13 Rekomendasi Makanan/Kuliner Enak di Jakarta Pusat

Makanan enak di Jakarta Pusat.

Kamu yang suka berburu kuliner, pastinya akan selalu mencari referensi makanan yang enak di mana pun berada. Salah satunya adalah di Jakarta Pusat. Selain sebagai pusat dari pemerintahan negara, Jakarta Pusat pun menghadirkan banyak jajanan dan kuliner yang sayang sekali kamu lewatkan.

Di jantung Ibu Kota ini, kamu akan menemukan segala makanan enak dan terkenal. Beberapa di antaranya bahkan sudah legendaris. Kamu mau kulineran pinggir jalan ala kaki lima, atau nongkrong di kafe dan restoran, semuanya ada di Jakarta Pusat. Kosong perut, mari kita jelajahi satu per satu.

Tips Mencari Tempat Kuliner yang Enak

1. Cek di Google

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari tempat kuliner di dekat lokasi adalah dengan mencarinya di mesin pencarian Google. Masukkan kata kunci misalkan ‘kafe dekat sini’, atau ‘restoran dekat sini’, maka Google akan menampilkan beberapa rekomendasi lengkap dengan alamat dan rating dari pengguna Google.

2. Berdasarkan Rating di Aplikasi Food Delivery

Agar tak salah pilih tempat kuliner, kamu juga bisa mencari melalui rating di aplikasi seperti GoFood, GrabFood, atau Shopeefood. Di GoFood misalnya, kamu bisa mencari tempat kuliner di dekat lokasi kamu berada, dan mengetahui penilaian dari pengguna. Semakin tinggi rating-nya, maka makanan atau layanan di merchant tersebut berarti enak dan baik.

3. Tanya Warga Setempat

Ketika kamu traveling, kamu bisa menanyakan ke warga atau teman dekat yang berada di lokasi kamu liburan. Cobalah minta beberapa rekomendasi tempat makan yang terkenal di daerah tersebut, dan banyak dikunjungi oleh warga lokal maupun wisatawan. Warga setempat akan dengan senang hati menunjukkan lokasi tempat makan yang enak.

Rekomendasi Makanan/Kuliner Enak di Jakarta Pusat

1. Nasi Goreng Kebon Sirih

Sumber: Yopiefranz

Menu yang satu ini sudah tidak asing di telinga masyarakat Jakarta Pusat. Nama Nasi Goreng Kebon Sirih sudah melegenda di kalangan para pekerja kantoran maupun pendatang yang berkunjung ke Jakarta. Meski termasuk pada kuliner kaki lima, namun soal rasa kamu tak perlu ragu. Bahkan kamu harus antre cukup panjang untuk bisa mencicipinya. Nasi Goreng Kebon Sirih buka mulai pukul 4 sore dan biasanya tutup pada dini hari pukul 2 atau menjelang subuh. 

2. Roti Bakar Edy

Sumber: Okezone

Nongkrong malam hari ditemani kopi dan roti bakar rasanya sungguh nikmat. Namun, untuk mencicipi roti bakar yang legendaris kamu bisa mampir ke Roti Bakar Edy. Di sini kamu bisa mencoba beraneka rasa roti bakar manis dan nikmat. Namun, bagi yang ingin makanan berat, kamu bisa memesan sate atau nasi goreng.

3. Joni Steak

Sumber: Pergikuliner

Biasanya steak punya harga yang cukup mahal. Namun di Joni Steak kamu bisa mencicipi daging panggan yang gurih dan lezat dengan harga yang terjangkau. Kuliner yang ada di daerah Pasar Baru ini menawarkan steak dengan harga Rp 20 ribu-30 ribuan saja. Joni Steak buka sore hingga dini hari.

4. Bunga Rampai

Sumber: Manual Jakarta

Restoran yang berada di Menteng ini punya menu andalan berupa tahu telur dengan rasa yang khas. Selain itu beragam menu lainnya juga tersedia seperti sosis menteng dengan plating unik serta beberapa saus pilihan. Ada juga soto Betawi, sayur lodeh gedongan, iga rawon, sop buntut, ayam taliwang dan masih banyak lagi.

5. Plataran Menteng

Sumber: Plataran

Plataran Menteng termasuk restoran yang mewah dan legendaris. Dari segi bangunan, resto ini punya desain klasik dan megah. Kamu bisa mencicipi berbagai masakan yang nikmat seperti salad, soups, nasi, noodle, poultry, ayam curry, daging, dan masih banyak lagi. Selain untuk nge-date, resto ini juga cocok bagi yang sudah berkeluarga.

