11 Keju Parmesan yang Bagus, Paling Enak dan Terbaik

keju parmesan

Makanan dengan tambahan komposisi keju semakin banyak variannya. Selain untuk membuat makanan semakin enak, keju juga ditambahkan sebagai toping untuk membuat makanan tersebut tampak unik. Keju sendiri ada banyak macamnya, mulai dari keju cheddar, mozzarella, parmesan dan jenis keju lainnya.

Keju yang banyak digunakan untuk taburan berbagai macam makanan adalah keju parmesan. Keju ini memiliki rasa yang sedikit manis dan kaya akan rasa gurih. Keju yang berasal dari Italia ini juga punya punya silsilahnya. Jenis Parmigiano Reggiano hanya diproduksi di bagian timur laut negara Italia, atau lebih tepatnya di Parma, Reggio Emilia, Modena, dan sejumlah wilayah di provinsi Matua dan Bologna.

Tips Memilih Keju Parmesan yang Bagus

Kalau kamu ingin membeli keju parmesan, ketahui terlebih dahulu bagaimana memilih keju yang bagus. Sebab ada banyak merk keju parmesan yang menawarkan berbagai keunggulan sehingga membuat kamu bingung. Apa sana tipsnya? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Tipe Bubuk

Keju parmesan bubuk dibedakan menjadi keju parmesan bubuk yang terbuat dari keju Parmigiano asli dari Italia, dan keju bubuk yang diolah menyerupai Parmigiano-Reggano asli. Keju Parmigiano asli dari Italia biasanya mendapatkan cap segel dari badan sertifikasi mutu di Italia, yaitu Protected Designation of Origin (DOP). 

Kemudian untuk keju Parmigiano asal Jepang, Amerika, atau Indonesia, dibuat mendekati Parmigiano asli dari Italia. Beberapa produk bahkan juga tidak menggunakan zat aditif, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh keluarga dan anak-anak. Produk yang beredar juga tidak semuanya 100% keju alami, ada yang dicampur dengan zat anti-gumpal.

2. Tipe Batang

Untuk memilih tipe batang sebaiknya pilihlah keju parmesan yang berusia 24 bulan. Rentang waktu tersebut adalah waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya. Semakin lama usia keju tersebut, rasanya pun akan semakin kuat. DOP telah mengklasifikasikan keju batangan menjadi tiga kelas, yaitu emas, perak, dan aragosta (merah). Keju dengan klasifikasi aragosta telah mengalami periode penuaan selama 18 bulan, perak 22 bulan, dan emas 30 bulan.

Rekomendasi Keju Parmesan yang Bagus dan Enak

Ada banyak merk keju parmesan yang ada di pasaran. Kamu tentu harus pintar memilih dan ingat tips di atas sebelum membeli. Agar tak bingung mencari-cari, Anteraja sudah merangkum beberapa merk keju parmesan yang direkomendasikan karena kualitasnya bagus dan rasanya enak.

1. Galbani Parmigiano Reggiano DOP

Sumber: HappyFresh

Keju Galbani Parmigiano Reggiano DOP sudah terkenal akan kualitasnya. Bahan bakunya terbuat dari matured cheese dan disimpan selama 16 bulan. Warnanya pun seperti keemasan. Teksturnya seperti bubuk granular bertekstur flaky. Soal rasa ada sensai sedikit asin saat kamu mencicipinya. Harga mulai dari Rp 92.000.

2. Keju Parmesan Anchor

Sumber: Blibli

Merk keju asal Selandia Baru ini bisa kamu temukan di toko-toko swalayan. Bahan bakunya terbuat dari 100% susu sapi murni. Rasa keju ini sangat autentik dan cocok untuk taburan pasta, daging, ayam dan makanan lainnya. Selain enak, Keju Parmesan Anchor juga kaya akan gizi. Harga mulai dari Rp 44.000.

3. Galbani Grana Padano DOP

Sumber: Shopee

Keju dengan tampilan kuning tua ini punya aroma yang khas dan lembut. Soal kualitas, Galbani Grana Padano DOP sudah mendapatkan cap DOP dan dilindungi oleh Consorzio per la Tutela del Formaggio Grana Padano. Tekstur yang dimilikinya sedikit lembap berminyak, amat pas dijadikan sebagai table cheese untuk grating. Harga mulai Rp 77.000.

