Ini Dia Masalah yang Sering Terjadi dan Mengakibatkan Keterlambatan Pengiriman Barang

Keterlambatan pengiriman barang harus dihindari oleh jasa pengiriman. Bagi penyedia jasa pengiriman paket, barang sampai sesuai dengan estimasi merupakan sesuatu hal yang harus terlaksana dalam setiap pengiriman. Jasa ekspedisi akan memberitahukan estimasi waktu paket tiba ke tempat tujuan berdasarkan jenis layanan yang dipilih.

 
Misalnya, pada jasa pengiriman Anteraja terdapat tiga jenis layanan yang bisa kamu pilih. Berikut ini adalah jenis layanan yang tersedia di Anteraja serta estimasi waktu paket tiba.

Jenis Layanan dan Estimasi Waktu Sampai

1. Regular 

Estimasi pengiriman Anteraja Regular adalah maksimal 2-4 hari kerja dengan tujuan ke kota-kota besar, sedangkan untuk pengiriman ke luar pulau jawa maksimal waktu pengiriman bisa mencapai 7 hari.

2. Next Day

Jenis layanan yang selanjutnya adalah layanan Next Day. Layanan ini, memiliki waktu pengiriman 1 hari setelah paket diterima oleh kurir. 

3. Same Day

Layanan Same Day merupakan layanan yang menawarkan durasi pengiriman paling cepat. Same Day memiliki estimasi waktu pengiriman kurang lebih 8 jam setelah paket diterima kurir dan akan sampai di hari yang sama.

Semua jenis layanan di atas memiliki waktu estimasi yang berbeda. Apabila kamu ingin mengetahui apakah paket kamu akan tiba sesuai dengan waktunya, caranya adalah dengan melacak paket melalui cek resi. Berikut ini adalah cara tracking paket melalui nomor resi pengiriman.

Cara Cek Resi Anteraja 

  • Pastikan perangkat yang digunakan sudah tersambung dengan internet.

  • Setelah itu, masukkan nomor resi pengiriman pada kolom pencarian, nomor ini bisa kamu ketahui dari aplikasi marketplace yang digunakan ketika berbelanja.

  • Klik pada menu ‘Lacak’, pastikan nomor resi tidak kurang atau salah memasukkan nomor resi. Biasanya nomor resi Anteraja terdiri dari deretan angka berbeda sebanyak 14 digit.

  • Selanjutnya, akan muncul kode captcha. Masukkan kode captcha di kotak yang disediakan

  • Sesudah itu, informasi detail dari paket kamu akan terlihat.

Beberapa Penyebab Keterlambatan Pengiriman Barang

Masalah keterlambatan pengiriman merupakan tantangan bagi jasa pengiriman paket. Akibat telat mengirim, paket bisa tiba melewati dari estimasi waktu pengiriman. Jika hal ini terjadi, pengguna jasa pengiriman pasti akan kecewa terhadap pelayanan yang diberikan oleh jasa pengiriman. Beberapa penyebab keterlambatan pengiriman adalah :

1. Data Pengiriman Tidak Lengkap

Pengguna jasa pengiriman, ada kalanya mengisikan data yang kurang lengkap. Contohnya, alamat pengiriman yang tidak jelas atau kurang lengkap. Hal ini bisa membuat kurir kebingungan ketika mencari lokasi penerima barang. Isilah alamat tujuan secara jelas dan mudah dimengerti oleh kurir. Kalau perlu tambahkan juga ciri-ciri yang bisa dikenali, seperti warna cat rumah atau warna pagar.

2. Lalu Lintas yang Padat

Paket bisa terlambat pengirimannya karena kondisi jalan yang macet. Padatnya arus lalu lintas membuat hal ini bisa terjadi. Paket yang dibawa oleh kendaraan logistik, terkadang melewati rute perjalanan yang sering terjadi kemacetan.

3. Kendaraan Logistik yang Bermasalah

Walaupun sudah dilakukan pemeriksaan rutin terhadap kendaraan, masih bisa terjadi masalah pada kendaraan yang tidak bisa diprediksi. Misalnya, roda yang tiba-tiba bocor atau kendala lainnya.

4. Terlalu Banyak Paket yang Dikirim

Biasanya, puncak tertinggi pengiriman paket terjadi di hari-hari khusus, seperti hari raya, tahun baru, atau hari natal. Pada hari-hari tersebut, banyak pengguna yang mengirimkan paket sebagai bentuk hadiah kepada sanak-saudara atau kerabat dekat.

Itulah beberapa penyebab atau masalah yang bisa membuat paket terlambat dikirim. Selain itu, masalah cuaca juga perlu diperhatikan. Cuaca yang kurang mendukung, terkadang mengganggu alur proses pengiriman paket. 

Selain kondisi cuaca yang tidak bisa dikendalikan, memilih jasa pengiriman yang tepat juga bisa membantu kamu menghindari keterlambatan pengiriman paket. 

Agar paket kamu terjamin pengirimannya, jangan lupa memilih Anteraja sebagai jasa ekspedisi. Sebab, Anteraja memberikan layanan pengiriman paket yang aman dan cepat.