6. Gado-gado Cikini

Sumber: Pergikuliner

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan gado-gado. Namun, kalau ingin mencoba gado-gado legendaris di Jakarta Pusat coba mampir ke Gado-gado Cikini. Selain gado-gado di sini juga tersedia menu lainnya seperti lontong, soto ayam, batagor, nasi goreng, bakso, dan berbagai menu khas Indonesia lainnya. 

7. Seribu Rasa

Sumber: Tripadvisor

Berbagai menu nusantara bisa dicicipi di Seribu Rasa. Restoran yang berada di Menteng ini punya pilihan menu seperti olahan ayam, bebek, beef, sayur, hingga nasi goreng. Tempatnya modern, dan nyaman digunakan untuk acara kantor, atau keluarga. Soal rasa tak perlu diragukan lagi deh!

8. Bubur Kwang Tung

Sumber: Jadiberita

Ke Pecenongan, jangan lupa mampir ke Bubur Kwang Tung. Tempat makan ini termasuk yang legendaris di Jakarta Pusat. Bubur yang disajikan tidak pelit loh! Kamu akan disuguhkan banyak isian bahannya. Menunya antara lain bubur seafood, seperti kepiting, ayam, udang, ikan, hingga sapi. Tempat ini buka 24 jam.

9. Arjuna Rasa

Sumber: Youtube

Makan bersama keluarga memang enak kalau dengan menu yang beraneka ragam. Nah, di restoran khas Sunda ini, kamu bisa mencicipi aneka makanan seperti nasi liwet, nasi ayam lada hitam, ikan gurame, ayam goreng, ikan nila bakar, dan menu lainnya. Lokasinya berada di Thamrin, dan nyaman dikunjungi bersama keluarga.

10. Nasi Uduk Bu Sum

Sumber: Umi Syam

Lapar di malam hari, cobain deh Nasi Uduk Bu Sum. Kamu bisa datang ke sini mulai dari jam 10 malam hingga jam 3 pagi. Menu nasi uduknya banyak loh, kamu sendiri mungkin akan bingung memilihnya. Nasi Uduk Bu Sum sudah terkenal di Jakarta Pusat dan ramai dikunjungi pengunjung. Lokasinya berada di Mangga Dua.

11. Cabe Rempah

Sumber: Zomato

Suasana dan dekorasi restoran Cabe Rempah khas banget cita rasa nusantara. Begitu juga dengan menu andalannya. Ada ayam cabe bumbu rempah, sop iga, ayam goreng bumbu lengkuas, iga bakar, soto ayam dan berbagai menu lainnya. Tempat ini cukup nyaman dikunjungi bersama keluarga besar. 

12. Bear & Co

Sumber: Manual.co

Tempat makan lesehan yang satu ini juga cocok untuk keluarga. Ruangannya modern dan bersih.  Kamu akan disuguhkan menu minuman yang unik-unik dan menu makanan aneka rice bowl. Harga minuman dan makanan di sini dikatakan cukup terjangkau. Kalau kamu tertarik mengunjungi restoran ini, datang saja ke Jalan Veteran, Gambir.

13. Umaramu

Sumber: Pergikuliner

Umaramu menyuguhkan menu yang cukup unik. Ada Kopi & Teh Talua, Pangsit Taro, Soda gembira yang dikombinasi dengan Bandrek, berbagai varian mie, berbagai varian es podeng, dan masih banyak menu lainnya. Tempat makan ini buka mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam.

Itulah rekomendasi makanan/kuliner yang enak di Jakarta Pusat. Selain untuk urusan pekerjaan, kamu juga bisa kulineran. Jangan lupa mampir, ya! Soalnya makanan di tempat tersebut sudah terkenal dengan rasanya yang enak dan lezat. Ajak teman dan keluarga untuk mencoba menu-menu andalannya.

Kamu juga bisa membuat beragam menu seperti di restoran terkenal dengan memasak sendiri di rumah. Bahan-bahannya bisa didapat di e-commerce kesayanganmu. Jangan lupa pengiriman menggunakan Anteraja yang menjangkau ke seluruh daerah di Indonesia. Kamu bisa pilih pengiriman Same Day, Next Day, atau Reguler.