4. Keju Parmesan Kraft

Sumber: HappyFresh

Keju ini dibuat dari part-skim milk, sehingga cocok untuk segala jenis makanan. Kamu bisa mencampurkannya untuk membuat sup, pasta, popcorn dan makanan gurih lainnya. Selain itu, Keju Kraft juga dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan keju parmesan sejenis. Keju ini juga banyak tersedia di toko swalayan. Harga mulai Rp 65.000.

5. Galbani Paesano

Sumber: Tokopedia

Galbani Paesano termasuk dalam hard cheese yang diproduksi sejak abad ke-12 di wilayah utara Italia. Setiap produknya mendapatkan sertifikat akreditasi dari British Retailers Standards dan terjual di lebih dari 50 negara. Produk ini direkomendasikan untuk kamu yang mencari bubuk parmesan bercita rasa asli Italia. Harga mulai dari Rp 45.900.

6. Keju Parmesan Green Valley

Sumber: PaDi UMKM

Dengan kemasan botol, keju ini jadi lebih praktis ketika digunakan. Selain itu kemasan botol juga membuatnya jadi lebih awet. Keju ini diklaim bisa bertahan hingga 9 bulan. Keju parmesan Green Valley pun cocok dibawa ke mana pun. Aroma kejunya yang kuat cocok untuk topping pada aneka makanan seperti omelette atau roti. Harga mulai Rp 29.000.

7. Madree The Real Vegan Cheese Parmesano

Sumber: Tokopedia

Buat kamu yang tak suka susu, ada keju parmesan yang terbuat dari nabati. Madree The Real Vegan Cheese Parmesano terbuat dari kacang mete organik yang diblender halus dan dicampurkan dengan bahan pembuat keju lainnya. Soal rasa jangan khawatir, keju ini terasa seperti keju pada umumnya loh! Harga mulai dari Rp 97.500.

8. Keju Parmesan Floridia

Sumber: Shopee

Keju ini cocok untuk tambahan pizza. Floridia merupakan merk keju asal Australia yang terkenal punya cita rasa yang kuat dan gurih. Floridia merupakan keju yang awet atau tahan lama karena sanggup disimpan hingga 6 bulan. Kamu pun bisa menggunakannya untuk berbagai macam makanan. Harga mulai dari Rp 130.000.

9. Lemnos Foods Grated Parmesan

Sumber: Tokopedia

Keju Lemnos termasuk yang punya kualitas tinggi. Keju ini sudah tersertifikasi makanan sehat dan aman yaitu, seperti sertifikat organik, SQF, Dairy Safe, HACCP, bahkan halal. Lemnos sudah berpengalaman sejak tahun 1969 dalam mengembangkan produk keju khas Mediterania. Harga mulai dari Rp 57.000.

10. Happy Valley Dairy’s Grated Parmesan Cheese

Sumber: Delisari

Bahan baku dari Happy Valley Dairy’s ini terbuat dari 100% pure parmesan. Ini membuatnya punya aroma yang khas dan rasa yang kuat. Produk ini juga punya kadar kelembapan rendah sehingga bisa disajikan di meja makan tanpa mencemaskan kualitasnya turun. Teksturnya kering dan warnanya kuning muda. Harga Rp 31.000.

11. Pacific Lacto Jaya Green Valley Grated Parmesan Cheese

Sumber: MyBest

Aroma dari Pacific Lacto Jaya Green Valley terkesan kuat. Ini membuat cita rasa pada makanan semakin nikmat. Keju ini cocok digunakan pada makanan omelette, roti, dan lainnya. Kemasannya yang disimpan dalam botol, membuat keju ini juga tahan lama. Harga mulai dari Rp 42.000.

Itulah daftar rekomendasi keju parmesan yang bagus dan enak yang bisa kamu coba. Selain di toko swalayan, kamu juga bisa mendapatkannya di toko online atau e-commerce kesayanganmu. Jangan lupa pilih pengiriman menggunakan Anteraja yang sudah menjangkau ke seluruh Indonesia. Anteraja juga punya banyak pilihan pengiriman mulai dari Same Day, Next Day, dan Regular.