macam ukuran koper untuk liburan
Update Aja

Jangan Salah Pilih Macam Ukuran Koper Jelang Liburan

Menjelang liburan akhir tahun, pasti para hepizen sudah memburu tiket-tiket liburan dari jauh-jauh hari. Dengan demikian kamu tidak perlu pusing atau galau jika kehabisan tiket menjelang masa liburan tiba. Selain itu, mempersiapkan liburan juga menjadi hal yang tidak kalah penting. Salah satu perlengkapan utama yang tak kalah pentingnya adalah koper. Barang ini menjadi sangat penting, karena dapat membawa kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan selama liburan. 

Tips Memilih Macam Ukuran Koper

Kebutuhan utama seperti pakaian, peralatan mandi hingga oleh-oleh dapat disimpan di dalam koper. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips memilih macam ukuran koper yang cocok digunakan untuk liburan hepizen!

Sesuaikan Kebutuhan Perjalanan Liburan

Walaupun hanya untuk berlibur, sebaiknya kamu memastikan tipe perjalanan yang akan ditempuh. Jika perjalanan hanya ditempuh selama beberapa jam dan tidak perlu menginap, maka pilihlah koper dengan ukuran kecil yang muat untuk diletakkan di dalam kabin atau biasa disebut koper kabin (cabin size).

Namun, jika memang berlibur ke luar negeri dan dalam waktu yang lumayan lama. Sebaiknya kamu memilih koper dengan ukuran medium dan besar. Dengan begitu tidak perlu repot-repot membawa koper kecil dengan jumlah banyak. Hanya satu koper untuk segala keperluan. Dan yang paling penting ketika berwisata ke luar negeri adalah koper kamu harus muat untuk menyimpan oleh-oleh. Karena otomatis pasti ada banyak deh keluarga dan teman-teman yang minta dibawakan oleh-oleh.

Ketahui Macam-Macam Ukuran Koper

macam-macam ukuran koper

Meskipun ada banyak merk koper yang beredar di pasaran. Umumnya setiap koper memiliki ukuran mulai dari ukuran kecil, ukuran medium dan ukuran besar. Setiap jenis tersebut juga memiliki beberapa ukuran yang menjadi patokan mengenai ukuran koper.

Koper Ukuran Kecil

Koper ukuran kecil atau biasa disebut sebagai koper kabin biasanya memiliki ukuran yang cukup mini. Ukuran koper kabin yang paling kecil adalah 16” atau dengan ukuran panjang x lebar x tinggi adalah 30cm x 17cm x 47cm. Dengan ukuran yang yang mini ini, kamu dapat dengan leluasa bergegas untuk cek in tiket tanpa perlu pusing mengambil troli terlebih dulu.

Koper Ukuran Sedang

Selanjutnya adalah koper ukuran sedang yakni dengan ukuran 20” (37cm x 22cm  x 56cm), 22” (38cm x 22cm x 48cm) dan 24” (43cm x 23cm x 63cm) . Masing-masing memiliki ukuran yang tidak berbeda jauh sebenarnya. Namun perbedaannya terletak pada daya tampung beban koper tersebut. Semakin besar ukurannya maka akan lebih tinggi luas volume koper. Pada ukuran 22” bahkan koper dapat menahan beban hingga 26 kg. Dengan begitu dapat muat lebih banyak barang.

Koper Ukuran Besar

Yang terakhir adalah jenis koper ukuran besar memiliki ukuran 28” (47cm x 32cm x 73cm) dan 32” (51cm x35cm x 81cm). Pada jenis ukuran koper besar dapat menampung kebutuhan kamu sampai kapasitas maksimum yakni 35 dan 45 kg.

Pilih Material Koper Yang Bagus

Salah satu syarat yang paling penting dalam memilih koper adalah kamu harus memilih material koper yang tahan lama. Jika koper yang kamu gunakan biasa terisi penuh namun bahannya tidak bagus, maka bisa dipastikan akan cepat rusak.

gunakan material koper yang bagus

Softcase atau Hardcase?

Ada dua jenis material koper yang umum digunakan, yaitu yang berjenis softcase dan hardcase. Perbedaan keduanya adalah jika softcase koper memiliki ukuran yang ringan namun ringkih dan tidak dapat melindungi isi koper dengan maksimal. 

Koper hardcase memiliki kelebihan yakni dapat memberikan rasa aman bagi pengguna, karena isi koper dapat terlindungi dengan baik. Namun kekurangannya adalah beban yang cukup berat jika menggunakan koper jenis ini. 

Hindari material berbahan kanvas

Salah satu masalah yang sering muncul pada koper adalah bahan luar yang mudah sobek jika koper terisi penuh. Kanvas adalah salah satu material yang umum digunakan pada koper. Namun, memiliki kualitas yang paling rendah dibandingkan yang lainnya. Jika menggunakan koper softcase lebih baik memilih bahan yang lebih kuat seperti bahan balistic nylon yang sudah teruji dipakai untuk keperluan outdoor.

Sedangkan untuk koper berbahan hardcase kamu dapat memilih bahan polycarbonate yang terbilang cukup ringan dan kuat meskipun tertiban atau terhempas ketika kargo di bongkar di bandara. Dengan begitu kamu bisa tetap berpergian dengan nyaman tanpa perlu khawatir isi koper.

Pastikan Perlengkapan Koper

Sebelum membeli koper sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu mengenai merk dan review para penggunanya baik di internet maupun sosial media. Umumnya yang sering terkendala ada roda yang patah atau tidak mau berputar maupun hold grip yang macet. Dua hal ini adalah kendala yang kerap terjadi pada koper. 

Perhatikan Merk dan Garansi

Merk koper juga menentukan kualitas, karena umumnya koper-koper bermerk yang sudah memiliki standar internasional otomatis akan mengurangi risiko terjadinya kerusakan pada koper kamu. 

Selain itu pastikan koper yang kamu beli memiliki kartu garansi yang berlaku jika koper mengalami kerusakan. Sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk membeli koper mahal namun tidak memiliki garansi dan akhirnya rusak tidak bisa digunakan lagi. 

Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat mempersiapkan koper yang cocok untuk dibawa liburan. Selamat berlibur!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *