di zaman sekarang. Memang kamera ini termasuk kamera 35mm terkecil setelah Minolta TC-1 dan Minox 35. Rollei 35 ini memiliki shutter speed hingga 1/500s dan ISO 25-1600. Nah kamu harus merogoh kantong agak dalam, karena harga kamera ini bisa mencapai 76 juta rupiah untuk seri Classic Cold 75th Anniversary.

Harga Kamera Analog Rollei 35: Mulai dari Rp.3.000.000

Nah itu dia 11 rekomendasi kamera analog yang bisa kamu beli dan kamu koleksi di tahun 2021 ini! Buruan beli barangnya supaya kamu bisa mengikuti tren kamera analog yang sedang tinggi-tingginya. Kalau kamu bingung dimana mencari kamera analog, kamu bisa mencarinya di berbagai marketplace langganan kamu. Atau kamu juga bisa berkeliling ke tempat-tempat yang banyak menjual kamera di daerah kamu. Syukur-syukur kalau kamu bisa mendapatkannya secara online, karena kamu tidak perlu capek-capek pergi ke luar rumah. 

Apalagi kalau kamera yang kamu beli dikirim dengan layanan pengiriman Same Day dari Anteraja, dijamin kamera baru kamu akan sampai maksimal 8 jam saja! Nggak perlu takut ongkirnya mahal kok, biar nggak penasaran kamu bisa cek ongkir dulu untuk memastikan harga ongkir ke tujuan kamu. Pasti nggak bakal bikin kantong kamu jebol kok, bahkan lebih mahal ongkos yang harus kamu keluarkan apabila kamu pergi berkeliling toko kamera. 

Jangan lupa juga, kamu bisa melacak barang yang sedang dikirim dengan sesuka hati. Sehingga kamu nggak perlu takut kamera baru kamu nyasar! Tinggal duduk aja dengan tenang dan cek resi pengiriman kamu pada aplikasi Anteraja di smartphone kamu. Mudah banget kan? Yuk langsung gunakan Anteraja sekarang juga, biar kamu bisa gunakan kamera baru kamu secepatnya!