kamera mirrorless
Update Aja

Tips Memilih Kamera Mirrorless Bagi Fotografer Pemula

Kamera merupakan alat yang dibuat untuk menangkap sebuah momen, baik berupa video ataupun foto. Namun, apakah hepizen pernah mendengar istilah kamera mirrorless? Mungkin banyak dari hepizen yang memiliki hobi fotografi sudah familiar dengan jenis kamera ini. Kamera mirrorless adalah istilah yang digunakan oleh kamera jenis baru yang tidak memiliki cermin dan jendela untuk lensa. Inilah asal muasal asal kata “mirrorless” dapat melekat.

Kamera Mirrorless vs DSLR

Karena tidak memiliki cermin dan jendela lensa, maka kamera ini cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan DSLR. Namun, meskipun tidak memiliki cermin dan lensa seperti kamera DLSR kamera mirrorless terbantu oleh sensor kamera yang mutakhir. Kelebihan lainnya, ukuran kamera mirrorless lebih mungil karena ketiadaan komponen cermin dan lensa tersebut. Dari segi harga pun kamera mirrorless berada di harga kamera DSLR pada umumnya.

Dengan begitu kamera mirrorless akan lebih nyaman untuk dibawa bepergian atau jalan-jalan karena memiliki body tidak sebesar kamera DSLR. Di sisi lain, kamera DSLR tetap memiliki kualitas yang mumpuni dan memberikan hasil gambar yang presisi. Para fotografer profesional tetap menggunakan kamera DSLR karena faktor tersebut. Sedangkan orang yang hobi fotografi atau fotografer pemula akan lebih familiar dengan kamera mirrorless karena lebih mudah dibawa-bawa dan memiliki interface yang lebih sederhana.

Tips Memilih Kamera Mirrorless Untuk Pemula

lensa kamera mirrorless

Fotografi merupakan sebuah hobi yang unik. Karena ini menggabungkan dua elemen yaitu rasa dan teknik. Untuk dapat menjadi seorang fotografer harus memiliki pengalaman yang cukup, mengenal jenis kamera, teknik pengambilan gambar dan sebagainya. Untuk dapat memulainya, kamera mirrorless dapat menjadi jawaban bagi para pemula yang ingin menekuni dunia fotografi. Berikut kami akan memberikan tips untuk dapat memilih kamera mirrorless yang tepat bagi para pemula.

Pilih Ukuran Sensor Yang Dibutuhkan

Karena kamera jenis ini tidak memiliki cermin dan lensa. Maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah ukuran sensor yang terletak pada kamera. Semakin bagus sensor yang digunakan, maka akan semakin detail gambar atau video yang ditangkap. Ada beberapa jenis lensa yang digunaka seperti Four Thirds yang hanya mampu menangkap setengah dari sensor full frame. Selanjutnya ada APS-C yang mampu mengambil gambar mid range yang masuk kategori menengah kebawah. Lalu ada full frame dapat mengabadikan gambar lebih luas dan wide. Biasanya kamera yang menggunakan sensor ini bisa dikategorikan kamera menengah keatas. Dan yang level paling tinggi adalah medium format, yang umumnya digunakan untuk memfoto hasil yang sangat besar seperti banner dan lain-lain.

Resolusi Kamera

Resolusi kamera juga tetap menjadi pertimbangan karena akan mempengaruhi kejernihan gambar yang dihasilkan. Sekarang banyak kamera menawarkan fitur 4k display pada kamera mirrorless. Ini berarti kamera sudah bisa menghasilkan gambar dengan resolusi yang sangat tinggi. Biasanya makin tinggi resolusi kamera juga menentukan harga kamera tersebut.

Desain dan Fitur

Selanjutnya adalah desain dan fitur dari kamera itu sendiri. Tiap produsen kamera memiliki ciri khas masing-masing. Pada beberapa kasus, itu turut mempengaruhi faktor suka atau tidak sukanya fotografer dengan sebuah kamera. Selain itu fitur juga sangat penting, mengingat fitur-fitur tertentu dapat membantu fotografer dalam menghasilkan sebuah gambar atau video. Sebagai contoh fitur seperti viewfinder, vari-angle, stabilizer dan penghilang noise sangat membantu fotografer menyelesaikan tugasnya seperti merekam video maupun untuk video blogging.

Pilihan Lensa

Kelebihan terakhir adalah lensa yang dapat diganti-ganti sesuai kebutuhan. Kamu bisa menggunakan beberapa lensa dalam satu kesempatan. Ini memberikan keleluasaan pada fotografer untuk dapat menyesuaikan teknik dengan objek fotografi seperti membutuhkan lensa prime atau telefoto

Setelah memahami kelebihan dan tips memilih kamera mirrorless untuk pemula. Semoga artikel ini dapat membantu hepizen dalam memilih kamera mirrorles yang tepat untuk menunjang hobi fotografi kamu!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *