InTips Aja

Jenis Kertas Hitam yang Oke Digunakan untuk Menggambar

Hepizen, apakah ada di antara kamu yang hobi menggambar? Tentu kamu tahu betul kalau bukan hanya skill yang berperan dalam kualitas hasil menggambar kamu, tapi juga resource atau peralatan yang digunakan. Selain pensil, kertas hitam atau sketsa yang digunakan untuk membuat gambar pun bisa memengaruhi hasil. 

Mungkin selama ini kamu hanya menggunakan kertas pada buku gambar yang umumnya dijual di berbagai toko buku. Padahal, dalam dunia desain, jenis kertas yang tersedia ternyata cukup beragam, lho.

Mulai dari kertas linen, manila, padalarang, concord, hingga kopenhagen, semua bisa kamu gunakan untuk menggambar. Ini dia beberapa di antaranya yang perlu untuk kamu ketahui, Hepizen!

Jenis-Jenis Kertas Hitam

Kertas manila

Kalau kamu termasuk orang yang suka menggambar dalam warna hitam putih saja, maka kertas manila sangat cocok untuk digunakan. Kertas yang juga dikenal dengan nama kertas BC dan BW (Blues White) ini memiliki permukaan yang cenderung licin. Teksturnya pun begitu lembut dan halus. Kondisi ini membuat kertas manila cenderung sulit menyerap pigmen warna dari pensil gambar kamu. Jadi, sebaiknya gunakan kertas manila untuk menggambar dalam warna hitam dan putih saja, ya!

Kertas concord

Berbeda dari kertas manila yang cenderung halus, kertas concord justru memiliki tekstur yang agak bergelombang. Sebetulnya kertas concord lebih sering digunakan di dunia percetakan, misalnya untuk mencetak undangan atau sertifikat.

Namun, tidak sedikit pula yang memanfaatkannya untuk menggambar mengingat teksturnya yang cukup artistik. Karena teksturnya ini, biasanya kebanyakan orang menggunakan kertas concord untuk menggambar dengan pensil. Arsiran dari pensil akan memberikan efek tekstur berlubang-lubang yang begitu unik.

Kertas padalarang

Bagi Hepizen yang masih merupakan pemula atau baru terjun ke dunia desain, maka kertas padalarang inilah yang sebaiknya kamu gunakan untuk menggambar. Disebut dengan kertas padalarang karena memang diproduksi oleh PT Kertas Padalarang. Tidak hanya dijual dengan harga yang relatif murah, kualitasnya pun cukup bagus. Namun, saat menggambar di atas kertas padalarang, kamu dianjurkan untuk tidak menghapus gambar dengan tekanan keras karena kertas bisa berisiko mengelupas. 

Kertas linen

Ciri khas dari kertas linen adalah teksturnya yang menyerupai garis-garis pendek horizontal dan vertikal. Jadi, ketika kamu menggoreskan pensil di atas kertas linen, maka akan muncul efek garis pendek pada hasil gambar kamu. Kalau ingin mengurangi efek tekstur garis yang berlebihan, kamu bisa menggunakan sisi belakang kertas linen.

Kertas Linen hitam untuk menggambar

Umumnya, kertas linen hadir dalam warna hitam, warna putih, dan warna cream. Untuk mendapatkan hasil yang agak berbeda, kamu bisa menggunakan kertas hitam untuk menggambar dengan goresan dari pensil silver atau abu-abu. Namun, fungsi kertas linen sebetulnya tidak hanya itu. Selain media menggambar, kertas linen juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi latar belakang pemotretan produk online sehingga hasilnya terlihat seperti foto studio profesional.  

Kertas samson

Jika dibandingkan dengan jenis kertas untuk menggambar lainnya, bisa dibilang kalau kertas samson memiliki tampilan yang agak berbeda. Hadir dalam warna cokelat kardus, kertas samson terlihat seperti kertas daur ulang dengan ketebalan yang pas. Tidak terlalu tipis maupun terlalu tebal. Baik digunakan untuk menggambar dengan pensil warna atau hitam putih, kertas samson bisa memberikan hasil gambar yang baik dan sesuai dengan keinginan kamu.

Kertas kopenhagen

Butuh untuk menggambar di atas kertas warna-warni? Kertas kopenhagen bisa menjadi solusi, Hepizen. Jenis kertas satu ini memang umumnya dijual dalam aneka warna menarik. Mulai dari yang monokrom seperti warna hitam dan putih hingga yang cerah seperti cream dan kuning, semua bisa kamu temukan.

Namun, karena kertas sebagai alas menggambar sudah cukup berwarna, biasanya memang kertas kopenhagen kurang cocok untuk digunakan menggambar dengan pensil warna. Sedangkan untuk tekstur, kertas kopenhagen memiliki tekstur garis-garis lurus seara berukuran kecil. Efek tekstur garis-garis lurus ini biasanya akan muncul saat kamu membuat arsiran dengan menggunakan pensil.

Wah, Hepizen, siapa sangka kalau ternyata kertas untuk menggambar terdiri dari beragam jenis! Tidak hanya kertas dari buku gambar, tapi juga ada kertas-kertas lain seperti kertas manila, kertas linen, hingga kertas kopenhagen. Seluruh kertas ini bisa kamu temukan di situs e-Commerce kesayangan kamu. Agar lebih cepat sampai dalam kondisi yang baik, kamu bisa melakukan pengiriman melalui layanan Anteraja.

Bahkan kalau kamu mau, Anteraja bisa membuat kertas hitam untuk menggambar pesanan kamu dikirim hari berikutnya sehingga sampai dalam kurun waktu satu hari saja. Namun, jika sedang tidak terburu-buru, bisa juga menggunakan layanan Regular yang memakan waktu 1-2 hari untuk mengirimkan barang. Langsung saja kunjungi situs www.anteraja.id untuk lebih lanjut mempelajari layanan pengiriman barang Anteraja!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *