Kompor Listrik Terbaik
Update Aja

11 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik, Berkualitas dan Hemat Listrik

Kompor dengan bahan bakar gas, umum digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Namun kompor listrik kini juga banyak digunakan oleh ibu rumah tangga kekinian. Selain lebih hemat energi, kompor listrik juga menawarkan keunggulan lainnya, seperti tidak mengeluarkan api dan proses memasak yang lebih cepat dibanding kompor pada umumnya.

Kompor listrik tentunya juga nggak mengeluarkan asap sehingga dapur kamu akan lebih terjaga kebersihannya. Desainnya pun cocok untuk rumah-rumah milenial. Kalau kamu berencana membeli kompor listrik, simak dulu tips memilih dan rekomendasi kompor listrik berikut ini.

Tips Memilih Kompor Listrik

1.      Ketahui Jenis Kompor Listrik

Meski secara umum disebut kompor listrik, kompor ini memiliki banyak jenis yaitu kompor elektrik, induksi dan inframerah. Kompor elektrik menghasilkan panas dari konversi tenaga listrik yang dialirkan melalui kabel nikrom ke kawat besi berbentuk spiral di atas kompor, sehingga permukaan kompor menjadi panas. Namun jenis ini membutuhkan waktu pemanasan cukup lama.

Kompor induksi akan cocok untuk kamu yang ingin proses masak yang cukup mudah namun hemat listrik. Kompor listrik jenis ini menawarkan proses masak yang lebih singkat dibanding kompor elektrik. Selain itu, kompor induksi juga permukaannya tidak panas berkat sistem induksi. Namun, peralatan masaknya nggak bisa sembarangan, kamu harus menggunakan alat masak yang terbuat  dari besi dan stainless steel.

Sementara itu kompor infrared menggunakan lampu halogen dalam logam anti-korosi yang dikelilingi radiasi kumparan agar menghasilkan panas yang merata. Pemanasan ini selanjutnya dihantarkan ke atas kompor dengan sinar infrared. Kompor ini bisa dipakai dengan alat masak apapun kecuali plastic. Sama seperti kompor elektrik, permukaan kompor akan terasa panas saat digunakan, sehingga tak bisa disentuh sembarangan.

2.      Pertimbangkan Desainnya

Kompor listrik didesain minimalis sehingga tampak indah ketika dipajang di dapur. Soal mekanismenya, kompor listrik ada yang didesain portable atau tanam. Hal ini perlu kamu pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan kamu. Kalau kamu memilih kompor listrik tanam, pastikan ukurannya pas dengan dimensi meja dapur kamu.

Namun kalau kamu berencana pindah dalam periode waktu tertentu, kamu bisa memilih kompor listrik portable, agar mudah saat dipindahkan. Kedua desain kompor ini bisa kamu pilih dengan opsi satu hingga dua tungku.

3.      Perhatikan Fiturnya

Selain fitur utamanya, kamu juga perlu memperhatikan fitur tambahan lainnya dari kompor listrik yang akan kamu pilih. Misalnya dari sisi keamanan, pengaturan suhu dan lainnya. Beberapa produsen kompor listrik menawarkan fitur yang mampu mengenali ukuran dan bentuk peralatan masak yang digunakan, sehingga besaran dayanya bisa disesuaikan.

Ada pula fitur Child Lock yang memungkinkan control kompor mati sehingga mencegah anak memainkannya. Selain itu, ada pula fitur timer hingga fitur Boost yang mampu memberikan daya tambahan agar proses memasak menjadi lebih cepat. Yang tak kalah penting, perhatikan panjang kabel serta daya listrik yang dibutuhkan, agar sesuai dengan daya listrik di rumah.

Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik

 1.      Halogen Cooker

Kompor Listrik Terbaik

Halogen Cooker merupakan kompor listrik jenis induksi dengan desain portable. Kompor ini bisa kamu gunakan untuk memasak dengan alat masak yang terbuat dari keramik, alumunium, tanah liat hingga stainless steel. Kompor listrik ini juga dilengkapi dengan teknologi proteksi yang aman bagi lingkungan, karena tidak menggunakan gas dan mengeluarkan api.

2.      Maspion S300

Kompor Listrik Terbaik

Kompor listrik ini harganya cukup terjangkau dan praktis, sehingga cocok untuk kamu yang masih mahasiswa. Kompor listrik Maspion ini tersedia dalam dua pilihan daya, yaitu 300 watt dan 600 watt. Jadi, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Pengoperasiannya juga mudah, hanya saja proses pemanasannya cukup lama karena bertipe elektrik. Harganya berkisar Rp150.000-an.

3.      Midea IC-1613

Kompor Listrik Terbaik

Kompor listrik Midea ini berjenis induksi, sehingga sistem pemanasannya cepat dan efektif. Namun dayanya memang cukup besar, yaitu 800 watt. Kompor ini dirancang dengan material keramik yang tahan panas. Harganya dibanderol Rp700.000-an.

4.      Tori TIC-818

Kompor Listrik Terbaik

Kompor listrik ini juga berjenis induksi. Kelebihannya adalah ukurannya yang ramping, sehingga mudah ditempatkan dimanapun. Memiliki dimensi 30 x 38 x 8cm, kompor ini tak begitu banyak memakan ruang. Tak hanya desainnya yang oke, kompor induksi Tori juga dilengkapi 7 fungsi masak yaitu ht pot, steam, fry, boiling water, soup, porridge hingga saute. Kompor ini bisa kamu dapatkan mulai dari Rp500.000-an.

5.      Modena – PI-1315

Kompor Listrik Terbaik

Kamu mungkin nggak asing lagi dengan merk satu ini. Yap, Modena juga menawarkan kompor listrik, salah satunya seri PI-1315. Kompor ini berjenis induksi dengan desain yang minimalis dan permukaan keramik. Fitur yang ditawarkannya adalah control panel sentuh dengan 8 program otomatis, daya hingga 8 tingkat, timer, sakelar otomatis dan lainnya. Dibanderol Rp1,1 jutaan, kamu akan mendapatkan bonus stainless steel pan dalam paket pembelian.

6.      Kangaroo KG412i

Kompor Listrik Terbaik

Kompor listrik Kangaroo juga punya desain yang ramping, sehingga terasa praktis untuk dibawa berpindah. Lain dengan kompor listrik di atas, produk ini menggunakan teknologi inframerah sehingga membuat proses masak menjadi lebih cepat karena pemanasannya dalam waktu cukup singkat. Permukaannya menggunakan kaca tempered berkualitas, sehingga nggak akan mudah tergores oleh alat masak saat digeser.

7.      Oxone OX-655D Double Ceramic Stove

Kompor Listrik Terbaik

Oxone juga dikenal dengan peralatan masaknya yang bagus. Merk ini juga menyediakan kompor listrik baik satu maupun dua tungku dengan ukuran yang berbeda. Tungku yang besar membutuhkan daya 800 watt, sementara tungku kecilnya 600 watt. Fitur tambahan yang menyertai produk ini yaitu pelindung panas berlebih, hingga lampu power yang menyala saat kompor digunakan. Kompor listrik Oxone ini dijual seharga Rp800.000-an.

8.      MODENA Built in Hob BE-1325

Kompor Listrik Terbaik

Satu lagi kompor listrik terbaik dari Modena yaitu seri Built in Hob BE-1325. Kompor induksi ini bahkan direkomendasikan oleh para chef, lho. Kompor listrik ini mampu memberikan suhu panas maksimal tanpa harus merasakan panas pada bagian tungku, sehingga aman jika tersentuh anak secara tidak sengaja. Meskipun didesain dua tungku, kompor ini dirancang portable sehingga mudah dipindahkan. Harga kompor ini mulai dari Rp2 jutaan.

9.      Philips HD4932 Viva Collection

Kompor Listrik Terbaik

Produk ini cukup diandalkan Philips karena menawarkan sensor sentuh untuk berbagai kebutuhan, mulai dari menghidupkan atau mematikan, hingga mengatur suhu sampai 6 level. Daya yang dibutuhkan memang cukup besar, yaitu 400-2100 watt. Nggak heran kalau kompor listrik ini menjanjikan proses masak yang cepat. Dibalut dengan material kaca, kopor ini juga dibekali fitur Child Lock, sehingga cukup aman untuk anak-anak. Harganya mulai dari Rp1 jutaan.

10.   Rinnai RB-3002H-CB

Kompor Listrik Terbaik

Merk ini juga terkenal untuk urusan kompor. Kompor listrik Rinnai ini punya lapisan kaca yang tahan panas. Dilengkapi dengan dua tungku, kompor ini juga dibekali dengan 9 pilihan control yang bisa digunakan dan diakses dengan sentuhan tangan. Ada pula fitur Child Lock untuk menjaga keamanan dari anak-anak. Kompor listrik Rinnai ini dibanderol sekitar Rp4,5 jutaan.

11.   Idealife IL 402-N

Kompor Listrik Terbaik

Kompor listrik dari Idealife ini cukup terjangkau karena dibanderol sekitar Rp500.000-an. Meski harganya murah, kualitasnya bisa diadu. Kompor listrik ini memiliki dua tungku dan mudah dipindahkan kemanapun. Fitur lainnya yang melengkapi kompor ini yaitu control otomatis untuk pengatur suhu, sehingga cocok untuk memasak beragam masakan.

Itu dia rekomendasi kompor listrik terbaik yang bisa kamu pilih. Kamu bisa membelinya di ecommerce atau marketplace favorit. Jangan lupa pilih Anteraja untuk pengirimannya ya. Selain ongkirnya yang terjangkau, orderan kamu dijamin aman sampai tujuan. Kamu juga bisa cek resi untuk melacak posisi orderan dan menunggunya tiba dengan santai di rumah.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *