kesalahan umum seller online
InTips Aja

Kesalahan Umum Yang Kerap Dilakukan Seller Marketplace

Kesalahan Umum Para Seller Online

Halo hepizen! buat kamu yang merupakan seller online, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang umum terjadi, beberapa diantaranya adalah :

1.       Tidak menjawab pertanyaan

Masih saja ada penjual yang tidak membalas pertanyaan yang dikirim oleh pembeli, padahal ini sangat penting untuk menjaga reputasi dan tentunya bentuk layanan kepada pembeli.

Bahkan sampai ada pembeli yang membatalkan transaksinya karena tidak ada balasan dari penjual tentang produk yang akan dibelinya, alias… dikacangin ☹

2.       Tidak mengganti status transaksi

Ada juga penjual yang tidak mengganti status transaksi yang masuk, bisa jadi antara malas, tidak tahu cara menggunakan atau… memang lupa..

Tidak sedikit kita temukan kejadian dimana seller tidak merubah status transaksi, sehingga membuat pembeli merasa penjual tidak menerima transaksi pembeliannya. Nah sayang banget kan, karena akhrinya transaksi jadi secara otomatis dibatalkan.

Padahal penjual sudah mengirim barangnya ke si pembeli, tentu kejadian ini sangat fatal, karena pembeli akan mendapatkan uangnya kembali, tetapi juga mendapatkan barang yang diinginkan. Ups.. jadi gawatkan!

3.       Tidak mengisi deskripsi produk

Deskripsi produk sangat penting bagi para pembeli online. Dari sinilah pembeli tahu informasi tentang produk itu, kalau penjual saja tidak mengisi deskripsi tentang produk, maka si pembeli pun juga bingung dan alhasil batal transaksi…

Kesalahan lain yang harus dihindari adalah mengisi deskripsi produk namun tidak sesuai dengan kondisi produk aslinya, baik dari sisi stock warna ataupun varian produk. Hati-hati ya, jangan sampai pembeli malah jadi complaint dan kecewa ☹

4.       Mengganti jasa kurir

Oops sikap mengganti jasa kurir harus sangat dihindari nih nih! Kalaupun memang penjual merasa ada kendala dengan jasa pengiriman pilihan pembali, sebaiknya sebelum mengganti dikonfirmasikan dulu ya ke pihak pembeli, sehingga semua pihak sama-sama enak.

5. Pilih Jasa Kurir Yang Dapat Dipercaya

Ngomong-ngomong jasa kurir, udah tau kan jasa pengiriman online terkini? Yup! Bener banget, Anteraja dong pastinya. Buat yang masih belum aktivasi Anteraja, coba deh pengalaman pengiriman baru yang beda dari yang lain, pengiriman yang high tech banget! Jika sudah menggunakan layanan Anteraja, Pasti tidak aakan dibikin pusing lagi sama poin nomor 4 ini deh, karena pengiriman pake Anteraja, #PastiBawaHepi!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *