11 Rekomendasi Matras Yoga Yang Bagus, Tahan Lama Dan Nyaman

matras yoga yang bagus

Ada berbagai macam olahraga yang dapat kita lakukan di rumah untuk membuat tubuh tetap bugar. Salah satunya adalah yoga. Olahraga ini melatih tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, kelenturan, serta pernapasan demi peningkatan kesehatan mental dan fisik.

Meski dapat dilakukan di mana saja, namun kamu membutuhkan alas atau yang sering disebut matras yoga agar dapat mempertahankan gerakan yoga dengan baik. Selain itu, matras yoga juga bermanfaat untuk memperkuat pegangan tangan di permukaan sehingga tidak licin.

Untuk itu, sangat disarankan untuk menggunakan matras yoga ketika sedang melakukan yoga. Tidak hanya yoga, matras juga bisa digunakan untuk olahraga lainnya, seperti workout. Nah, berikut ini kami berikan tips untuk memilih matras yoga yang bagus.

Tips Memilih Matras Yoga Yang Bagus

– Pahami Jenis Yoga yang Ingin Dilakukan

Terdapat dua jenis yoga, yaitu yoga statis dan dinamis. Nah, kedua jenis yoga ini memiliki intensitas gerakan yang berbeda, sehingga membutuhkan matras yang berbeda pula. Yoga statis lebih menekankan pernapasan dan meditasi, sehingga lebih cocok dengan matras tebal. Sedangkan yoga dinamis membutuhkan tenaga yang lebih dan melakukan banyak gerakan, sehingga membutuhkan matras yang stabil dan tidak licin.

– Pilih Ketebalan Sesuai Kebutuhan

Seperti dijelaskan sebelumnya, yoga memiliki jenis gerakan yang berbeda, begitu pula matrasnya. Semakin tebal matras semakin nyaman digunakan. Agar tidak merasakan dingin dan kerasnya lantai, pilihlah matras dengan ketebalan lebih dari 6 mm. Sementara untuk pemula, ketebalan 5-6 mm seharusnya sudah cukup nyaman. 

Lain lagi untuk matras yang stabil, kamu perlu ketebalan yang lebih rendah seperti 3-5 mm. Tapi perlu diingat, agar cengkraman matras yang tipis semakin kuat, kamu perlu memilih bahan yang solid sehingga tidak mudah terpeleset.

– Perhatikan Bahan Dasarnya

Matras yoga memiliki bahan dasar yang beragam. Untuk pemula, terdapat bahan PVC, TPE, dan karet alami. Matras dengan bahan PVC biasanya lebih terjangkau namun tidak terlalu ringan. Untuk bahan ini, kamu harus memperhatikan permukaannya yang membuat tangan dan kaki tidak mudah tergelincir. 

TPE terbuat dari bahan ramah lingkungan. Matras ini mungkin akan lebih sedikit mahal karena tahan air, ringan, mudah dilipat dan dibawa, dan aman digunakan. Terakhir, bahan karet alami yang memiliki daya tahan dan stabilitas yang sangat baik. Matras ini kokoh dan tidak mudah bergeser. Bahannya juga sangat awet. Namun karena cukup berat, kamu tidak bisa membawanya ke mana-mana.

Jika sudah paham tips memilih matras yang bagus, kini saatnya mengetahui merk matras yoga apa saja yang rekomendasi untuk kamu. Simak daftar di bawah ini ya. 

Rekomendasi Merk Matras Yoga Yang Bagus

1. Kettler Yoga Mat

matras yoga yang bagus

Merk peralatan olahraga ini memproduksi matras yoga juga, loh. Tidak perlu khawatir dengan kualitas Kettler yang pastinya dijamin bagus. Kettler Yoga Mat menggunakan bahan antislip dan tidak licin serta permukaan yang tidak rata, sehingga mencegah kamu terpeleset atau tergelincir saat olahraga. 

2. Jade Yoga Harmony Mat

matras yoga yang bagus

Matras satu ini menggunakan bahan yang berkualitas tinggi tanpa kandungan PVS, EVA, atau karet sintetis, melainkan menggunakan karet alami yang aman bagi lingkungan. Ketebalannya mencapai 5 mm, sehingga cocok untuk jenis yoga dinamis.

3. Nike Fundamental Yoga Mat NYE026470S

matras yoga yang bagus

Matras yoga dengan ketebalan 3 mm ini cocok untuk yoga dinamis. Meski tipis, matras ini sangat nyaman karena memiliki busa bertekstur untuk pegangan yang kuat. Matras juga mudah dilipat, praktis, dan dapat dibawa ke mana-mana.

4. Reebok Yoga Mat

matras yoga yang bagus

Reebok Yoga Mat terdiri dari dua warna, yaitu hijau dan abu-abu. Permukaannya didesain kokoh agar tangan tidak mudah tergelincir. Matras ini juga diyakini mampu menjaga keseimbangan dan konsentrasi pengguna saat sedang beryoga.

5. The Republic of Svarga Ekata Rubber Mat

matras yoga yang bagus

Bagi yang membutuhkan matras lebar, merk ini adalah jawabannya. Matras yoga satu ini berukuran 180 x 68 cm, beberapa centi lebih lebar dari matras yoga pada umumnya. Dengan demikian, kamu dapat menjangkau area tubuh lebih leluasa.

6. Tortue Sticky Yoga Mat

matras yoga yang bagus

Tortue Sticky merupakan matras buatan Jerman yang memiliki permukaan mudah menempel dengan lantai. Teksturnya dibuat sedemikian rupa agar antislip dan tidak mudah bergeser. Bahan matras bahkan sudah tersertifikasi oleh Oekotex 100.

7. Liforme Travel Mat

matras yoga yang bagus

Seperti namanya, matras Liforme sangat cocok untuk dibawa travelling. Selain mudah dimasukkan ke dalam tas dan ringan, bahan yang digunakan mampu menopang tangan serta kaki kamu. 

8. Lululemon The Reversible Mat 5 mm

matras yoga yang bagus

Produk satu ini dirancang dengan bantalan ekstra untuk siku, kaki, dan bagian tubuh lainnya. Dengan demikian, kamu dapat dengan nyaman melakukan pose yoga dinamis. Bahannya juga mengandung senyawa antimikroba yang dapat mencegah munculnya jamur dan bakteri pada matras.

9. Cuca Matras Yoga Premium

matras yoga yang bagus

Bahan matras Cuca terbuat dari TPE yang bebas dari PVC dan antislip. Matras juga diklaim memiliki bahan yang sangat empuk ketika digunakan untuk yoga. Selain itu, matras yang dibuat 100% eco-friendly ini sangat mudah dibersihkan.

10. Adidas Yoga Mat

matras yoga yang bagus

Matras Yoga dari Adidas mudah dibawa ke mana-mana karena dilengkapi dengan tali. Bahannya juga tidak licin dan tidak terpengaruh dengan keringat yang kamu keluarkan selama melakukan yoga.

11. Happyfit TPE Eco Friendly Yoga Mat

matras yoga yang bagus

Matras yoga berbahan TPE lainnya hadir dari Happyfit. Merk ini menjual banyak peralatan yoga, termasuk matras. Produk memiliki sel busa yang tertutup untuk mencegah keringat terserap matras dan mudah dibersihkan.

Itu tadi 11 rekomendasi merk matras yoga yang bagus. Beberapa merk pasti ada yang familiar kan? Sekarang, tinggal menyesuaikan kebutuhan kamu saja. Pembelian melalui daring, bisa gunakan layanan AnterAja agar produk sampai dengan cepat dengan biaya terjangkau.